Ini yang Terjadi pada Sel Kanker Setelah Dimatikan dengan Terapi Pengobatan

Bagaimana sel kanker bereaksi setelah dimatikan oleh terapi pengobatan? Begini yang terjadi sebenarnya.

oleh Santi Rahayu diperbarui 08 Jun 2024, 21:15 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 21:15 WIB
Ilustrasi sel kanker | Klikdokter
Ilustrasi sel kanker | Klikdokter

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan kanker seperti kemoterapi bekerja dengan membunuh sel tumor. Salah satu cara yang umum adalah dengan mendorong sel-sel tumor untuk mati secara alami dalam proses yang disebut apoptosis, di mana sel-sel menyusut dan mati dengan sendirinya.

Ada juga cara lain yang lebih jarang terjadi, yaitu dengan memicu jenis kematian sel yang lebih agresif yang disebut nekroptosis.

Namun, apa yang terjadi pada sel-sel kanker tersebut setelah mereka mati?

Dilansir dari Live Science, Sabtu (8/6/2024) disebutkan bahwa ketika sel kanker mencapai akhir hidupnya, membran mereka rusak seperti dalam proses apoptosis, di mana sel-sel yang tidak diperlukan atau rusak dieliminasi dari tubuh.

Setelah sakelar molekuler yang memicu apoptosis diaktifkan, sel yang sekarat akan menyusut dan bagian-bagian membrannya akan pecah menjadi "gumpalan-gumpalan". Ini menyebabkan komponen internal sel bocor dan menarik fagosit, atau sel kekebalan yang bertugas menelan sisa-sisa sel.

Fagosit yang telah dikumpulkan akan menelan sel kanker yang mati dan kemudian memecahnya menjadi komponen yang lebih kecil, seperti gula dan asam nukleat, molekul seperti rantai yang ditemukan dalam DNA. Melalui proses ini, sel kanker yang mati didaur ulang menjadi komponen yang dapat digunakan kembali oleh sel lain.

Dalam kasus apoptosis - jenis kematian sel yang secara tradisional dirancang untuk diinduksi oleh terapi kanker - komponen seluler umumnya didaur ulang dengan cara ini, bukan dikeluarkan oleh tubuh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terapi Dapat Membunuh Sel Selain Kanker

RS Kanker Dharmais jalani kerja sama dengan Jepang dalam mengembangkan terapi sinar proton dalam pengobatan kanker. (Foto: Dok RS Kanker Dharmais)
RS Kanker Dharmais jalani kerja sama dengan Jepang dalam mengembangkan terapi sinar proton dalam pengobatan kanker. (Foto: Dok RS Kanker Dharmais)

Terapi kanker terkadang juga dapat memicu jenis kematian sel lainnya, seperti nekroptosis, di mana sel membengkak dan pecah daripada menyusut, dan fagosit juga secara efisien melahap jenis sel yang sekarat ini.

Namun, sel kanker yang sedang sekarat tidak selalu berjalan dengan senyap. Penelitian menunjukkan bahwa, dengan melepaskan sisa-sisa yang memicu peradangan, sel kanker yang sekarat terkadang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker yang masih hidup.

Fenomena ini, yang dikenal sebagai efek Révész, dapat membantu menjelaskan bagaimana beberapa jenis kanker dapat kembali setelah pengobatan. Efek ini pertama kali diamati pada tahun 1950-an pada tikus yang memiliki tumor.

Baru-baru ini, sebuah penelitian pada tikus dan sel dalam tabung laboratorium menemukan bahwa radiasi dan kemoterapi dapat memicu pelepasan sitokin proinflamasi, molekul yang dilepaskan oleh sel-sel kekebalan yang meningkatkan peradangan yang terkadang dapat mendukung pertumbuhan tumor. 

"Akrofag, sejenis fagosit, melepaskan molekul-molekul ini dalam upaya untuk melawan kanker," kata Dr. Dipak Panigrahy, salah satu penulis studi dan asisten profesor patologi di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat.


Peran Studi untuk Penelitian Selanjutnya

Ilustrasi dokter
Dokter (Foto: Ilustrasi AI)

Studi-studi ini membantu menjelaskan peran kematian sel tumor pada perkembangan dan kekambuhan kanker - namun, penelitian ini masih dalam tahap yang relatif awal dan para ilmuwan belum memahami implikasi penuh dari pensinyalan sel kanker yang sekarat pada kanker manusia. 

Dengan lebih banyak penelitian, para peneliti bertujuan untuk lebih memahami mekanisme biologis yang mendasari kanker dan dengan demikian mengembangkan pengobatan yang lebih efektif.

Sebagai contoh, penelitian tahun 2018 menyoroti cara untuk melawan pertumbuhan tumor yang didorong oleh sisa-sisa sel kanker yang mati: resolvin, molekul yang berasal dari omega 3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan efek sitokin sambil mendorong pembersihan sisa-sisa sel.

"Masalah utama pada kanker adalah tidak adanya terapi yang merangsang resolusi peradangan, menurunkan sitokin, serta membersihkan sisa-sisa sel," kata Panigrahy. Resolvin bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut, studi mereka menunjukkan.

Selain itu, studi Nature 2023 menunjukkan dengan tepat bagaimana sel kanker yang hidup mengenali dan merespons sinyal yang dikirimkan oleh rekan-rekan mereka yang sekarat. Memblokir pesan sel yang sekarat dapat membantu mencegah kanker muncul kembali setelah perawatan, kata studi tersebut.


5 Fakta Kanker yang Perlu Anda Tahu

Mengenal Kanker Usus Besar
Kanker usus besar terbentuk karena adanya pertumbuhan tumor di organ usus besar. (Foto: Freepik/krakenimages.com)

Kanker, penyakit ini diam-diam mengintai setiap orang dengan gaya hidup tidak sehat. Kanker bisa menyerang siapa saja di bagian tubuh mana saja. Yang mengejutkan, ternyata seorang laki-laki juga bisa terkena kanker payudara.  

Ada beberapa fakta lain yang lebih menarik soal kanker ini. Berikut ini ulasannya:

1. Kanker memang sangat berbahaya. Fakta menunjukkan penyakit ini setiap tahun menyebabkan kematian lebih dari 20 ribu orang setiap hari. Mengerikan bukan?

2. Kanker adalah penyebab utama kematian di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Jumlah kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini melebihi jumlah kematian yang disebabkan AIDS, tuberkolosis dan malaria.  

3. Begitu banyak jenis kanker yang bisa menyerang kita. Sampai sekarang terdapat lebih dari 100 macam kanker, setiap bagian tubuh kita bisa terkena kanker.

4. Sebenarnya lebih dari 30% kanker dapat dicegah dengan menghindari tembakau dan alkohol, bergaya hidup sehat dan melakukan aktivitas fisik. Namun beberapa perokok susah sekali untuk menghentikan kebiasaan itu. Sebagian lain juga masih belum bisa membiasakan diri untuk olah raga sesuai kebutuhan.

5. Meski banyak orang pernah mengidap kanker, dengan usaha yang konsisten sampai sekarang telah terdapat 28 juta penderita kanker yang bisa sembuh di seluruh dunia. Mereka bisa menjadi inspirator bagi penderita kanker lain

Infografis: Redam Kanker dengan Cukai Rokok (Liputan6.com / Abdillah)
(Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya