Namibia Lelang 170 Gajah Liar, Siapa Minat?

Namibia melelang 170 gajah liar untuk meredam konflik antara manusia dan mamalia darat terbesar di dunia itu.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Des 2020, 08:01 WIB
Diterbitkan 04 Des 2020, 08:01 WIB
Ilustrasi gajah
Ilustrasi gajah (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Namibia melelang 170 gajah liar untuk meredam konflik antara manusia dan mamalia darat terbesar di dunia itu. Selain itu, juga untuk mengurangi populasi gajah di Namibia.

Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Pariwisata Namibia memasang iklan di harian berbahasa Inggris yang dikelola negara, New Era. Dalam iklan tersebut, disebutkan penjualan gajah-gajah liar "bernilai tinggi" juga dipicu kekeringan yang tak berkesudahan.

Peserta lelang yang berniat mengekspor hewan-hewan itu harus menyediakan bukti resmi bahwa otoritas konservasi dari masing-masing pihak akan mengizinkan mereka mengekspor gajah.

Para pembeli juga wajib memastikan bahwa persyaratan dari Konvensi Perdagangan Spesies Terancam Punah Internasional dipenuhi oleh negara pengekspor maupun pengimpor agar jual beli gajah tersebut dapat disetujui.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Sebelumnya Jual 100 Kerbau

Jelang Hari Gajah Sedunia di Pinnawala
Seorang mahout atau penjaga gajah berdiri di samping kawanan gajah di Panti Asuhan Gajah Pinnawala di Pinnawala, Kolombo (11/8/2020). Hari Gajah Sedunia dirayakan setiap tahun pada 12 Agustus untuk menyebarkan kesadaran tentang pelestarian dan perlindungan gajah. (AFP/Lakruwan Wanniarachchi)

Semua penawaran untuk gajah-gajah itu harus diajukan dalam amplop bersegel ke kementerian tersebut sebelum 29 Januari 2021, menurut iklan itu, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (4/12/2020).

Namibia mendapat dukungan dari masyarakat internasional untuk gerakan konservasi yang mendongkrak pertumbuhan populasi gajahnya dari hanya 7.500 lebih pada 1995 menjadi 24.000 ekor tahun lalu, menurut data pemerintah.

Pada Oktober, negara tersebut menjual 70 kerbau betina dan 30 kerbau jantan dari Taman Dataran Tinggi Waterberg di Namibia tengah dalam upaya meringankan tekanan terkait tanah penggembalaan.


Infografis Pilihan

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya