MER-C Bantah Klaim Israel Soal Lokasi Rumah Sakit Indonesia di Gaza hingga Tuduhan terkait Terowongan Hamas

MER-C menyatakan bahwa klaim Israel atas lokasi Rumah Sakit Indonesia di Gaza tidak benar. Demikian pula atas tuduhan bahwa di bawah rumah sakit terdapat jaringan terowongan Hamas.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 10 Nov 2023, 23:06 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2023, 23:06 WIB
Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Rumah Sakit Indonesia di Gaza. (Dok. Tangkapan layar YouTube MER-C)

Liputan6.com, Gaza - Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari menuduh Rumah Sakit Indonesia di Gaza dibangun untuk menyembunyikan benteng bawah tanah Hamas. Merespons tudingan tersebut, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia  (Kemlu RI) telah menegaskan bantahannya.

Kali ini, bantahan datang dari kelompok MER-C Indonesia. Dalam unggahan di media sosial Instagram, MER-C Indonesia melalui site manager pengembangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Edy Wahyudi meluruskan sejumlah tuduhan Israel.

"Berdasarkan peta yang ditunjukkan oleh juru bicara IDF Daniel Hagari yang menyatakan bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza berada di tiga lokasi, yang benar adalah Rumah Sakit Indonesia hanya berada di satu lokasi," ungkap Edy.

Edy menolak pernyataan IDF bahwa pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza didanai oleh sejumlah LSM.

"Pembangunan Rumah Sakit Indonesia ini bukan didanai oleh LSM akan tetapi didanai oleh seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang dihimpun oleh MER-C sebagai LSM pelaksana pembangunan Rumah Sakit Indonesia," tegas Edy.

"Kemudian pernyataan juru bicara IDF yang menyatakan bahwa tahun 2010 Rumah Sakit Indonesia telah dalam masa pembangunan hal ini tidaklah benar karena tender proses pembuatan struktur saja baru dimulai pada 2 Februari 2011 ... Peta yang ditunjukkan oleh juru bicara IDF bahwa lahan yang digunakan oleh Rumah Sakit Indonesia ada di tiga bagian ... yang benar hanyalah di satu titik seluas 1,6 hektare yang diberikan oleh pemerintah Palestina."

Selain itu, terkait tuduhan utama bahwa rumah sakit didirikan di atas terowongan Hamas, Edy menuturkan ketika dilakukan penggalian sedalam delapan meter untuk pembuatan basemen, tidak ditemukan hal-hal mencurigakan, terlebih infrastruktur terowongan.

Berikut bantahan Edy selengkapnya:

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by MER-C Indonesia (@mercindonesia)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan Kemlu RI

Pemandangan Langit Gaza
Kota di bagian utara Jalur Gaza itu telah menjadi fokus serangan Israel, yang telah bersumpah untuk menghancurkan struktur komando Hamas dan telah meminta warga sipil untuk mengungsi ke bagian selatan. (FADEL SENNA/AFP)

Dalam pernyataannya pada Selasa (7/11), juru bicara Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan dan untuk melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza.

"Rumah Sakit Indonesia saat ini sudah dikelola sepenuhnya oleh otoritas Palestina di Gaza, meskipun dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu," beber Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal menambahkan bahwa Rumah Sakit Indonesia adalah satu dari segelintir fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Gaza di tengah jumlah korban serangan Israel yang terus bertambah setiap harinya.

"Rumah sakit ini saat ini merawat pasien dalam jumlah jauh melampaui kapasitasnya," kata Iqbal.

"Menlu RI sejak awal secara konsisten mengutuk dan menyerukan penghentian segera serangan membabi buta terhadap target sipil, khususnya fasilitas-fasilitas kemanusiaan di Gaza, termasuk rumah sakit dan ambulans.


3 Relawan WNI

Warga Gaza Mengungsi
Puluhan bendera putih dikibarkan ketika warga Palestina lewat secara massal ke ujung selatan Jalur Gaza. (AP Photo/Mohammed Dahman)

Saat ini, terdapat 3 Warga Negara Indonesia (WNI) berstatus relawan yang berada di Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Menyusul pengeboman yang terjadi di sekitar area rumah sakit, ketiganya pada Jumat pagi dikonfirmasi dalam keadaan selamat.

"Kemlu RI telah berkomunikasi dengan pihak MER-C dan memperoleh informasi bahwa tiga WNI yang menjadi relawan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza sudah bisa dihubungi. Ketiga WNI tersebut dalam keadaan baik," tutur Iqbal.

"Ketiganya berada di basemen saat terjadinya serangan."

Tiga relawan WNI di Rumah Sakit Indonesia secara sadar memilih untuk tidak ikut dievakuasi oleh pemerintah. Untuk itu, Kemlu RI terus berkomunikasi dengan ketiganya guna memonitor kondisi mereka.

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya