Helikopter Bawa Raja Charles III Kembali ke London Jelang Operasi Prostat

Ratu Camilla menyampaikan bahwa kondisi Raja Charles III baik-baik saja.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 26 Jan 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 26 Jan 2024, 11:00 WIB
Raja Charles III dalam pidato Natal Pertamanya. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)
Raja Charles III dalam pidato Natal Pertamanya. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, London - Usai diumumkan akan menjalani operasi prostat, Raja Charles III dilaporkan telah kembali ke London pada Kamis (25/1/2024).

Menurut foto publikasi The Sun, raja berusia 75 tahun itu terlihat tiba dari kediaman kerajaan di Sandringham dengan helikopter dan kemudian berada di dalam mobil menuju Istana Buckingham.

Dilansir People, Jumat (26/1), wartawan kerajaan Rebecca English mengatakan di X bahwa kerajaan telah mengibarkan bendera di Istana Buckingham, menandakan ia sedang berada di sana.

Namun, Raja Charles III akan tinggal di Clarence House, kediaman dekat istana, tempatnya tinggal bersama Ratu Camilla selama dua dekade.

Sebelumnya, Istana Buckingham mengumumkan pada Rabu (17/1) bahwa Raja Charles III akan menjalani perawatan medis terkait prostatnya di rumah sakit.

"Sama dengan ribuan pria setiap tahunnya, raja melakukan pengobatan untuk pembesaran prostat. Kondisi Yang Mulia tidak berbahaya dan dia akan dibawa ke rumah sakit minggu depan untuk menjalani prosedur perawatan," bunyi pernyataan Kerajaan Inggris.

"Pertemuan publik Raja Charles III akan ditunda untuk masa pemulihan yang singkat."

Salah satu sumber kerajaan mengungkapkan bahwa raja akan mampu memenuhi tugas konstitusionalnya selama ini.

Sementara itu, alasan Raja Charles membagikan kondisinya kepada publik adalah untuk mendorong pria lain yang mungkin mengalami gejala untuk segera memeriksakan diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ratu Camilla: Dia Baik-baik Saja

Ratu Camilla Berkilau dalam Balutan Tiara Greville dan Kalung Berlian Ratu Elizabeth di Pesta Kenegaraan
Raja Charles III dan Permaisuri Camilla berdiri bersama sebelum jamuan kenegaraan di Istana Bellevue di Berlin, Rabu (29/3/2023). Raja Charles III memulai perjalanan luar negeri pertamanya dengan tujuan Berlin, Jerman, pada Rabu menandai kunjungan resmi kenegaraan pertama pasangan itu setelah naik takhta menyusul mangkatnya Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Matthias Schrader, Pool)

Setelah istana mengumumkan kondisi raja, ia terlihat berkendara ke perkebunan keluarga kerajaan Sandringham di Norfolk bersama Ratu Camilla pada 19 Januari.

Sementara sehari setelah Istana Buckingham mengumumkan kondisi raja, Ratu Camilla berbicara singkat tentang kesehatan suaminya saat singgah di Aberdeen, Skotlandia.

"Bagaimana kabar Yang Mulia?" tanya Lord Letnan Aberdeen Dr. David Cameron kepada ratu di Galeri Seni Aberdeen, (18/1).

"Dia baik-baik saja, terima kasih banyak. Menanti untuk kembali bekerja," jawabnya.


Kate Middleton Diumumkan Jalani Operasi

Kate Middleton
Princess of Wales, Kate Middleton tersenyum saat dia pergi setelah mengunjungi Evelina London di rumah sakit St Thomas di London, Selasa, 5 Desember 2023. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Pada hari yang sama ketika rencana raja melakukan operasi, Istana Kensington mengungkapkan bahwa Kate Middleton telah menjalani "operasi abdominal" yang memerlukan perawatan di rumah sakit hingga dua minggu diikuti dengan pemulihan lanjutan selama beberapa bulan di rumah.

Berita kesehatan Putri Catherine baru terungkap setelah operasinya dilakukan dan rinciannya dirahasiakan.

Dengan kondisi tersebut, Putri Wales (42) mengungkapkan "keinginan untuk mempertahankan keadaan normal" sebisa mungkin untuk anak-anaknya, Pangeran George (10) Putri Charlotte (8) dan Pangeran Louis (5), menurut kantornya.


Mantan Adik Ipar Raja Charles III Sarah Ferguson Didiagnosa Kanker Kulit Melanoma Ganas

Fergie Mantan Istri Pangeran Andrew Mengidap Kanker Kulit Setelah Bebas dari Kanker Payudara
Sarah Ferguson, mantan istri Pangeran Andrew. (dok. Adrian DENNIS / AFP)

Di waktu yang berdekatan, mantan adik ipar Raja Charles III Sarah Ferguson didiagnosa menderita kanker kulit, melanoma ganas setelah operasi pengangkatan tahi lalat yang dilakukannya saat masih menjalani perawatan kanker payudara.

Pemegang gelar Duchess of York itu telah menghilangkan beberapa tahi lalat dan menganalisisnya saat menjalani operasi rekonstruksi setelah mastektomi, ungkap juru bicaranya.

"Dokter kulitnya meminta agar beberapa tahi lalat diangkat dan dianalisis pada saat yang sama ketika Duchess of York menjalani operasi rekonstruktif setelah mastektomi, dan salah satunya telah diidentifikasi sebagai kanker," kata juru bicaranya.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya