Hijrah Diri, Aplikasi Malaysia yang Tawarkan Cara Bertobat untuk Homoseksual

Reaksi terhadap aplikasi smartphone Malaysia itu sangat bervariasi, dengan komunitas Islam mendukung, namun kelompok liberal mengkritiknya.

oleh Hariz Barak diperbarui 12 Mar 2022, 19:35 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2022, 19:35 WIB
Ilustrasi Foto LGBT atau GLBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). (iStockphoto)
Ilustrasi Foto LGBT atau GLBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). (iStockphoto)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Bukan rahasia lagi bahwa Malaysia - atau pemerintah Malaysia, secara spesifik - memiliki sikap yang kuat terhadap orientasi apa pun yang dapat ditempatkan di bawah payung LGBTQ+.

Menjadi negara mayoritas Muslim, ada banyak kegiatan yang terdokumentasi dengan baik yang merinci upaya untuk membatalkan perilaku homoseksual dan pandangan non-biner di negara ini, terutama dalam komunitas Islam.

Dalam upaya untuk meningkatkan upaya tersebut, Departemen Pembangunan Islam Malaysia (JAKIM) baru saja merilis aplikasi smartphone baru yang dirancang khusus untuk membantu Muslim Malaysia yang telah bercokol dalam praktik LGBTQ+ "kembali ke cara yang benar seperti yang diajarkan dalam kitab suci Islam", demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Sabtu (12/3/2022).

Aplikasi bernama Hijrah Diri pada dasarnya adalah e-book yang dikemas ke dalam antarmuka yang mudah dinavigasi yang berisi khotbah, ayat-ayat Al-Qur'an, dan renungan yang ditujukan untuk membimbing individu untuk meninggalkan perilaku homoseksual dan menemukan kembali apa yang didefinisikan "sebagai cara hidup yang tepat."

"E-book baru ini memudahkan pengguna untuk dipandu di sepanjang jalur pribadi seorang Muslim, dalam upaya untuk mengatasi kejahatan homoseksualitas," bunyi deskripsi aplikasi di halaman Google Play Store.

"Selamat datang di perjalanan yang paling indah ini. Insya Allah, Anda akan mendapat manfaat dengan memahami bagaimana mengambil langkah pertama ke arah yang benar, dan mencapai kesuksesan di dunia ini serta di akhirat."

Sampai sekarang, aplikasi ini hanya tersedia di Google Play Store, dan mengingat sikap kuat Apple terhadap konten yang dapat dianggap diskriminatif dengan cara apa pun, tidak pasti apakah itu akan pernah dirilis di perangkat iOS di masa depan atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menimbulkan Reaksi yang Beragam

LGBT atau GLBT Lesbian Gay Biseksual dan Transgender
Ilustrasi Foto LGBT atau GLBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). (iStockphoto)

Dengan aplikasi yang berfokus pada subjek yang kontroversial, tidak mengherankan untuk melihat bahwa reaksi terhadap aplikasi ini sangat bervariasi, dengan sekelompok besar orang - kebanyakan dalam komunitas Islam - sebenarnya mendukung aplikasi semacam itu.

"Ini adalah upaya yang baik oleh JAKIM," kata seorang pengguna Twitter. "Tentu saja ada banyak masalah lain, tetapi ini kebetulan salah satunya, dan saya merasa bahwa cara mereka melakukannya lebih seperti undangan daripada memaksa Anda untuk masuk ke dalamnya."

Namun, ada juga banyak orang lain yang keberatan terhadap aplikasi, menyebutnya sebagai bentuk terapi konversi yang didasarkan pada obsesi dengan perilaku homoseksual.

Beberapa juga menyesalkan fakta bahwa upaya yang dilakukan untuk menciptakan aplikasi semacam itu bisa digunakan untuk menargetkan masalah sosial yang lebih mendesak di dalam negeri, termasuk pernikahan anak dan korupsi.

Beberapa bahkan pergi sejauh mengejek aplikasi pada halaman daftar di Google Play Store, dengan banyak yang mengatakan bahwa mereka menjadi lebih "gay" setelah men-download dan menggunakan aplikasi.

Mereka yang memiliki pandangan yang lebih liberal, bagaimanapun, tidak diragukan lagi akan melihatnya sebagai serangan kuno terhadap kebebasan pribadi, dengan argumen utama bahwa semua individu harus diizinkan untuk hidup seperti yang mereka inginkan tanpa takut akan dampak dari rekan-rekan mereka atau lembaga apa pun, religius atau tidak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya