Kabar Terkini Ukraina Tolak Serahkan Kota Mariupol, Meski Rusia Janjikan Koridor Kemanusiaan

Sekitar 300.000 orang diyakini terjebak di sana dengan persediaan hampir habis dan bantuan diblokir Rusia untuk masuk ke Mariupol, Ukraina.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 21 Mar 2022, 11:49 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2022, 11:49 WIB
Seorang pria berjalan melewati sebuah gedung apartemen pada 2 Maret yang dirusak oleh penembakan Rusia di Mariupol, Ukraina. (Evgeniy Maloletka/AP)
Seorang pria berjalan melewati sebuah gedung apartemen pada 2 Maret yang dirusak oleh penembakan Rusia di Mariupol, Ukraina. (Evgeniy Maloletka/AP)

Liputan6.com, Mariupol - Ukraina telah menolak ultimatum Rusia yang menawarkan orang-orang di Kota Mariupol yang terkepung jalan keluar yang aman dari pelabuhan jika mereka menyerah.

Mengutip BBC, Senin (21/3/2022), di bawah proposal Rusia itu warga sipil akan diizinkan pergi jika para pembela kota meletakkan senjata. Tetapi Ukraina menolak, dengan mengatakan tidak ada pertanyaan tentang penyerahan kota pelabuhan yang strategis itu.

Sekitar 300.000 orang diyakini terjebak di sana dengan persediaan kebutuhan sehari-hari hampir habis dan bantuan diblokir untuk masuk. Warga telah mengalami pengeboman Rusia selama berminggu-minggu tanpa listrik atau air yang mengalir.

Rincian proposal Rusia itu disampaikan pada Minggu 20 Maret 2022 oleh Jenderal Mikhail Mizintsev, yang mengatakan Ukraina memiliki waktu hingga pukul 05.00 waktu Moskow (02:00 GMT) pada Senin 21 Maret pagi untuk menerima persyaratannya.

Berdasarkan rencana tersebut, pasukan Rusia akan membuka koridor aman dari Mariupol mulai pukul 10.00 waktu Moskow (07:00 GMT), awalnya untuk pasukan Ukraina dan "tentara bayaran asing" untuk melucuti senjata dan meninggalkan kota.

Setelah dua jam, pasukan Rusia mengatakan mereka akan mengizinkan konvoi koridor kemanusiaan dengan makanan, obat-obatan, dan persediaan lainnya untuk memasuki kota dengan aman, setelah pembersihan ranjau jalan selesai.

Jenderal Rusia Mizintsev mengakui bahwa bencana kemanusiaan yang mengerikan sedang terjadi di sana - dan mengatakan tawaran itu akan memungkinkan warga sipil untuk melarikan diri dengan aman ke timur atau barat.

Respons Ukraina

Menanggapi tawaran itu, Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan Ukraina tidak akan berhenti membela Mariupol.

"Tidak ada pertanyaan tentang penyerahan, peletakan senjata," katanya seperti dikutip oleh Ukrainska Pravda.

Sebelumnya pada hari Minggu, Pyotr Andryushenko, yang merupakan penasihat wali kota Mariupol, bersumpah para pembela kota akan terus berjuang. "Kami akan berjuang sampai prajurit terakhir kami," katanya.

Dia mengatakan kepada BBC Newshour bahwa janji kemanusiaan Moskow tidak dapat dipercaya, dan mengulangi klaim yang belum dikonfirmasi yang dibuat oleh pejabat Mariupol dalam beberapa hari terakhir bahwa pasukan Rusia telah secara paksa mengevakuasi beberapa penduduknya ke Rusia.

"Ketika mereka [pasukan Rusia] mengatakan tentang koridor kemanusiaan, apa yang sebenarnya mereka lakukan? Mereka benar-benar memaksa mengevakuasi orang-orang kami ke Rusia," kata Andryushenko.

BBC belum dapat memverifikasi tuduhan ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mariupol Kota Strategis

Hari ke-16 Invasi Rusia ke Ukraina
Sebuah ledakan terlihat di sebuah gedung apartemen setelah tank tentara Rusia menembak di Mariupol, Ukraina, pada Jumat (11/3/2022). Invasi Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-16 pada hari Jumat ini. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)

Mariupol adalah target strategis utama bagi Rusia dan telah menyaksikan beberapa pertempuran paling mematikan dari invasi tersebut.

Pasukan Rusia telah mengepung kota selama beberapa minggu terakhir, menjebak penduduknya di dalam tanpa akses ke listrik, air atau gas.

Komunikasi dengan warga sipil yang tidak dapat pergi terbatas, makanan dan persediaan medis diyakini akan habis, dan Rusia telah memblokir bantuan kemanusiaan apa pun untuk masuk.

Sejak invasi Rusia dimulai, kota pelabuhan itu telah menyaksikan beberapa pertempuran paling sengit di seluruh Ukraina, dengan pasukan Rusia sejauh ini gagal merebut kota itu dari para pembelanya.

90 Persen Bangunan Hancur

Menurut satu perkiraan, 90% bangunan kota telah rusak atau hancur dalam serangan sejak perang dimulai tiga minggu lalu, dan pihak berwenang mengatakan setidaknya 2.500 orang telah tewas meskipun angka sebenarnya mungkin lebih tinggi.

Setelah serangan menghancurkan pekan lalu menargetkan sebuah teater tempat lebih dari 1.000 orang berlindung, pada hari Minggu pihak berwenang di Mariupol mengatakan sebuah sekolah seni dengan 400 orang di dalamnya juga telah diserang.

Upaya sebelumnya untuk mengevakuasi warga sipil Mariupol telah dihalangi oleh tembakan Rusia, meskipun pihak berwenang setempat mengatakan bahwa ribuan orang telah dapat pergi dengan kendaraan pribadi.

Pada hari Minggu, wakil perdana menteri Ukraina mengatakan 3.985 orang telah melarikan diri dari Mariupol ke Zaporizhzhia, menambahkan bahwa pada hari Senin pemerintah berencana mengirim sekitar 50 bus untuk menjemput pengungsi lebih lanjut dari kota.

Presiden Volodomyr Zelensky mengatakan pengepungan Rusia merupakan "kejahatan perang".

"Ini adalah taktik yang benar-benar disengaja," katanya. "Mereka [pasukan Rusia] memiliki perintah yang jelas untuk melakukan segalanya untuk menjadikan bencana kemanusiaan di kota-kota Ukraina sebagai 'argumen' bagi Ukraina untuk bekerja sama dengan penjajah".

Letak kota pelabuhan tersebut, di Laut Azov, menjadikannya sasaran strategis bagi Rusia, karena akan membantunya menciptakan koridor darat antara wilayah timur Donetsk dan Luhansk, yang dikuasai oleh separatis dukungan Rusia.


Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya