Tenggat Waktu Habis, Diskusi Perdagangan Inggris-Uni Eropa Masih Diperpanjang

Diskusi dagang antara Inggris dan Uni Eropa masih belum rampung walaupun tenggat waktu telah habis.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 14 Des 2020, 10:38 WIB
Diterbitkan 14 Des 2020, 10:38 WIB
Bendera Inggris dan Uni Eropa.
Bendera Inggris dan Uni Eropa. (Foto: AFP / Tolga Akmen)

Liputan6.com, Brussels - Uni Eropa dan Inggris memerintahkan negosiator mereka untuk tetap melanjutkan diskusi perdagangan setelah setuju untuk meninggalkan tenggat waktu yang ditentukan untuk pakta perdagangan pasca-Brexit.

Kepala Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah mengatakan pekan lalu bahwa mereka akan memutuskan apakah kesepakatan itu mungkin akan dicapai pada akhir minggu, tetapi setuju dalam panggilan krisis untuk "bekerja dengan ekstra". Demikian seperti melansir laman Channel News Asia, Senin (14/12/2020). 

"Tim negosiasi kami telah bekerja siang dan malam selama beberapa hari terakhir," kata von der Leyen dalam pesan video, membacakan pernyataan bersama yang disetujui dengan Johnson.

"Kami telah memberikan mandat kepada negosiator kami untuk melanjutkan pembicaraan dan untuk melihat apakah kesepakatan bahkan pada tahap akhir ini dapat dicapai," kata para pemimpin itu, tanpa menyebutkan tenggat waktu yang baru.

Negosiator Uni Eropa, Michel Barnier dan David Frost dari Inggris mengadakan pembicaraan pada Sabtu malam dan Minggu pagi. Mereka telah berpindah-pindah antar ibu kota tetapi seorang pejabat Eropa mengatakan bahwa, untuk saat ini, mereka akan tetap di Brussel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


Masih Jauh dari Kesimpulan

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebelum pertemuan di kantor pusat Uni Eropa di Brussel, Rabu, 9 Desember 2020.
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebelum pertemuan di kantor pusat Uni Eropa di Brussel, Rabu, 9 Desember 2020. (Foto: Olivier Hoslet, Pool via AP)

PM Boris Johnson bersikeras mengatakan bahwa kesepakatan itu masih jauh dari kepastian, dengan waktu kurang dari tiga minggu sampai Inggris meninggalkan pasar tunggal UE pada akhir bulan.

"Saya khawatir kita masih sangat jauh dalam beberapa hal penting, tetapi di mana ada kehidupan, ada harapan," katanya di Downing Street setelah memberi penjelasan kepada kabinetnya tentang panggilan itu.

"Inggris pasti tidak akan meninggalkan pembicaraan. Saya masih berpikir ada kesepakatan yang harus dilakukan jika mitra kami ingin melakukannya," tambahnya.

Johnson mengatakan Inggris "akan melakukan hal sekreatif mungkin", mengkonfirmasikan bahwa dia telah mencari cara baru untuk terlibat langsung dengan Paris atau Berlin tetapi ditolak oleh UE.

Laporan menunjukkan bahwa kedua belah pihak sedang menjajaki kesepakatan potensial tentang bagaimana menanggapi jika peraturan mereka berbeda dari waktu ke waktu dan mengancam persaingan yang sehat.

Tetapi Inggris tidak dapat berkompromi pada "sifat fundamental" Brexit, mengendalikan hukum dan perikanan Inggris, kata perdana menteri.

Tanpa kesepakatan, perdagangan lintas-saluran akan kembali ke aturan Organisasi Perdagangan Dunia, dengan tarif yang menaikkan harga dan menghasilkan dokumen untuk importir, dan negosiasi yang gagal dapat meracuni hubungan antara London dan benua itu selama bertahun-tahun yang akan datang.

"Apa pun yang terjadi, Inggris akan melakukannya dengan sangat, sangat baik," tegas Johnson.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya