6 Diplomat China Tinggalkan Inggris Akibat Serangan Demonstran di Manchester

Sejumlah diplomat China meninggalkan Inggris usai serangan demonstran.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 15 Des 2022, 08:30 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 08:30 WIB
Bendera China
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Manchester - China telah memindahkan enam pejabat dari Inggris - termasuk salah satu diplomat paling senior Inggris - dua bulan setelah kekerasan di konsulatnya di Manchester.

Dilansir BBC, Kamis (15/12/2022), Inggris telah meminta para pejabat melepaskan hak kekebalan diplomatik mereka untuk mengizinkan detektif menanyai mereka tentang insiden Oktober.

Menteri Luar Negeri James Cleverly mengungkapkan kekecewaannya bahwa tidak satu pun dari enam orang tersebut sekarang akan diadili. Kelompok tersebut termasuk konsul jenderal Zheng Xiyuan, yang membantah telah memukuli seorang pengunjuk rasa. 

Padahal, diketahui engunjuk rasa pro-demokrasi, Bob Chan, seorang warga Hongkong, terluka setelah diseret ke halaman konsulat dan dipukuli oleh laki-laki pada 16 Oktober.

Zheng, yang secara efektif bertanggung jawab atas pos China Manchester, membantah menyerang Chan setelah dia diidentifikasi dalam foto, dan dituduh melakukannya oleh seorang anggota parlemen Konservatif senior. Namun dia kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa dia berusaha melindungi rekan-rekannya, menambahkan bahwa Chan "menyalahgunakan negara saya, pemimpin saya. Saya pikir itu adalah tugas saya".

Keputusan China untuk mengeluarkan para diplomat dipandang oleh beberapa orang sebagai upaya untuk mengurangi perselisihan dan menghindari pertukaran tit-for-tat lebih lanjut antara China dan Inggris.

Namun, juru bicara kedutaan besar China di London mengatakan pada hari Rabu bahwa Inggris telah gagal melindungi stafnya, menambahkan pihaknya telah meluncurkan perwakilannya sendiri dengan Inggris atas insiden tersebut.

Dikatakan Zheng telah kembali ke China di bawah "rotasi normal pejabat konsuler China" setelah menyelesaikan masa jabatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Soal Penyelidikan

Penyelidikan Sidik Jari
Ilustrasi Foto Penyelidikan (iStockphoto)

Pejabat Inggris menjelaskan bahwa kedutaan sepenuhnya sadar bahwa jika para diplomat tidak setuju untuk mengambil bagian dalam penyelidikan polisi, maka akan ada konsekuensinya.

Ini mungkin termasuk pria yang dinyatakan persona non grata dan diusir dari Inggris. 

Sebaliknya, China telah memilih untuk menghindari hasil itu dengan memanggil kembali para diplomat itu sendiri.


Kecewa Tidak Diadili

Ilustrasi Bendera Inggris
Ilustrasi bendera Inggris. (dok. Unsplash.com/Simon Lucas @simonlucas)

Cleverly mengatakan pemecatan Zheng dan lima pejabat lainnya oleh China menunjukkan keseriusan tanggapan Inggris terhadap insiden tersebut.

"Kami akan melanjutkan di panggung dunia dan di dalam negeri untuk mematuhi aturan hukum dan kami mengharapkan pihak lain melakukan hal yang sama," katanya.

Dia menambahkan dalam pernyataan tertulis kepada House of Commons: "Saya kecewa karena orang-orang ini tidak akan diwawancarai atau diadili.

"Meskipun demikian, benar bahwa mereka yang bertanggung jawab atas adegan memalukan di Manchester tidak lagi - atau akan segera berhenti menjadi - staf konsuler Inggris."


Hak Kekebalan Diplomatik

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Pemerintah Inggris telah memberi tahu China tentang enam pejabat yang perlu melepaskan hak kekebalan diplomatik mereka, status yang diperuntukkan bagi diplomat asing, pada minggu ini. Itu mengikuti permintaan dari Polisi Greater Manchester, kata Cleverly.

Chan mengatakan tentang kepergian pejabat itu: "Sudah dua bulan sejak saya diserang di Manchester oleh anggota staf Konsulat China."

"Hari ini, saya mendengar bahwa beberapa anggota dari konsulat itu telah dikirim kembali ke China. Walaupun mungkin perlu waktu dua bulan untuk mewujudkannya, saya yakin ini adalah salah satu cara untuk memecahkan masalah diplomatik yang rumit ini."

"Saya pindah ke negara ini bersama keluarga saya untuk hidup bebas. Apa yang terjadi pada 16 Oktober 2022 tidak dapat diterima dan ilegal, dan penarikan diplomat China ini memberi saya rasa penutupan."

Secara teori, kekebalan diplomatik berarti pejabat dan keluarganya tidak dapat ditangkap atau dituntut atas kejahatan atau kasus perdata apa pun.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya