Dahsyat, Kehebohan Fans American Football Picu `Gempa Minor`

Getaran yang dihasilkan ribuan penonton tercatat sebagai gempa minor di stasiun seismik yang jauhnya beberapa blok dari stadion.

oleh Elin Yunita Kristanti diperbarui 04 Des 2013, 12:36 WIB
Diterbitkan 04 Des 2013, 12:36 WIB
american-football-131204b.jpg
Gegap gempita fans american football yang merayakan keunggulan tim favoritnya di Seattle, Senin malam lalu, tak hanya membuat stadion bergemuruh, bahkan mampu 'menggetarkan bumi' -- dalam arti sesungguhnya.

Getaran yang dihasilkan ribuan penonton tercatat sebagai gempa minor di stasiun seismik yang jauhnya beberapa blok dari stadion.

Para penonton yang menggila, berteriak dan melompat-lompat gaduh ketika menyaksikan touchdown (aksi mencetak skor) di kuartal pertama di awal pertandingan antara Seattle Seahawks dan New Orleans Saints.

Saat itulah, Pacific Northwest Seismic Network mendeteksi getaran gempa yang mencapai magnitude 1 dan 2.

Direktur Northwest Seismic Network, John Vidale, mengatakan stafnya merekam lima peristiwa seismik yang terpisah selama pertandingan.

"Episode paling intensif adalah di akhir kuartal pertama, saat gelandang bertahan Michael Bennett melakukan touchdown," demikian dikutip dari CNN, 3 Desember 2013.

Seattle Seahawks memenangkan pertandingan yang digelar di Stadion CenturyLink Field itu dengan skor 34-7.

Ini bukan kali pertamanya kehebohan fans menggetarkan Seattle. Pada 2011, gemuruh yang merespon touchdown tercatat di stasiun perekam seismik terdekat.

CenturyLink Field, yang bentuknya terbuka, juga tercatat dalam  Guinness World Record untuk kebisingan yang dihasilkannya pada September 2012 lalu. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya