Kepala WHO Eropa Antisipasi Badai COVID-19 Selanjutnya Akibat Varian Omicron

Omicron telah terdeteksi di setidaknya 38 dari 53 negara anggota WHO di kawasan Eropa.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Des 2021, 08:03 WIB
Diterbitkan 23 Des 2021, 08:03 WIB
Jerman akan Memutuskan Pembatasan COVID Setelah Natal
Orang-orang antre di depan sebuah toko sementara yang lain memadati jalan perbelanjaan di Berlin, Jerman, Selasa (21/12/2021). Jerman akan memutuskan pembatasan baru, yang kemungkinan dilakukan setelah Natal, yang bertujuan memperlambat penyebaran Covid-19 varian baru omicron (AP Photo/Michael Sohn)

Liputan6.com, Jakarta Pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Eropa Hans Kluge pada Selasa (21/12) mendesak pemerintah untuk mempersiapkan diri menghadapi lonjakan signifikan dalam kasus virus corona di seluruh benua itu karena varian Omicron sudah mendominasi perebakan di beberapa negara.

"Kita bisa menyaksikan badai lainnya akan datang," kata Kluge pada konferensi pers di Wina setelah melakukan pertemuan dengan menteri kesehatan Austria, Wolfgang Mueckstein.

"Dalam beberapa minggu, Omicron akan mendominasi di lebih banyak negara di kawasan ini, mendorong sistem kesehatan yang sudah kesulitan (menjadi) semakin kewalahan " ujarnya.

Omicron telah terdeteksi di setidaknya 38 dari 53 negara anggota WHO di kawasan Eropa, kata Kluge dan ia menambahkan bahwa Omicron juga sudah menjadi varian dominan di Inggris, Denmark dan Portugal.l

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kasus COVID-19 di Eropa

Antisipasi Varian Covid-19 Omicron, Ini Aturan Terbaru Perjalanan Internasional
Simak aturan terbaru perjalanan internasional untuk antisipasi varian covid-19 omicron. (pexels/anna shvets).

Pekan lalu, Eropa mencatat 27.000 orang meninggal karena virus corona di kawasan tersebut dan 2,6 juta kasus tambahan yang dilaporkan, kata Kluge.

Meski kasus ini mencakup semua varian, tidak hanya Omicron, namun ia mencatat angka ini lebih tinggi 40 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya