Pemulihan Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia Usai Berhasil Melaju ke Final Piala AFF 2020

Timnas Indonesia dipastikan melaju ke babak Final Piala AFF 2020

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 26 Des 2021, 13:27 WIB
Diterbitkan 26 Des 2021, 13:26 WIB
Asnawi Mangkualam - Timnas Indonesia - 25 Desember 2021
Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam memeluk Evan Dimas Darmono setelah mengalahkan Singapura 4-2 pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Singapura Stadium, Sabtu, 25 Desember 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil unggul 4-2 dari Singapura dalam pertandingan Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Sabtu malam, 25 Desember 2021.

Atas kemenangan tersebut, Timnas Indonesia dipastikan melenggang ke babak final AFF Suzuki Cup pada awal Januari 2022.

Permainan apik Timnas Indonesia, tidak lepas dari pantauan seorang Fisioterapis Olahraga, Asep Aziz SSt Ft, yang rutin mengecek kondisi fisik dan kesehatan seluruh pemain.

Usai berlaga semalam, pemain Timnas Indonesia mendapatkan pemulihan (recovery) kondisi fisik dengan beristirahat.

Selain istirahat, kata Asep, para pemain dipasikan mendapatkan nutrisi dan suplemen yang baik guna meningkatkan performa.

Bagi pemain Timnas Indonesia yang mengalami cedera ringan, mendapat treatment berupa fisioterapi dan obat-obatan dari dokter.

“Mereka juga mendapat sport massage (terapi pijat) untuk mengurangi kelelahan,” kata Asep kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks Minggu, 26 Desember 2021.

Simak Video Berikut Ini


Persiapan ke Pertandingan Selanjutnya

Untuk pertandingan selanjutnya, ada beberapa persiapan untuk memastikan kesehatan pemain.

Menurut Asep, dalam pertandingan kadang ada benturan yang mengakibatkan memar dan lain-lain. Hal ini perlu ditangani supaya tidak mengganggu performance di pertandingan berikutnya.

“Biasanya kita melakukan tes komposisi tubuh secara rutin untuk melihat persentase lemak, massa otot dan lain-lain. Selain itu, dicek juga bagaimana tingkat kelelahannya," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa para pemain juga diperiksa kondisi jantungnya menggunakan elektrokardiogram (EKG) dengan menggunakan alat EKG portable.


Merilis Stres

Menurut Asep, pertandingan yang menegangkan pasti membuat tingkat stres meningkat. Menyambut kemenangan dengan kegembiraan dan euforianya dapat dijadikan salah satu cara untuk merilis stres.

“Beruntung semua pemain bisa saling support satu sama lain. Euforia ada setelah tanding sebagai salah satu stress release karena juga banyak sekali pemain kita usianya masih muda," katanya.

Di sisi lain, pelatih Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan semua pihak termasuk pemain, staff pelatih, dan official. Ia pun meminta semuanya kembali fokus satu langkah lagi menjadi juara AFF untuk pertama kalinya bagi Indonesia.


Keberhasilan Indonesia

Sebelumnya, Indonesia berhasil menembus final Piala AFF 2020 setelah mendepak Singapura dengan agregat 5-3 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021).

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia meraih kemenangan 4-2 atas Singapura dalam duel bertajuk leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Kemenangan itu dijumlahkan dengan hasil leg pertama di mana Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 sehingga lolos dengan agregat 5-3.

Timnas Indonesia meraih kemenangan berkat gol yang dicetak Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), Shawal Anuar (90+1', bunuh diri), dan Egy Maulana Vikri (105+2'). Adapun gol Singapura dicetak Song Ui Young (45+4') serta Shahdan Sulaiman (74') mengutip Bola.com, Minggu (26/12/2021).

 

 


Infografis Piala AFF 2020 grup

Infografis Piala AFF 2020 grup
Infografis Grup Piala AFF 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya