India Pamer Video Moonwalk Pertama Rover Chandrayaan-3 di Bulan

Berikut ini video moonwalk, langkah pertama rover Chandrayaan-3 di permukaan Bulan.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Agu 2023, 20:10 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 20:10 WIB
India sukses daratkan pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 ke Bulan (ISRO)
India sukses daratkan pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 ke Bulan (ISRO)

Liputan6.com, New Delhi - Badan antariksa India telah merilis rekaman baru yang menunjukkan rover Chandrayaan-3 untuk pertama kalinya.

Menurut BBC yang dikutip Jumat (225/8/2023), video tersebut diambil hanya beberapa jam setelah negara tersebut membuat sejarah dengan menjadi negara pertama yang mendarat di dekat kutub selatan.

Rekaman tersebut menunjukkan Pragyaan (berasal dari bahasa Sansekerta untuk kebijaksanaan) keluar dari pendarat dengan meluncur menuruni tanjakan dan melakukan moonwalklangkah pertamanya di permukaan Bulan.

Pendarat Vikram – yang membawa rover di perutnya – berhasil mendarat sesuai rencana pada Rabu 23 Agustus malam.

Dengan ketibaan Chandrayaan-3 di Bulan, India bergabung dengan kelompok negara elit yang mencapai pendaratan sukses di Bulan, setelah AS, bekas Uni Soviet, dan Tiongkok.

Pada Kamis 27 Agustus, Indian Space Research Organisation (ISRO) atau Organisasi Penelitian Luar Angkasa India mengatakan penjelajah seberat 26 kg itu telah "turun" dari pendaratnya dan "India berjalan-jalan di Bulan!".

Video pada Jumat pagi menunjukkan penjelajah tersebut melangkah keluar menuju sinar matahari dan bayangannya yang memanjang.

Pragyaan - yang bergerak dengan kecepatan 1 cm per detik - kini berkeliaran di sekitar bebatuan dan kawah, mengumpulkan data dan gambar penting untuk dikirim kembali ke Bumi untuk dianalisis. Setiap langkahnya, ia juga meninggalkan jejak logo dan lambang ISRO yang tercetak di enam rodanya di permukaan Bulan.

Penjelajah tersebut membawa dua instrumen ilmiah yang akan mencoba mencari tahu mineral apa saja yang ada di permukaan Bulan dan mempelajari komposisi kimia tanah.

Pragyaan hanya akan berkomunikasi dengan pendarat yang akan mengirimkan informasi ke pengorbit dari Chandrayaan-2 – yang masih mengelilingi Bulan – untuk meneruskannya ke Bumi untuk dianalisis.

Berikut ini video moonwalk, langkah pertama rover Chandrayaan-3 di permukaan Bulan.:

... ... and here is how the Chandrayaan-3 Rover ramped down from the Lander to the Lunar surface. pic.twitter.com/nEU8s1At0W

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peluncuran Chandrayan-3 Bertepatan dengan Hari Lunar

Chandrayaan-3 India
India telah mendaratkan pesawat ruang angkasa di dekat kutub selatan bulan, sebuah wilayah yang belum dipetakan yang diyakini para ilmuwan dapat menyimpan cadangan penting air beku dan unsur-unsur berharga, seiring dengan semakin kuatnya negara ini dalam bidang ruang angkasa dan teknologi. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Pendaratan pada hari Rabu bertepatan dengan dimulainya hari lunar - satu hari di Bulan sama dengan empat minggu di Bumi. Ini berarti pendarat dan penjelajah akan mendapat sinar matahari selama 14 hari untuk mengisi baterai mereka.

Begitu malam tiba, mereka akan keluar dan berhenti bekerja. Belum jelas apakah mereka akan beroperasi kembali ketika hari lunar berikutnya dimulai.

Pendarat tersebut juga membawa beberapa instrumen ilmiah yang akan membantu mengetahui apa yang terjadi di permukaan Bulan serta di atas dan di bawahnya.

Bulan diperkirakan menyimpan mineral penting namun salah satu tujuan utama Chandrayaan-3 adalah berburu air. Para ilmuwan mengatakan kawah besar di wilayah kutub selatan yang secara permanen berada dalam bayangan menyimpan es yang dapat mendukung tempat tinggal manusia di Bulan di masa depan.

Ini juga bisa digunakan untuk memasok propelan untuk pesawat ruang angkasa menuju Mars dan tujuan jauh lainnya.

Pendaratan tersebut terjadi hanya beberapa hari setelah pesawat luar angkasa Luna-25 Rusia lepas kendali dan jatuh ke Bulan.​

 


Jalan Panjang Misi Chandrayaan India Mendarat di Bulan

India Luncurkan Roket Chandrayaan-3
Bulan lalu, India mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk mengirim misi bersama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional tahun depan. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Cikal bakal munculnya gagasan bendera India berkibar di Bulan pertama kali muncul pada tahun 2003. Kala itu, saat upacara hari kemerdekaan, Perdana Menteri Atal Bihari Vajpayee menyampaikan pidato di hadapan warga India:

"Negara kita kini siap terbang tinggi di bidang ilmu pengetahuan. Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa India akan mengirim pesawat luar angkasanya ke Bulan pada tahun 2008. Pesawat itu diberi nama Chandrayaan," kata Vajpayee seperti dikutip dari Indianexpress, Kamis (24/8/2023).

Chandrayaan, nama yang diberikan oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), merupakan kombinasi dari dua kata Sanskerta, "Chandra" dan "Yaan". "Chandra" artinya Bulan, sedangkan "Yaan" berarti kendaraan.

Dengan demikian, Chandrayaan dapat dipahami sebagai "Kendaraan Bulan".

Lima tahun setelah pengumuman itu, PM Vajpayee pada 22 Oktober 2008 mengumumkan bahwa Roket Peluncur Satelit Polar (PSLV) diluncurkan dari pusat ruang angkasa ISRO di Sriharikota.

Momen ini lantas menandai sejarah perjalanan Chandrayaan-1 ke Bulan. Pesawat ruang angkasa India tersebut memasuki orbit Bulan pada 8 November 2008.

PSLV awalnya menempatkan Chandrayaan-1 pada orbit Bulan. Selama tiga pekan berikutnya, pesawat ruang angkasa tersebut melakukan beberapa manuver yang sangat kompleks dan presisi hingga akhirnya mengorbit Bulan.

Misi Chandrayaan-1 kemudian mendeteksi bukti adanya air di Bulan.

Menyusul keberhasilan misi Chandrayaan-1 maka pada 22 Juli 2019 misi Chandrayaan-2 diluncurkan dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota. Tujuannya, segera merealisasikan mimpi mendarat di Bulan.

Namun, mimpi India masih gagal terwujud saat itu.

Wahana Vikram dari misi Chandrayaan-2 kehilangan komunikasi dengan stasiun di Bumi pada 7 September 2019, sebelum akhirnya diketahui hancur lebur setelah jatuh dari ketinggian 2,1 km di atas permukaan Bulan, sesaat sebelum pendaratan.

Kegagalan misi Chandrayaan-2 tidak mematahkan semangat India. Kurang lebih empat tahun kemudian, tepatnya pada Rabu 23 Agustus 2023, seluruh warga India bersorak gembira karena Chandrayaan-3 berhasil mendarat di Bulan.

Tidak hanya itu, India bahkan membuat sejarah ketika misinya itu menjadi yang pertama mendarat di wilayah kutub selatan Bulan.

BBC melaporkan bahwa Chandrayaan-3 mendarat sesuai rencana pada pukul 18.04 waktu setempat.

Ekspresi bangga bergema di seluruh Negeri Hindustan. Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa "India kini berada di Bulan".

"Kita telah mencapai sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh negara lain. Ini adalah peristiwa yang menggembirakan," tambahnya.

PM Modi bahkan menyaksikan momen-momen pendaratan Chandrayaan-3 langsung dari Afrika Selatan, di mana dia tengah menghadiri KTT BRICS.

Merespons kesuksesan tersebut, kepala ISRO Sreedhara Panicker Somanath mengatakan, "Keberhasilan pendaratan Chandrayaan-3 bukanlah pekerjaan kami sendiri, melainkan generasi ilmuwan ISRO."

Situs web ISRO menyebutkan bahwa Chandrayaan-3 bertujuan mendemonstrasikan pendaratan aman, menjelajahi permukaan Bulan, dan mengumpulkan data ilmiah.

Dengan pendaratan Chandrayaan-3 di Bulan, India resmi bergabung dengan kelompok negara elite yang mencapai pendaratan aman di Bulan, yaitu Amerika Serikat (AS), Uni Soviet, dan China.

 

 


Mendarat di Bulan dengan Biaya Rendah

India Luncurkan Roket Chandrayaan-3
Selain Amerika Serikat dan China, ada Jepang dan Rusia yang memiliki misi penempatan robot di Bulan pada tahun ini. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Peluncuran Chandrayaan-3 sempat tertunda dua tahun dan fakta ini kemungkinan meningkatkan biaya misi secara keseluruhan, yang pada tahun 2020 diperkirakan USD 75 juta. ISRO belum mengungkap pembaruan biayanya.

Berdasarkan persentase produk domestik bruto (PDB), AS adalah negara yang paling banyak membelanjakan uangnya untuk ruang angkasa – meskipun jumlahnya masih hanya 0,28 persen dari PDB. Menurut laporan ekonomi antariksa global yang diterbitkan oleh Space Foundation pada Juli 2023, angka tersebut jauh melampaui PDB India yang sebesar 0,04 persen.

"India dalam ambisinya harus memiliki keinginan untuk berinvestasi lebih banyak dan mengembangkan kemampuan yang lebih setara dengan AS," ujar mantan Kepala NASA Jim Bridenstine.

Saat ini, anggaran tahunan ISRO, masih kalah jauh dibandingkan NASA. Tahun 2023, NASA menerima pendanaan sebesar USD 25,4 miliar, sementara ISRO sekitar USD 1,6 miliar.

India semakin dipandang sebagai pemain terkemuka di bidang luar angkasa secara geopolitik. Meskipun China telah menggantikan Rusia sebagai saingan paling signifikan terhadap pengaruh dan kemampuan AS di bidang luar angkasa, India mungkin masih menempati posisi ketiga dalam hierarki negara adidaya luar angkasa.

"Saya berharap mereka menggunakan (Chandrayaan-3) sebagai peluang untuk memanfaatkan kesuksesan tersebut," kata Bridenstine. "Perkonomian mereka besar dan mereka akan mampu mengeluarkan uang untuk eksplorasi ruang angkasa."

"Terlebih biaya untuk mencapai Bulan akan turun, terutama karena ada semakin banyak perusahaan yang melakukan lebih banyak misi."

infografis negara asgardia
Asgardia, Negara di Luar Angkasa
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya