Taliban Haramkan Mata Uang Asing di Afghanistan

Taliban menyatakan larangan total penggunaan mata uang asing di Afghanistan. Ekonomi negara itu kian di ambang kehancuran?

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Nov 2021, 08:30 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2021, 08:30 WIB
FOTO: Taliban Kuasai Bandara Kabul Usai AS Tarik Pasukan dari Afghanistan
Pasukan Taliban berjaga di luar Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 31 Agustus 2021. Taliban menguasai Bandara Kabul setelah Amerika Serikat menarik semua pasukannya dari Afghanistan. (WAKIL KOHSAR/AFP)

Liputan6.com, Kabul - Taliban pada Selasa (2/11) memutuskan untuk mengharamkan pemakaian mata uang asing. Pihaknya mengumumkan larangan total penggunaan tersebut di Afghanistan.

Kebijakan itu diyakini dapat menyebabkan gangguan lebih lanjut terhadap ekonomi negara yang sedang di ambang kehancuran akibat penarikan dukungan internasional secara tiba-tiba.

Pengumuman itu terjadi beberapa jam setelah sedikitnya 25 orang tewas dan lebih dari 50 orang terluka ketika orang-orang bersenjata menyerang rumah sakit militer terbesar Afghanistan, setelah dua ledakan besar terjadi di lokasi di Kabul tengah.

"Situasi ekonomi dan kepentingan nasional di negara itu mengharuskan semua warga Afghanistan menggunakan mata uang Afghanistan dalam setiap perdagangan mereka," kata Taliban dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada wartawan oleh salah satu juru bicara mereka, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (4/11/2021).

Penggunaan mata uang dolar AS tersebar luas di pasar Afghanistan, sementara daerah perbatasan menggunakan mata uang negara tetangga seperti Pakistan untuk perdagangan.

Taliban mendesak untuk melepaskan miliaran dolar cadangan bank sentral ketika negara yang dilanda kekeringan itu menghadapi krisis uang tunai, kelaparan massal, dan krisis migrasi baru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aset Afghanistan di Luar Negeri

Potret Pasukan Khusus Taliban
Pasukan khusus Taliban tiba di dalam Bandara Internasional Hamid Karzai setelah penarikan militer AS, di Kabul, Afghanistan, Selasa (31/8/2021). Taliban menguasai penuh bandara internasional Kabul pada Selasa, setelah pesawat AS meninggalkannya landasan pacu. (AP Photo/Khwaja Tawfiq Sediqi)

Afghanistan memarkir aset miliaran dolar di luar negeri, termasuk di Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya di Eropa. Namun uang itu dibekukan sejak Taliban menggulingkan pemerintah yang didukung Barat pada Agustus.

Pasukan AS dan banyak lembaga donor internasional meninggalkan negara itu tanpa hibah yang membiayai tiga perempat belanja public Afghanistan.

Kementerian Keuangan mengatakan pihaknya mengambil pajak harian sekitar 400 juta Afghani yang setara dengan $4,4 juta.

Meskipun kekuatan Barat ingin mencegah bencana kemanusiaan di Afghanistan, tetapi mereka menolak untuk secara resmi mengakui pemerintah Taliban.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya