Paparan Sinar UV Disebut Bisa Sebabkan Katarak dan Kanker

Inilah bahaya paparan sinar UV terhadap mata

oleh Aditya Eka PrawiraLiputan6.com diperbarui 26 Jun 2019, 06:00 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2019, 06:00 WIB
Selain Tabir Surya, Ini 6 Cara Lindungi Tubuh dari Sinar Matahari
Simak di sini cara melindungi setiap bagian tubuh Anda dari paparan sinar matahari, selain menggunakan tabir surya. (Foto: iStockphoto)

 

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang belum mengetahui bahwa sinar UV dari matahari dapat menyebabkan beragam penyakit, seperti katarak sampai kanker mata.

Dr Debbie Laughton dari ZEISS mengatakan bahwa melindungi mata dan kulit merupakan hal penting dari segala jenis musim, karena sinar UV selalu ada sepanjang tahun bahkan ketika sedang berawan dan musim dingin. 

Menurut Debbie, penggunaan kacamata dinilai belum bisa melindungi mata sepenuhnya. Standar industri kacamata saat ini hanya dapat memberi perlindungan terhadap sinar UV hingga 380nm (Nanometer). Sedangkan menurut organisasi kesehatan mengemukakan bahwa radiasi sinar UV mencapai 400nm. 

Ternyata, perbedaan yang kecil itu mewakili 40 persen dari radiasi yang mencapai bumi sehingga memiliki dampak yang besar pada mata. Itu mengapa paparan sinar UV berisiko dapat menyebabkan katarak dan kerusakan kornea.

Berdasarkan hasil penelitian melalui survei, seperti dikutip dari situs Mirror pada Selasa, 25 Juni 2019, hanya sepertiga yang menyadari tingkat perlindungan UV yang diberikan oleh kacamata, dan sepertiga dari semua responden tidak menyadari bahwa sinar UV dapat menyebabkan penyakit pada mata.

"Kacamata dapat menawarkan perlindungan sinar UV, tetapi sebagian besar tidak dapat melindungi secara penuh. Masih banyak dari konsumen yang tidak mengetahui perlindungan UV yang ditawarkan oleh lensa mereka", kata Debbie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Mengurangi Dampak Sinar UV Pada Mata

Dilansir dari situs Eye Site on Wellness, ini beberapa tips untuk mengurangi dampak sinar UV pada mata:

1. Ketahui kapan sinar matahari paling kuat

Paparan sinar UV tertinggi terjadi di pagi hari dan sore hari, bukan pada siang hari. Sebaiknya, gunakan pelindung mata ketika Anda harus keluar di pagi dan sore hari.

2. Gunakan kacamata

Pilih kacamata yang berkualitas tinggi dengan perlindungan UV yang kuat untuk membantu mengurangi dampak pada mata.

3. Gunakan bingkai yang tepat

Sebagian besar kacamata dapat melindungi dari paparan sinar UV, tapi sebaiknya Anda juga mempertimbangkan bingkai dengan cakupan yang luas sehingga dapat melindungi mata dan kulit di sekitarnya.

4. Gunakan topi

Topi bertepi lebar dapat melindungi dari sinar matahari langsung, walaupun tidak dapat menghalangi pantulan sinar UV dari trotoar, pasir, air, dan lain-lain.

Penulis: Febrianingsih Alamako

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya