Dikelilingi Gunung hingga Dekat Laut, Ini 6 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Meski pesawat merupakan salah satu alat perjalanan yang paling aman, tidak sedikit penumpang yang masih takut terbang.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Mar 2021, 20:30 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2021, 20:30 WIB
Sisi udara Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepingggan Balikpapan yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero)
Sisi udara Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepingggan Balikpapan yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) (dok: AP I)

Liputan6.com, Jakarta - Meski pesawat merupakan salah satu alat perjalanan yang paling aman, tidak sedikit penumpang yang masih takut terbang. Ditambah lagi dengan banyaknya peristiwa kecelakaan pesawat yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun.

Walau demikian, beberapa pendaratan mengerikan bandara jauh lebih menantang daripada yang lain, dan dapat membuat penumpang setia yang paling berani memegangi sandaran lengan mereka lantaran takut dengan pengalaman mengerikan tersebut.

Dari bandara yang terletak di pegunungan dan lautan, hingga landasan pacu kurang dari setengah mil, berikut adalah 6 bandara paling berbahaya di dunia, di mana pendaratan dan lepas landas membutuhkan ketelitian ekstrim dan keterampilan pilot yang masif.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.


1. Bandara internasional Paro, Bhutan

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bandara kecil ini terletak di lembah yang dalam dan dikelilingi oleh puncak tajam setinggi 5.500 meter. Angin kencang menerpa lembah, sering kali mengakibatkan turbulensi hebat. Dianggap sebagai bandara paling berbahaya di dunia, penerbangan hanya diperbolehkan pada siang hari dan dalam kondisi meteorologi visual di mana pilot membuat penilaian dengan mata daripada mengandalkan instrumen pesawat.

Pendaratan dramatis ke landasan pacu benar-benar keluar dari kendali para pilot sampai menit terakhir, saat mereka bermanuver di antara pegunungan pada sudut 45 derajat sebelum turun dengan cepat ke landasan pacu.

Hanya sejumlah pilot terbatas yang diizinkan mendarat di Paro.


2. Bandara Juancho E. Yrausqin, Pulau Saba

Penumpang Pesawat Emirates
Petugas tanggap darurat berkumpul di luar pesawat setelah penumpang Emirates Airline dilaporkan jatuh sakit di Bandara Kennedy New York, Rabu (5/9). Sekitar 100 dari total 500 penumpang pesawat dari Dubai itu mengeluh sakit dan demam. (AP/Bebeto Matthews)

Bandara Juancho E. Yrausquin terletak sekitar 45 km di selatan St Maarten, terkenal sebagai pulau film King Kong yang asli. Dengan panjang total landasan pacu hanya 400 m, landasan ini dijuluki sebagai landasan pacu bandara komersial terpendek di dunia.

Bandara ini terjepit di atas bebatuan di kaki gunung, dengan medan bergerigi di satu sisi dan tebing yang jatuh ke laut di ujung landasan lainnya, jadi setiap pendaratan di sini merupakan tantangan yang menegangkan.

Meskipun bandara ditutup untuk lalu lintas jet, pesawat baling-baling maskapai regional dapat mendarat di sana dengan pengecualian dari Otoritas Penerbangan Sipil Antillen Belanda.


3. Bandara Courchevel, Prancis

Jutaan Warga AS Bepergian untuk Thanksgiving
Siluet pelancong dengan masker di samping kopernya di Bandara Internasional Los Angeles di Los Angeles, California, 23 November 2020. Sekitar 1 juta orang Amerika memadati bandara dan pesawat menjelang libur Thanksgiving pekan ini bahkan saat kematian akibat COVID-19 melonjak. (AP Photo/Jae C. Hong)

Bandara ini, yang melayani resor ski eksklusif Courchevel di Pegunungan Alpen Prancis, juga terletak dekat tebing. Pilot perlu memastikan kecepatan yang cukup untuk lepas landas jika tidak ingin jatuh dari tepi tebing.

Landasan pacu juga memiliki gradien ke bawah sebesar 18,6 persen, yang semakin mempersulit lepas landas dan pendaratan. Selain itu, pada pendekatan atau selama lepas landas, pilot harus menggerakkan pesawat mereka di antara Pegunungan Alpen tanpa prosedur instrumen; satu-satunya pedoman yang jelas adalah tidak ada jalan memutar karena pegunungan di sekitarnya.


4. Bandara Tenzing-Hilary, Nepal

Ilustrasi pesawat United Airlines.
Ilustrasi pesawat United Airlines. (dok. Skeeze/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Bandara Tenzing-Hillary, atau juga dikenal sebagai Bandara Lukla, di Nepal merupakan bandara utama bagi siapa pun yang ingin mengunjungi Mt. Everest. Semua sisi Landasan pacu dikelilingi oleh medan Himalaya yang curam, dengan pegunungan di satu sisi dan jurang curam ke lembah di bawah di sisi lain.

Sejak tahun 1973, telah terjadi beberapa kali kecelakaan di bandara yang mengakibatkan banyak korban meninggal dan luka-luka.

Landasan pacu yang dimiliki bandara sangat pendek dengan panjang hanya 527 m, meskipun landai juga menanjak dengan kemiringan hampir 12%, yang membantu pesawat melambat pada waktunya. Lebih buruk lagi, tidak ada prosedur berputar-putar karena pegunungan di sekitarnya.

Karena faktor-faktor ini, hanya helikopter dan pesawat baling-baling kecil bersayap yang tetap diizinkan untuk mendarat.


5. Bandara Internasioanl Madeira, Portugal

Pesawat Tergelincir dan Jatuh
Ilustrasi Pesawat Jatuh (iStockphoto)

Bandara Internasional Madeira Cristiano Ronaldo, sebelumnya dikenal sebagai Bandara Funchal, di kepulauan Portugis Madeira, Samudra Atlantik, dianggap sebagai salah satu bandara paling berbahaya di dunia karena konstruksinya yang spektakuler.

Landasan pacu aslinya hanya sepanjang 1.600 m, tetapi diperpanjang menjadi 2.781 m setelah kecelakaan pesawat yang fatal pada tahun 1977, yang menewaskan 164 orang ketika sebuah Boeing 727 jatuh dari ujung landasan pacu ke pantai bawah. Perpanjangan landasan pacu didukung oleh 180 pilar kolom (sebagian di atas lautan) yang harus menahan beban kejut yang serius selama pendaratan.

Bandara ini juga berbahaya karena angin kencang, pegunungan tinggi di satu sisi, dan lautan di sisi lain. Pilot harus menjalani pelatihan tambahan untuk mendarat di bandara.


6. Bandara Toncontin, Honduras

Maskapai Australia Qantas Memperingati Ulang Tahun ke-100
Sebuah pesawat Qantas yang dicat khusus melakukan penerbangan selama 100 menit di atas langit Sydney, pada 16 November 2020 dalam rangka memperingati ulang tahun ke-100 maskapai tersebut. Maskapai nasional Australia, Qantas, telah memiliki tempat khusus di hati warga Australia. (Xinhua/Bai Xuefei)

Pendaratan ke Bandara Toncontin, yang terletak di dekat ibu kota Honduras, telah lama dianggap sebagai salah satu yang paling berbahaya di dunia, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Medan pegunungan yang mengelilingi bandara kecil memaksa pilot untuk melakukan pendaratan dramatis yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, dengan kelokan curam dan belokan tajam sebelum berbaris dengan landasan pacu. Ini juga salah satu bandara paling mematikan di dunia.

Pada tahun 1989, sebuah pesawat komersial Boeing jatuh di lereng gunung saat mendekat, menewaskan 132 orang. Setidaknya 5 pesawat lagi telah mengikuti dan jatuh di dalam atau sekitar bandara.

Saat ini, bandara baru sedang dibangun di Comayagua untuk menggantikan Bandara Internasional Toncontin.

 

Reporter: Lianna Leticia

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya