Bingung Ikut Diet Mana? Intip Dulu Tips Diet Sehat Ini

Banyaknya program diet seringkali membuat kita bingung, ikuti triknya

oleh Fitri Syarifah diperbarui 04 Des 2014, 20:30 WIB
Diterbitkan 04 Des 2014, 20:30 WIB
Diet
Diet Sehat. Foto: ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal. Namun banyaknya program diet seringkali membuat kita bingung. Coba saja kita perhatikan, ada diet vegan, diet mayo, diet karbohidrat, diet golongan darah, diet mediterania dan berbagai macam diet lainnya.

Lantas, diet seperti apa ya yang sehat? apakah diet betul-betul harus menyiksa tubuh? Hal ini ditanggapi Nutrition and Health Science Manager dari Nutrifood Research Center, Astri Kurniati S.T MAppSc. Menurutnya, diet yang sehat itu sebenarnya mudah mengenalinya, seperti:

1. Gizi seimbang

"Bagaimanapun, kalau mau diet sehat, makanlah dengan porsi seimbang. Karena semua makanan pasti mengandung nutrisi yang kita butuhkan," kata Astri, ditulis Kamis (4/12/2014).

Astri mengungkapkan, seseorang yang gemuk cenderung mengonsumsi makanan tidak seimbang dalam pirinya alias tidak dalam dosis yang dianjurkan. "Berlebihan itu memang tidak baik, pagi misalnya dia makan fetucini. Makanan ini saja sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan lemak kita sehari, tapi apalagi yang dimakan siangnya. Minumnya bubble tea, pas nonton film makan popcorn caramel yang manis. Jadi wajar dia gemuk karena kelebihan garam, gula, lemak."

2. Salah bila diet menghilangkan salah satu elemen  gizi

Semua makanan, kata Astri, memiliki nilai gizi. Bila ada diet yang menghilangkan salah satu elemen misalnya tidak makan karbohidrat dan sebagainya berarti itu diet tidak sehat. "Makan itu harus beragam."

3. Kurangi gula, garam, lemak

"Ini yang terpenting, apapun makanannya kalau kita tidak memperhatikan gula, garam, lemak maka kita akan mudah gemuk," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya