Ratusan Pasien Thalasemia, Hemofilia dan Kanker Jalani Vaksinasi COVID-19 di RSUD Tangerang

Setelah mendapat lampu hijau dari dokter, pasien dengan penyakit seperti thalasemia, hemofilia dan kanker di Tangerang disuntik vaksin Pfizer.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 01 Sep 2021, 20:17 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2021, 11:14 WIB
Salah satu pasien thalasemia menerima suntikan vaksin Pfizer di RSUD Tangerang. (Foto: Pramita)
Salah satu pasien thalasemia menerima suntikan vaksin Pfizer di RSUD Tangerang. (Foto: Pramita)

Liputan6.com, Tangerang Ratusan pasien thalasemia, hemofilia dan penyintas kanker, divaksinasi COVID-19 jenis Pfizer di RSUD Kabupaten Tangerang pada Rabu (1/9/2021).

Sejak pukul 07.00 WIB, para pasien sudah mengantre untuk mendapatkan vaksin asal Negeri Paman Sam tersebut. Seperti yang dilakukan Rinto Harahap (22), pasien thalasemia ini dengan sabar menunggu giliran.

"Saya sudah cuci darah tiga minggu lalu. Lalu, kata dokter yang menangani saya, harusnya aman untuk divaksinasi," tutur Rinto.

Rinto mengaku senang bisa mendapat giliran vaksinasi, sebab selama ini dia menanti-nanti. Dia pun mengaku tidak merasa sakit sedikit pun lantaran sudah terbiasa disuntik demi menjalani pengobatan.

"Enggak ada rasa sakit sama sekali, sudah biasa dengan jarum suntik, jadi ya enggak kerasa apa-apa," kata Rinto.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Vaksin Pfizer di RSUD Tangerang Diprioritaskan untuk Pasien Komorbid

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hemato onkologi Edi Sangsaragi yang mengawasi langsung vaksinasi untuk masyarakat berpenyakit bawaan, mengatakan memang untuk sebulan kedepan vaksinasi jenis Pfizer di RSUD Kabupaten Tangerang diutamakan untuk mereka yang berpenyakit bawaan atau komorbid.

"Programnya start dari kemarin sampai sebulan kedepan, mereka yang memiliki penyakit seperti thalasemia, hemofolia, kanker, HIV, jantung, dan lainnya di Provinsi Banten, bisa mendapatkan vaksinasi di RSUD Kabupaten Tangerang," ungkap Edi.

Caranya dengan menghubungi seluruh komunitas kanker, thalasemia dan sebagainya itu, lalu akan didaftarkan dan dijadwalkan, setelah itu diarahkan menuju RSUD Kabupaten Tangerang.

 


Kondisi Kesehatan Pasien Sebelum Divaksinasi

Bagi pasien thalasemia dipastikan dia tidak demam dalam kurun waktu tiga hari terakhir, HB tidak drop dan kesehatannya terjaga. Sementara pada pasien hemofilia, beberapa menit sebelum disuntikan vaksin, harus disuntikan obat agar tidak terjadi pembekuan darah pasca-vaksinasi.

"Untuk pasien kanker dipastikan mereka tidak sedang minum obat, tidak sedang menjalani treatmen penyembuhan atau kemoterapi, dan juga hanya dalam masa kontrol untuk mengendalikan kankernya itu,"kata Edi.

Makanya ditargetkan, ada ribuan pasien berkormobid se-Provinsi Banten yang mendapat vaksinasi Covid-19 jenis Pfizer di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Tiap hari itu ada 20 pasien thalasemia, targetnya seluruh berkormorbid bisa divaksinasi semua," ujarnya.


Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya