Pabrik Kembang Api Meledak Gara-gara Sosis

Kepolisian China telah resmi menyimpulkan sosis sebagai pemicu kebakaran yang terjadi pada September 2013 lalu.

oleh Riz diperbarui 06 Nov 2013, 14:47 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2013, 14:47 WIB
mercon-sosis131106b.jpg

Dilarang bakar sosis di pabrik kembang api. Setidaknya hal itu yang harus diperhatikan baik-baik bagi setiap orang yang berada di pabrik kembang api. Jika tidak, bisa seperti ini akibatnya.

Pabrik kembang api terbakar dan meledak di Desa Penggang, Kota Wuhan, China lantaran terkena percikan pembakaran sosis yang dilakukan ayah si penjaga.

Kepolisian setempat telah resmi menyimpulkan sosis sebagai pemicu kebakaran yang terjadi pada September 2013 lalu itu.

Saat itu, si penjaga pabrik, Ho (48) ingin keluyuran pada malam hari. Ia meminta ayahnya, Hung Feng (72) yang hobi makan sosis untuk menggantikannya menjaga pabrik kembang api tersebut.

Hung pun menerima permintaan Ho. Dijagalah pabrik kembang api itu. Ho sudah tahu kebiasaan Hung setiap malam: memanggang sosis. Karenanya, Ho berpesan kepada ayahnya itu untuk berhati-hati bila ingin membakar sosis di dalam pabrik.

"Aku tahu banget, ayah saya pasti bakal memanggang sosis. Karena itu, aku memperingatkannya," ungkap Ho, seperti dimuat Daily Star, Rabu (6/11/2013).

Namun Hung tak begitu peduli dengan peringatan sang anak. Ia tetap membakar sosis itu seperti biasa di dalam pabrik. Dan semua itu berakibat fatal. Percikan api dari pemanggangan sosis memicu kebakaran di pabrik. Ribuan kembang api di dalamnya pun meledak. Hung lari terbirit-birit menyelamatkan diri.

Si jago merah cepat menjalar ke seluruh bagian pabrik seluas 200 meter persegi itu. Petugas pemadam kebakaran terlambat datang. Bangunan sudah habis dilalap api.

"Ini merupakan tragedi yang sangat disayangkan. Tapi untung saja ayahku selamat, tak terluka sama sekali," ujar Ho. Belum diketahui apakah Hung bakal ditangkap polisi setelah penyebab kebakaran dan meledaknya pabrik ini sudah disimpulkan. (Riz/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya