Jokowi: Vaksinasi Kedua Tidak Terasa, Langsung Aktivitas Kemana-Kemana

Presiden Jokowi sudah melaksanakan vaksinasi COVID-19 ke-2 pada Rabu, 27 Januari 2021, pagi pukul 08.40 WIB

oleh Fitri Syarifah diperbarui 27 Jan 2021, 08:57 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2021, 08:56 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19 Pertama di Indonesia
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) bersiap menjalani penyuntikan vaksin COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Vaksinator presiden adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan, Prof. dr. Abdul Muthalib, Sp.PD-KHOM. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan vaksinasi COVID-19 kedua di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Menurut Jokowi, tidak seperti dua minggu lalu atau pada vaksinasi pertama, vaksinasi COVID-19 kedua ini ia belum merasakan apapun.

"Sama seperti yang 2 minggu lalu, tidak terasa. Dulu 2 jam pegal-pegal. Sekarang sama saja, saya aktivitas kemana-mana juga," kata Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden di Youtube.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya menyatakan jika vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac yang digunakan Presiden Jokowi ini bisa menimbulkan efek samping ringan-sedang. Efek samping vaksin tingkat sedang yang ditimbulkan antara lain nyeri otot, pembengkakan, sakit kepala hanya 0,1 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini:


Jokowi sempat pegal-pegal

Pada awal disuntik dua minggu lalu, Jokowi mengaku sempat pegal-pegal. Efek pegal-pegal itu dirasakan Jokowi dua jam usai disuntik. Meski mengalami efek samping pegal-pegal, Jokowi berharap masyarakat bersedia divaskin. Menurut dia, vaksinasi Covid-19 ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyelesaikan pandemi.

"Ndak terasa apa-apa waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam agak pegal dikit. Agak pegal dikit," ujar Jokowi.


Infografis 4 Alur Meja Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Infografis 4 Alur Meja Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Alur Meja Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya