Inggris Imbau Beri Hadiah Valentine dari Tunjangan Pernikahan Rp 4,6 Juta ke Pasangan

Pasangan yang sudah menikah didesak untuk mempertimbangkan memberikan hadiah tunjangan perkawinan kepada suami, istri atau pasangan sipil pada hari Valentine.

oleh Linda Sapira diperbarui 15 Feb 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi menikah, pernikahan
Ilustrasi menikah, pernikahan. (Image by freepic.diller on Freepik)

Liputan6.com, London - Pasangan yang sudah menikah didesak untuk mempertimbangkan memberikan hadiah tunjangan perkawinan kepada suami, istri atau pasangan sipil pada hari Valentine. Dengan itu, maka mereka bisa menghemat 252 pound sterling atau sebesar Rp 4,6 juta setahun. 

Mengutip situs pemerintah Inggris GOV.UK, Rabu (15/2/2023), lebih dari 2,1 juta pasangan saat ini sejatinya mendapat manfaat dari tunjangan pernikahan, tetapi pendapatan dan bea cukai HM (HMRC) memperkirakan bahwa ribuan pasangan kehilangan harapan itu.

Hal tersebut terjadi karena mereka tidak menyadari bahwa mereka mungkin memenuhi syarat untuk mengklaim tunjungan pernikahan, terutama ketika salah satu pasangannya telah pensiun atau berhenti bekerja, mengambil tanggung jawab merawat salah satunya, atau tidak dapat bekerja karena kondisi kesehatan jangka panjang.

"Kami ingin setiap pasangan yang memenuhi syarat mendapat manfaat dari keringanan pajak tunjangan pernikahan. Pasangan yang keadaannya telah berubah – mungkin salah satu dari mereka telah berhenti bekerja atau mengambil pekerjaan dengan gaji lebih rendah – mungkin tidak menyadari bahwa mereka berhak untuk menuntut atas hak ini," ujar Angela MacDonald, Wakil Kepala Eksekutif dan Sekretaris Permanen Kedua HMRC.

"Sangat mudah untuk mengetahui apa yang mungkin menjadi hak Anda - cari 'Kalkulator Tunjangan Pernikahan' di GOV.UK untuk memulai. Dengan mendaftar di GOV.UK, dari pada melalui pihak ketiga, Anda mendapatkan 100% keringanan pajak," tuturnya kembali.

Mereka yang memenuhi syarat dapat mendaftar di GOV.UK secara gratis dan mempertahankan 100% klaim mereka. Klaim yang berhasil akan menghasilkan pengurangan jumlah pajak yang dibayarkan oleh mitra berpenghasilan lebih tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tunjangan Perkawinan, Siapa yang Berhak dan Bagaimana Mengajukan Permohonan

Konferensi
Ilustrasi konferensi, acara berskaa besar yang diiizinkan melalui beberapa syarat. Credits: pexels.com by John-Mark Smith

Pasangan bisa mendapat manfaat dari Tunjangan Pernikahan jika memenuhi kriteria berikut yang berlaku:

  • Mereka menikah dalam kemitraan sipil
  • Mereka tidak membayar pajak penghasilan, atau penghasilan mereka di bawah tunjangan pribadi sebesar £12.570 atau sebesar Rp 231,9 juta
  • Pasangan mereka membayar pajak penghasilan dengan tarif dasar yang biasanya berarti penghasilan mereka antara £12.571 (Rp 231,934 juta) dan £50.270 (Rp 927,481)

Tunjangan Pernikahan dapat dibatalkan di GOV.UK jika keadaan pasangan berubah. Untuk mengetahui dukungan Pemerintah lainnya yang mungkin tersedia, buka GOV.UK dan cari "Bantuan untuk Rumah Tangga."

Informasi lebih lanjut

Informasi lebih lanjut tentang Tunjangan Pernikahan dapat ditemukan di GOV.UK.

Tunjangan Pernikahan adalah sekitar 10% dari tunjangan pribadi bebas pajak seseorang. Jumlah maksimum yang dapat ditransfer kepada suami, istri atau pasangan sipil tergantung pada Tunjangan Pribadi untuk tahun pajak tersebut.

 


14 Februari Valentine, Ini Sejarah Singkat Soal Perayaan Hari Kasih Sayang

pernikahan
ilustrasi menikah/Photo by wendel moretti from Pexels

Valentine jatuh pada 14 Februari 2023.

Umumnya, orang-orang merayakan hari kasih sayang setiap tahun pada 14 Februari. 

Tapi tahukah Anda, mengutip hindustantimes.com, Selasa, (14/2/2023), sejatinya Hari Valentine sudah dirayakan sepekan sebelum tanggal 14 Februari. Saat pekan Valentine akan berakhir, para pasangan berbondong-bondong menyiapkan hadiah istimewa untuk kekasihnya yang akan diberikan pada tanggal 14 Februari, karena tanggal itu merupakan hari terakhir Valentine.

Saat Valentine, orang-orang kerap memanjakan pasangan, gebetan, atau calon pasangan mereka. Seperti memberikan hadiah, kencan romantis, dan banyak lagi untuk mengekspresikan rasa cintanya. 

Beberapa orang juga menandai hari Valentine sebagai hari mencintai diri sendiri dan memanjakan diri dengan berpartisipasi dalam aktivitas yang mereka sukai. Apakah kalian single atau tidak, Hari Valentine adalah tentang jatuh cinta dan merayakan cinta.

Selengkapnya klik di sini...


Tak Perlu Mewah, Ini Cara Seru Merayakan Hari Valentine Bersama Pasangan

Ilustrasi cinta, Hari Valentine
Ilustrasi cinta, Hari Valentine. (Photo by RODNAE Productions from Pexels)

1. Menulis surat cinta

Di era teknologi yang modern, menulis surat memang menjadi suatu hal yang langka dilakukan. Coba sekali-kali Anda tuangkan kata-kata romantis yang menggambarkan perasaanmu kepada pasangan di sebuah kertas atau pun kartu cinta.

Pasti ini menjadi hadiah yang paling manis dan tentunya pasanganmu sangat menghargai hadiah sederhana ini.

2. Membuat hadiah kreatif

Memberikan cokelat, bunga atau pun boneka di Hari Valentine memang sudah lumrah dilakukan banyak pasangan kekasih.

Coba Anda lakukan sesuatu hal yang berbeda, biarkan sisi kreatifmu keluar dengan membuat sesuatu yang unik untuk pasangan. Bila Anda membuat sesuatu yang tak biasa, usahamu pasti akan lebih dihargai ketimbang membeli hadiah di toko-toko.

3. Masak bersama pasangan

Memiliki waktu khusus dengan pasangan memang seharusnya tidak hanya dilakukan di Hari Valentine. Setiap hari harusnya menjadi momen Anda untuk menunjukan rasa cinta kepada pasangan, salah satunya dengan membuatkan makanan favorit pasangan.

Ketimbang menghabiskan banyak uang untuk menikmati makanan dengan tempat nan romantis, ada baiknya Anda memasak bersama pasangan. Itu lebih mengasyikan dan romantis.

4. Menonton film di rumah

Menghabiskan waktu bersama pasangan saat Hari Valentine memang menjadi keinginan banyak individu. Untuk itu, Anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan menikmati film favorit.

Anda dan pasangan bisa memilih film-film romantis atau komedi di rumah. Pasti harimu menjadi semakin istimewa.

Baca selengkapnya disini...

Banner Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Banner Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya