IDI Harap Pemerintah Bisa Menjaga Sampel Spesimen COVID-19 dengan Baik

Terkait virus corona (COVID-19), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merekomendasikan agar pengiriman sampel spesimen yang dikirim dari rumah sakit di Indonesia terjaga dengan baik

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 05 Mar 2020, 19:30 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2020, 19:30 WIB
Covid-19 Jadi Nama Penganti Virus Corona
Covid-19, Nama Baru Corona: Petugas laboratorium menguji sampel dari orang yang akan diuji untuk virus corona COVID-19 di sebuah laboratorium di Shenyang, provinsi Liaoning, China, Rabu (12/2/2020). WHO kini tidak lagi menyebut virus yang merebak di China sebagai Virus Corona Baru. (STR/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Terkait virus corona (COVID-19), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merekomendasikan agar pengiriman sampel spesimen yang dikirim dari rumah sakit di Indonesia terjaga dengan baik. Hal ini bertujuan hasil diagnosis pasien yang dilihat dari spesimen dapat berkualitas.

"Rekomendasi kami kepada pemerintah, memastikan sample handling yang baik agar spesimen yang dikirim dari berbagai rumah sakit di Indonesia terjaga, sehingga apapun hasil pemeriksaan akan dipercaya semua pihak," ujar Ketua Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan COVID-19, Zubairi Djoerban saat konferensi pers di Kantor PB IDI, Jakarta, Kamis (5/4/2020).

Pengambilan spesimen dengan swab tenggorok, dahak, endotrachea, bilasan brochoalveolar, dan darah yang diambil dua kali. Suhu spesimen disimpan pada  suhu 4 derajat Celsius, maksimal 48 jam sebelum dikirim ke laboratorium.

Dalam COVID-19, spesimen dikirim ke Litbangkes. Untuk mendukung pemeriksan spesimen, perlu tambahan laboratorium.

"Menambah jumlah laboratorium untuk mampu melakukan pemeriksaan deteksi COVID-19," lanjut Zubairi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Perluas Skrining di Bandara dan Pelabuhan

Intip Penanganan Pasien Virus Corona di Iran
Petugas medis menguji sampel dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Zubairi menambahkan, pengiriman sampel spesimen ke laboratorium harus virusnya masih hidup. Jika penyimpanan spesimen tidak sesuai prosedur, maka perlu diambil ulang.

Ketersediaan alat swab harus sesuai dengan standar. Spesimen pun harus disimpan di dalam Viral Transport Medium (VTM) agar tetap hidup.

Selain itu, skrining di bandara dan pelabuhan perlu diperluas. Upaya ini memastikan seluruh penumpang yang berasal dari luar negeri tidak ada gejala yang mengarah ke COVID-19.

"Bila terdapat demam, sebaiknya lakukan swab tenggorok atau pemeriksaan sputum (tanpa menunggu bukti terdapat pneumonia pada foto toraks) untuk dilakukan pemeriksaan coronavirus dengan PCR," tambah Zubairi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya