Cara Unik Nikmati dan Olah Telur

Ada banyak cara untuk menikmati olahan telur. Mulai dari direbus, digoreng mata sapi, dadar, sampai scrambled egg.

oleh Retno Wulandari diperbarui 08 Jun 2016, 15:30 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2016, 15:30 WIB
Cara Lain dan Unik Nikmati dan Olah Telur
Ada banyak cara menikmati telur. Mulai dengan direbus, digoreng mata sapi, dadar, sampai scrambled egg.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menikmati telur. Mulai dari direbus, digoreng mata sapi, dadar, sampai scrambled egg. Cara-cara itu sudah lazim dan sering kita dengar. Berikut ini adalah cara yang sedikit unik dan berbeda untuk menikmati telur seperti dikutip dari situs Organic Life.

1. Masukkan 1 cangkir garam dan 1 cangkir gula dalam mangkuk. Campur dan aduk rata. Bagi menjadi 2. Tempatkan setengah campuran dalam loyang kecil.

Telur

2. Pisahkan 4 kuning telur dari putih telur. Hati-hati menempatkan setiap kuning telur di atas campuran garam-gula. Jangan sampai kuning telur pecah. Kemudian dengan lembut taburi kuning telur dengan sisa campuran garam-gula.

Telur

Kubur kuning telur, sampai campuran garam dan gula habis. Tutup loyang dengan bungkus plastik lalu dinginkan di dalam freezer selama 4 hari.

3. Setelah 4 hari, keluarkan loyang dari lemari freezer. Gunakan sikat kue dan gosok dengan lembut campuran garam-gula supaya lepas dari kuning telur. Cuci kuning telur di bawah air dingin untuk melepaskan sisa campuran garam-gula.

Telur

4. Taruh kuning telur pada kertas makanan untuk mengeringkan. Setelah kering, pindahkan kuning telur pada loyang yang telah dialasi kertas perkamen, panggang pada suhu 150 derajat selama 2 jam.

Telur

5. Kuning telur kuning akan setengah keras dan terlihat seperti aprikot kering.

Telur

Nikmati segera, atau simpan dalam wadah kedap udara dalam lemari es hingga 2 minggu. Selamat menikmati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya