Salah Satu Cara Cegah Anak Jadi Perokok ala Menkes

Agar anak tidak menjadi perokok serta terhindar dari jeratan bahaya nikotin, orangtua sebaiknya selalu menanyakan uang jajanna untuk apa

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 30 Sep 2014, 13:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2014, 13:30 WIB
Rokok

Liputan6.com, Jakarta Agar anak tidak menjadi perokok serta terhindar dari jeratan bahaya nikotin, orangtua sebaiknya selalu menanyakan langsung kepada mereka digunakan untuk apa uang jajan yang sehari-hari diberikan. Orangtua memiliki hak untuk menanyakan hal tersebut.

"Dengan begitu, orangtua menjadi tahu bahwa uang jajan yang diberikan ke anaknya tidak digunakan untuk membeli rokok atau narkoba," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, SpA saat berbincang dengan Health-Liputan6.com di Jakarta ditulis Senin (29/9/2014)

Keterbukaan seperti ini, kata Menkes membuat anak menjadi takut dan ragu mau menggunakan uang jajan yang diberikan untuk hal-hal yang tidak baik. "Mereka pada akhirnya bisa mikir, kepercayaan yang diberikan orangtua lebih berharga nilainya," kata Menkes.

Menurut Menkes, keluarga dalam hal ini adalah orangtua merupakan unit terkecil dari masyarakat yang masih dapat memengaruhi nilai serta perilaku anak.

"Karena di situlah kita akan melihat bahwa keluargalah yang dapat memberikan nilai-nilai dasar yang akan ditanamkan ke anak-anaknya," kata Menkes

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya