Wali Kota Motyzhyn Ukraina Ditemukan Tewas Terkubur Bersama Istri dan Anak

Olga Sukhenk, wali kota Motyzhyn - sebuah desa pinggiran di luar ibu kota, Kiev - dan keluarganya diyakini telah diculik oleh invasi pasukan Rusia pada 23 Maret, kata pejabat Ukraina.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Apr 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2022, 15:00 WIB
Teater Mariupol
Pemandangan teater Mariupol yang rusak selama serangan di Mariupol, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Senin, 4 April 2022. Gedung teater Mariupol dikabarkan dihantam oleh Rusia dengan bom pada 16 Maret 2022 lalu. (AP Photo/Alexei Alexandrov)

Liputan6.com, Kiev - Wali kota sebuah desa Ukraina diculik, dieksekusi dan dibuang di kuburan dangkal bersama suami dan putranya - ketika beredar gambar satelit yang mengganggu menunjukkan parit sepanjang 45 kaki tempat kuburan massal digali di negara tetangga Bucha setelah pembunuhan yang secara luas dikecam sebagai "genosida."

Olga Sukhenk, wali kota Motyzhyn - sebuah desa pinggiran di luar ibu kota, Kiev - dan keluarganya diyakini telah diculik oleh invasi pasukan Rusia pada 23 Maret, kata pejabat Ukraina.

Pasukan Rusia kemudian "menyiksa dan membunuh seluruh keluarga kepala desa," kata Anton Herashchenko, penasihat kementerian dalam negeri Ukraina.

"Para penjajah curiga mereka berkolaborasi dengan militer kami, memberi kami lokasi di mana untuk menargetkan artileri kami. Mereka menyiksa, membantai dan membunuh seluruh keluarga," katanya, menyebut Sukhenko, suaminya, Ihor Sukhenko, dan putra mereka, Oleksandr.

Seorang reporter Reuters melihat jasad-jasad itu di kuburan dangkal di hutan dekat sebuah peternakan, yang telah hancur, tepat di luar Motyzhyn.

Mengutip New York Post, Selasa (5/4/2022), salah satu dari mereka yang terkubur di pasir kepalanya diplester. Foto yang beredar menunjukkan jasad dalam kondisi terikat, dan ada seorang di antaranya matanya tertutup kain.

Jasad keempat - seorang pria tak dikenal yang tampaknya diikat - terlihat di sebuah sumur di dekat pertanian yang terbakar, di mana jejak pembakaran berwarna hitam tersisa di beberapa dinding yang masih ada, kata reporter Reuters.

Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengkonfirmasi pembunuhan wali kota Motyzhyn, dengan mengatakan dia termasuk di antara 11 wali kota dan kepala komunitas yang ditahan Rusia di seluruh Ukraina.

Mereka termasuk di antara jasad sedikitnya 410 warga sipil yang telah dipindahkan dari kota-kota di wilayah Kiev dalam apa yang oleh Presiden Volodymyr Zelensky disebut sebagai "genosida".

Pada hari Senin, citra satelit muncul dari parit sepanjang 45 kaki yang digali di halaman sebuah gereja Ukraina di mana kuburan massal ditemukan sekitar 20 mil dari Motyzhyn di pinggiran Kota Kiev Bucha, di mana pemandangan mengejutkan muncul dari jasad-jasad yang ditinggalkan di jalan.

Gambar-gambar itu dibagikan oleh Maxar Technologies, yang mengumpulkan dan menerbitkan citra satelit Ukraina.

Perusahaan AS mengatakan tanda-tanda pertama penggalian untuk kuburan massal di Gereja St. Andrew dan Pyervozvannoho All Saints terlihat pada 10 Maret, lalu tumbuh setidaknya 45 kaki.

Wartawan Reuters yang mengunjungi Bucha juga melihat kuburan massal di sebuah gereja lokal, dengan tangan dan kaki mencuat melalui tumpukan tanah liat merah di atasnya.

Presiden Zelensky mengunjungi daerah itu Senin, mengatakan bahwa "orang mati telah ditemukan di tong, ruang bawah tanah, dicekik, disiksa."

"Apa yang Anda lihat di sekitar, apa yang mereka lakukan pada kota modern ini, adalah karakteristik militer Rusia, yang memperlakukan orang lebih buruk daripada hewan. Ini adalah kejahatan perang, dan ini akan diakui oleh dunia sebagai genosida," kata Zelensky, outlet Ukraina UNIAN melaporkan.

Zelensky mengatakan penemuan yang mengganggu itu dapat berdampak pada pembicaraan damai untuk mengakhiri invasi.

"Sangat sulit untuk melakukan negosiasi ketika Anda melihat apa yang mereka lakukan di sini," kata Zelensky.

Zelensky bersikeras bahwa "semakin lama Rusia menyeretnya keluar, semakin buruk situasinya sendiri dan perang ini."

"Sangat sulit untuk melakukan negosiasi ketika Anda melihat apa yang mereka lakukan di sini," kata Zelensky, menambahkan bahwa kepemimpinan Rusia "perlu berpikir lebih cepat jika memiliki apa yang harus dipikirkan."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejumlah Pemimpin Dunia Menyebut Genosida di Bucha

Kuburan massal di Bucha, Ukraina.
Gambar satelit menunjukkan situs kuburan dengan parit di bagian barat daya lahan Gereja St. Andrew & Pyervozvannoho All Saints, di Bucha, Ukraina. (Citra satelit 2022 Maxar Technologies)

Adegan memuakkan itu menyebabkan para pemimpin dunia lainnya pada hari Senin menyatakan itu jelas genosida.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez menyerukan agar mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan di Bucha dihukum, dengan mengatakan mereka harus "menjawab dugaan kasus kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang dan, mengapa tidak mengatakannya, juga genosida."

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki menggambarkan Rusia sebagai "negara fasis totaliter," dengan mengatakan "pembantaian berdarah yang dilakukan oleh tentara Rusia pantas disebut namanya: Ini genosida."

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas mengatakan foto-foto jasad yang berserakan di kota itu "mengingat pembunuhan massal oleh rezim Soviet dan Nazi."

"Ini bukan medan perang, ini TKP. Pembunuhan massal warga sipil Ukraina oleh #Rusia jelas merupakan kejahatan perang," kata Kallas di Twitter dan menyerukan" sanksi kuat Uni Eropa putaran ke-5 sesegera mungkin."

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga mengatakan Senin bahwa ada "bukti jelas kejahatan perang" di Bucha.

"Apa yang baru saja terjadi di Bucha menyerukan babak baru sanksi dan tindakan yang sangat jelas," katanya di radio Prancis-Inter. "Kita perlu bertindak."

Pejabat tinggi hak asasi manusia PBB menyerukan "penyelidikan independen dan efektif" atas apa yang terjadi di kota Bucha, Ukraina.

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Senin bahwa "mengerikan dengan gambar warga sipil tergeletak mati di jalan-jalan dan di kuburan improvisasi."

Dia menambahkan bahwa "laporan yang muncul dari wilayah ini dan lainnya menimbulkan pertanyaan serius dan mengganggu tentang kemungkinan kejahatan perang, pelanggaran berat hukum humaniter internasional dan pelanggaran serius terhadap hukum hak asasi manusia internasional."

Terlepas dari bukti yang luar biasa, Rusia tetap pada klaimnya bahwa mereka tidak menargetkan warga sipil selama apa yang disebut "operasi militer".

Kepala penyelidik Rusia pada hari Senin menolak laporan Bucha sebagai "informasi yang disengaja palsu" dan "provokasi."


Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina

Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina
Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya