6 Arti Bau Tak Sedap di Vagina

Vagina Anda mengeluarkan bau tak sedap? Jangan sepelekan, tetapi bedakan bau tersebut.

oleh Jazaul Aufa diperbarui 11 Des 2014, 18:11 WIB
Diterbitkan 11 Des 2014, 18:11 WIB
6 Arti Bau Tak Sedap di Vagina
Vagina Anda mengeluarkan bau tak sedap? Jangan sepelekan, tetapi bedakan bau tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bau tak sedap  di vagina sangatlah wajar, menurut dokter Jennifer Wider, MD. Seperti yang dilansir dari Cosmopolitan.com, Kamis (11/12/2014), ia mengatakan bahwa bau tak sedap tersebut dapat muncul tergantung dari aktivitas dan diet seseorang.

Tak boleh mengindahkan masalah satu ini, Anda juga harus bisa membedakan antara bau tak sedap yang normal dan yang tidak normal. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bau Amis

6 Arti Bau Tak Sedap di Vagina
Vagina Anda mengeluarkan bau tak sedap? Jangan sepelekan, tetapi bedakan bau tersebut.

1. Bau Musky

Vagina yang sehat biasanya memang mengeluarkan semacam bau, tetapi bau tersebut bervariasi tergantung aktivitas di tiap harinya. Seperti sehabis berolahraga, semua kelenjar keringat akan mengeluarkan bau musky yang 100 persen normal.

2. Bau Amis

Jika tercium bau busuk yang cukup kuat dari vagina, terdapat kemungkinan Anda terkena infeksi. Sebagai contoh, bakteri vaginosis yang disebbakan oleh pertumbuhan bakteri secara berlebih yang menganggu keseimbangan PH pada vagina.

Akibatnya, muncul bau amis yang bersamaan dengan lendir berwarna hijau setelah berhubungan seks. Hal ini menunjukkan terkena penyakit menular seksual (PMS), bernama trikomoniasis. Jadi, segerakan berkonsultasi dengan dokter.

3. Bau Klorin

Biasanya bau klorin atau semacam bau bahan kimia ini tercium selama berhubungan seks atau karena menggunakan kondom. Namun, ini bukanlah bau yang perlu dikhawatirkan.


Bau Darah

6 Arti Bau Tak Sedap di Vagina
Jeruk selalu identik dengan warna oranye. Namun jeruk yang satu ini memang unik, karena berwarna merah.

4. Berjamur

Pertumbuhan jamur yang berlebih di vagina bisa menyebabkan munculnya bau tak sedap. Tanda-tandanya terlihat jelas seperti jamur yang menempel pada roti kadarluarsa. Segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Bau Darah

Jika Anda merasa mencium sedikit bau seperti bau darah selama kurang lebih sebulan, Anda tak perlu khawatir. Sebab, hal ini disebabkan oleh efek dari menstruasi. Sisa-sisa dari efek menstruasi bisa bercampuran dengan keadaan alami vagina yang menyebabkan munculnya bau tersebut.

6. Bau Manis

Bau yang sedikit terasa manis akan keluarkan ketika Anda rutin mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, nanas, atau anggur. Buah tersebut mampu mengharumkan bau maupun cairan yang keluar dari vagina. Sementara itu, bawang, brokoli, dan asparagus justru menyebabkan bau tak sedap.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya