Studi: Tinggal di Daerah Banyak Pohon Bikin Awet Muda 7 Tahun

Penelitian dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa penduduk di lingkungan dengan kepadatan pohon cenderung tidak memiliki kondisi kardio-metabolik seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 30 Agu 2024, 19:40 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 19:40 WIB
Ilustrasi pohon pule
Ilustrasi pohon pule. (Gambar oleh Mariya dari Pixabay)

Liputan6.com, Toronto - Jalanan yang rindang dan dipenuhi pepohonan tidak hanya baik untuk nilai sebuah properti; namun juga baik untuk kesehatan Anda.

Setelah menganalisis kota Toronto, para peneliti di tahun 2015 melaporkan bahwa, jika satu kawasan atau satu blok tempat tinggal memiliki minimal 10 pohon, maka akan mampu meningkatkan kesehatan warganya, dikutip dari laman LA Times, Jumat (30/8/2024).

Temuan lainnya, diyakini bisa membuat tiap warganya tujuh tahun lebih muda.

Penelitian dalam jurnal Scientific Reports juga menemukan bahwa penduduk di lingkungan dengan kepadatan pohon yang lebih tinggi cenderung tidak memiliki kondisi kardio-metabolik seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes.

Dan bukan hanya orang kaya yang tinggal di jalan yang dipenuhi pepohonan mampu menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Para peneliti menemukan faktor demografi dan sosial ekonomi lainnya.

Dengan menemukan bahwa tinggal di dekat pepohonan tetap memiliki pengaruh pada persepsi seseorang tentang kesehatan dan kesehatan secara keseluruhan.

"Dampak ini tidak bergantung pada berapa banyak uang yang dihasilkan orang," kata Marc Berman, direktur Laboratorium Neurosains Lingkungan di Universitas Chicago, dan penulis senior makalah tersebut.

"Lingkungan yang asri dan lingkungan baik yang miskin dengan pepohonan tampaknya memiliki kesehatan yang lebih baik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wilayah Toronto Jadi Lokasi Uji Coba

Ilustrasi menanam pohon
Ilustrasi menanam pohon. (Photo by Alfo Medeiros from Pexels)

Toronto menjadi perhatian khusus bagi tim peneliti karena terletak di Kanada -- negara dengan layanan kesehatan universal.

Meskipun penelitian tersebut menemukan korelasi yang kuat antara tinggal di jalan yang dipenuhi pepohonan dan kesehatan, para peneliti masih belum mengetahui alasannya.

"Pohon menghilangkan polutan dari udara, jadi bisa jadi udaranya lebih bersih, atau bisa jadi menambahkan lebih banyak pohon di jalan mendorong orang untuk keluar dan lebih banyak berolahraga," kata Berman.

"Atau bisa jadi lingkungannya lebih indah, dan itu berkontribusi pada kesehatan."

Ada kemungkinan juga orang yang lebih sehat memilih untuk tinggal di lingkungan dengan lebih banyak pohon.

"Data kami bersifat korelasional, jadi kami tidak bisa mengatakan pohon menyebabkan kesehatan yang lebih baik; kami hanya bisa mengatakan pohon berhubungan dengan kesehatan yang lebih baik," katanya.

Infografis Pohon-Pohon Endemik Indonesia yang Terancam Punah
Daftar sejumlah pohon endemik Indonesia yang terancam punah. (dok. Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya