Israel Serang Markas Intelijen Hizbullah di Lebanon

Israel disebut telah mempertimbangkan berbagai pilihan dalam menanggapi serangan rudal balistik Iran pada hari Selasa (1/10), yang dilakukan Iran sebagai tanggapan terhadap aksi militer Israel di Lebanon.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Okt 2024, 14:55 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 14:55 WIB
Israel Kembali Bombardir Wilayah Selatan Lebanon
Serangan Israel tersebut dikatakan menargetkan kelompok militan Hizbullah di desa-desa yang dekat dengan perbatasan. (Fadel ITANI/AFP)

Liputan6.com, Beirut- Israel mengatakan telah menargetkan markas intelijen Hizbullah di Lebanon dan menilai kerusakan pada hari Jumat (4 Oktober 2024), setelah serangkaian serangan terhadap tokoh senior dalam kelompok tersebut yang dianggap oleh Pemimpin Tertinggi Iran sebagai kontraproduktif.

Laporan Channel News Asia (CNA) yang dikutip Sabtu (5/10/2024) menyebut bahwa Israel telah mempertimbangkan berbagai pilihan dalam menanggapi serangan rudal balistik Iran pada hari Selasa (1/10), yang dilakukan Iran sebagai tanggapan terhadap aksi militer Israel di Lebanon.

Harga minyak telah naik karena kemungkinan serangan terhadap fasilitas minyak Iran saat Israel mengejar tujuannya untuk memukul mundur militan Hizbullah di Lebanon dan melenyapkan sekutu Hamas mereka di Gaza.

Serangan udara di Beirut, bagian dari serangan yang lebih luas yang telah mengusir lebih dari 1,2 juta warga Lebanon dari rumah mereka, dilaporkan telah menargetkan calon penerus pemimpin Hizbullah yang didukung Iran, Sayyed Hassan Nasrallah, yang dibunuh oleh Israel sepekan yang lalu.

Adapun nasib Hashem Safieddine sang pengganti Nasrallah juga tidak jelas, baik Israel maupun Hizbullah belum memberikan komentar apa pun.

Sementara itu, sebuah ledakan terdengar dan asap terlihat di pinggiran selatan Beirut pada Sabtu (5/10) dini hari, kata saksi mata Reuters, tak lama setelah militer Israel mengeluarkan dua peringatan bagi penduduk di daerah tersebut untuk segera mengungsi.

Peringatan pertama memperingatkan penduduk di sebuah gedung di lingkungan Burj al-Barajneh dan yang kedua di sebuah gedung di Distrik Choueifat. Peringatan ketiga menyebutkan gedung-gedung di Haret Hreik serta Burj al-Barajneh.

 

 


Joe Biden: Israel Belum Memikirkan Cara Balas Iran

Presiden ke-47 Amerika Serikat Joe Biden. (Dok. AFP)
Presiden ke-47 Amerika Serikat Joe Biden. (Dok. AFP)

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Jumat (4/10) bahwa ia akan memikirkan alternatif untuk menyerang ladang minyak Iran jika ia berada di posisi Israel, seraya menambahkan bahwa ia berpikir Israel belum memutuskan bagaimana membalas Iran.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (5/10) dini hari, Hizbullah juga mengatakan tentara Israel berusaha menyusup ke kota selatan Lebanon, Odaisseh, dan bahwa bentrokan di sana masih berlangsung.

Biden juga ditanya dalam jumpa pers di Gedung Putih apakah menurutnya dengan tidak terlibat dalam diplomasi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha memengaruhi pemilihan umum AS pada tanggal 5 November di mana mantan Presiden dari Partai Republik Donald Trump berhadapan dengan Wakil Presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris.

"Apakah ia berusaha memengaruhi pemilihan umum, saya tidak tahu tetapi saya tidak mengandalkan itu," kata Biden sebagai tanggapan. "Tidak ada pemerintahan yang berbuat lebih banyak untuk membantu Israel daripada yang telah saya lakukan."

Serangan Udara Israel Hancurkan Permukiman dan Infrastruktur di Pinggir Selatan Beirut
Israel baru-baru ini mengintensifkan serangan udaranya ke Lebanon. (Foto oleh AFP)

2.000 Orang Lebih Tewas di Lebanon dalam Setahun Terakhir

Serangan Udara Israel Hancurkan Permukiman dan Infrastruktur di Pinggir Selatan Beirut
Otoritas Lebanon pada Rabu (2/10/2024), jumlah pengungsi di Lebanon akibat serangan udara Israel terus meningkat menjadi sekitar 1,2 juta orang. (Foto oleh AFP)

Pemerintah di Lebanon mengatakan lebih dari 2.000 orang telah tewas di sana dalam setahun terakhir, sebagian besar dalam dua minggu terakhir.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan pada hari Jumat (4/10) bahwa jumlah korban di kalangan warga sipil "sama sekali tidak dapat diterima".

"Semua pihak harus melakukan apa pun yang mereka bisa setiap saat untuk melindungi warga sipil dan infrastruktur sipil dan memastikan bahwa warga sipil tidak pernah berada dalam bahaya," katanya kepada wartawan di New York.

Pemerintah Lebanon menuduh Israel menargetkan warga sipil, dengan menunjuk pada puluhan wanita dan anak-anak yang terbunuh. Pemerintah belum merinci jumlah keseluruhan antara warga sipil dan anggota Hizbullah.

Israel mengatakan bahwa mereka menargetkan kemampuan militer dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko bahaya bagi warga sipil. Mereka menuduh Hizbullah dan Hamas bersembunyi di antara warga sipil, yang mereka bantah.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa seorang warga Amerika tewas di Lebanon minggu ini dan Washington sedang berupaya memahami keadaan insiden tersebut.

Kamel Ahmad Jawad, dari Dearborn, Michigan, tewas dalam serangan udara Israel pada hari Selasa, menurut putrinya, seorang teman, dan anggota kongres AS yang mewakili distriknya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan bahwa departemen tersebut "khawatir" oleh laporan tersebut, dan menambahkan: "Merupakan keharusan moral dan strategis bagi Israel untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang layak untuk mengurangi bahaya bagi warga sipil." Pertumpahan darah terbaru dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun bermula dari serangan militan Hamas Palestina pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan 1.200 orang dan sekitar 250 orang disandera, menurut penghitungan Israel.

 


Update Konflik Israel di Gaza dan Lebanon

Serangan Udara Israel Hancurkan Permukiman dan Infrastruktur di Pinggir Selatan Beirut
Serangan Israel menargetkan berbagai lokasi di Lebanon, terutama di ibu kota Beirut, dan pinggiran selatannya. (Foto oleh AFP)

Adapun serangan Israel berikutnya terhadap Gaza telah menewaskan lebih dari 41.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza, dan membuat hampir seluruh penduduk Gaza mengungsi, menyebabkan krisis kelaparan, dan menyebabkan tuduhan genosida yang dibantah Israel.

Militer Israel mengatakan sekitar 70 proyektil diluncurkan dari Lebanon ke wilayah Israel pada Jumat (4/10) malam dan berhasil dicegat atau jatuh ke tanah terbuka.

Israel mengirim pasukan darat ke Lebanon minggu ini setelah serangan rudal Iran. Dikatakan bahwa operasi daratnya "dilokalisasi" di desa-desa dekat perbatasan, tetapi belum menyebutkan seberapa jauh mereka akan maju ke Lebanon atau berapa lama operasi itu akan berlangsung.

Israel mengatakan operasi itu bertujuan untuk memungkinkan puluhan ribu warganya kembali ke rumah setelah pemboman Hizbullah yang memaksa mereka mengungsi dari wilayah utara.

Infografis Israel Mulai Serbu Lebanon Lewat Darat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Israel Mulai Serbu Lebanon Lewat Darat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya