China Murka AS Jual Senjata ke Taiwan Senilai Rp 1,6 Triliun

Kesepakatan senjata senilai 108 juta dolar AS atau setara 1,6 triliun dengan Taiwan buat China Murka.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 19 Jul 2022, 17:20 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 17:03 WIB
Ilsutrasi bendera China dan Amerika Serikat (AP/Andy Wong)
Ilsutrasi bendera China dan Amerika Serikat (AP/Andy Wong)

Liputan6.com, Beijing - Amerika Serikat diminta harus menghentikan semua penjualan senjatanya ke Taiwan, kata Kolonel Senior Tan Kefei, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China.

Menanggapi permintaan untuk mengomentari usulan kesepakatan senjata senilai 108 juta dolar AS atau setara 1,6 triliun dengan Taiwan, Tan mengatakan pada hari Senin bahwa transaksi senjata dan teknologi pertahanan antara AS dan Taiwan sangat melanggar prinsip One China Policy.

Selain itu juga melanggar tiga komunike bersama China-AS, khususnya Komunike 17 Agustus 1982, di mana AS berjanji untuk secara bertahap mengurangi penjualan senjatanya ke Taiwan, demikian dikutip dari laman chinadaily.com.cn, Selasa (19/7/2022).

Tindakan semacam itu adalah campur tangan yang berani dalam urusan internal China, sangat merusak kedaulatan dan keamanan Tiongkok dan sangat membahayakan hubungan antara kedua negara dan militer.

"AS baru-baru ini mengulangi komitmennya kepada China mengenai pertanyaan Taiwan dan mengatakan dengan jelas bahwa mereka tidak mendukung 'kemerdekaan Taiwan'. Namun, tindakannya sangat kontras dengan komitmennya, tidak membawa kredibilitas dan integritas," kata sang juru bicara.

Dia menekankan bahwa kesepakatan senjata tidak akan menghasilkan masa depan yang cerah, jaminan keamanan atau manfaat bagi Taiwan.

Sebaliknya, kesepakatan semacam itu akan mengakibatkan Partai Progresif Demokratik yang berkuasa di pulau itu dan pasukan "kemerdekaan Taiwan" menggali kuburan mereka sendiri jika mereka menggantungkan harapan pada AS dan mengandalkan senjata untuk mengejar impian mereka tentang "kemerdekaan", kata Tan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


China Tak Ragu Mulai Perang Jika Taiwan Deklarasikan Kemerdekaan

Taiwan Kerahkan Jet Tempur F-16 Baru untuk Hadapi Ancaman China
Pembawa bendera Angkatan Udara Taiwan melewati salah satu jet tempur F-16V yang baru di pangkalan Angkatan Udara di Chiayi di barat daya Taiwan, Kamis (18/11/2021). Langkah Taiwan tersebut untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam menghadapi ancaman berkelanjutan dari China. (AP Photo/Johnson

Beijing "tidak ragu-ragu untuk memulai perang" jika Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan, menteri pertahanan China memperingatkan mitranya dari AS pada hari Jumat (10 Juni) dan menyatakan bahwa itu merupakan serangan terakhir antara negara adidaya atas pulau itu.

Peringatan itu datang ketika Wei Fenghe mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di sela-sela KTT keamanan Dialog Shangri-La di Singapura. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu (11/6/2022). 

Ketegangan AS-China telah meningkat di Taiwan yang demokratis dan memiliki pemerintahan sendiri, yang hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China. Beijing memandang pulau itu sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu.

Wei memperingatkan Austin bahwa "jika ada yang berani memisahkan Taiwan dari China, tentara China pasti tidak akan ragu untuk memulai perang berapa pun biayanya", juru bicara kementerian pertahanan Wu Qian mengutip pernyataan menteri tersebut dalam pertemuan tersebut.

Menteri China bersumpah bahwa Beijing akan "menghancurkan hingga berkeping-keping setiap plot 'kemerdekaan Taiwan' dan dengan tegas menjunjung tinggi penyatuan tanah air", menurut kementerian pertahanan China.


Posisi Taiwan di Mata China

FOTO: Tangkal Ancaman China, Taiwan Kerahkan Jet Tempur F-16V
Pilot Angkatan Udara Taiwan berlari dekat jet tempur F-16V saat latihan di Chiayi, Taiwan, Rabu (5/1/2022). Pilot Angkatan Udara Taiwan melakukan latihan untuk mensimulasikan intersepsi pesawat China ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. (Sam Yeh/AFP)

Dia "menekankan bahwa Taiwan adalah Taiwan China ... Menggunakan Taiwan untuk menahan China tidak akan pernah berhasil", kata kementerian itu.

Austin "menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat (Taiwan), penentangan terhadap perubahan sepihak terhadap status quo, dan meminta (China) untuk menahan diri dari tindakan destabilisasi lebih lanjut terhadap Taiwan", menurut Departemen Pertahanan AS.

Ketegangan di Taiwan telah meningkat, khususnya karena meningkatnya serangan pesawat China ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau itu.

Presiden AS Joe Biden, selama kunjungan ke Jepang bulan lalu, tampaknya melanggar kebijakan AS selama beberapa dekade ketika menanggapi sebuah pertanyaan, dia mengatakan Washington akan membela Taiwan secara militer jika diserang oleh China.

Gedung Putih sejak itu bersikeras kebijakannya tentang "ambiguitas strategis" mengenai apakah akan campur tangan atau tidak tidak berubah.

Austin adalah pejabat senior AS terbaru yang mengunjungi Asia saat Washington berupaya mengalihkan fokus kebijakan luar negerinya kembali ke kawasan dari perang Ukraina.


Hubungan AS, Taiwan dan China

aiwan Kerahkan Jet Tempur F-16 Baru untuk Hadapi Ancaman China
Jet tempur F-16V yang baru terlihat di pangkalan Angkatan Udara di Chiayi di barat daya Taiwan, Kamis (18/11/2021). Taiwan telah mengerahkan versi paling canggih dari jet tempur F-16 di Angkatan Udaranya. (AP Photo/Johnson Lai)

 

Seperti halnya di Taiwan, China dan Amerika Serikat telah terkunci dalam berbagai perselisihan lainnya.

Mereka berselisih atas invasi Rusia ke Ukraina, dengan Washington menuduh Beijing memberikan dukungan diam-diam untuk Moskow.

China telah menyerukan pembicaraan untuk mengakhiri perang, tetapi berhenti mengutuk tindakan Rusia dan telah berulang kali mengkritik sumbangan senjata Amerika ke Ukraina.

Klaim ekspansif China di Laut China Selatan juga telah memicu ketegangan dengan Washington.

Beijing mengklaim hampir semua laut yang kaya sumber daya, yang dilalui perdagangan pengiriman triliunan dolar setiap tahun, dengan klaim yang bersaing dari Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya