Unggah Foto Stadion Manahan Solo, Gibran: Ada yang Batal tapi Bukan Puasa

Gibran Rakabuming Raka memberikan respons menyusul batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Salah satunya dengan mengunggah foto Stadion Manahan Solo.

oleh Diviya Agatha diperbarui 30 Mar 2023, 17:50 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 14:45 WIB
Gibran Rakabuming Raka
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan respons usai tahu Indonesia batal jadi Piala Dunia U-20 2023 sambil mengunggah foto Stadion Manahan Solo (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan respons menyusul batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Salah satunya terlihat dalam cuitannya di Twitter. Gibran mengunggah foto Stadion Manahan Solo yang sudah direnovasi, rencananya untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

"Ada yang batal tapi bukan puasa," cuit Gibran melalui akun @gibran_tweet sambil mencantumkan foto Stadion Manahan Solo, Kamis (30/3/2023).

Stadion Manahan Solo memang terlihat begitu indah dan siap pakai. Warganet yang melihat cuitan Gibran pun ramai-ramai memberikan komentar.

"Pecinta sepak bola hari ini puasa semua," tulis akun Twitter @p***e.

"Wkwkwk jangan sedih," kata akun @s***o menyemangati Gibran lewat cuitan Stadion Manahan Solo yang batal digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Gibran Sebut Stadion Manahan Solo Sudah Selesai Renovasi

Sebelumnya, Gibran sendiri sempat menyatakan kesiapan stadion tersebut untuk digunakan saat Piala Dunia U-20. Pernyataan itu diungkapkan oleh Gibran sebelum mendengar keputusan FIFA yang membatalkan perhelatan Piala Dunia usia muda itu di Indonesia. 

Gibran menyebut, renovasi sudah selesai dan tinggal melakukan stitching atau menyulam rumput di lapangan yang rencananya dilakukan pada pekan depan. Dalam kesempatan yang sama, Gibran mengungkapkan bahwa segala kegiatan promosi yang melibatkan partisipasi masyarakat juga sebenarnya sudah disiapkan.

"Kondisi renovasi Stadion Manahan Solo sudah selesai dan matang tinggal menunggu keputusan FIFA," kata Gibran Rakabuming Raka mengutip Regional Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gibran Semangati Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Foto: Tour de Stadium Erick Thohir ke Stadion Manahan, Layak Jadi Venue Final dan Penutupan Piala Dunia U-20 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyerahkan souvenir Piala Dunia U-20 2023 kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat mengunjungi Stadion Manahan, Solo, Minggu (12/3/2023). (Bola.com/Radifa Arsa)

Dalam cuitan berbeda, Gibran sempat berupaya menyemangati  Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pasalnya, Erick Thohir yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk menemui pihak FIFA ke Doha, Qatar untuk membicarakan Piala Dunia U-20 2023.

"RA USAH SEDIH. PAK @erickthohir WES NYIAPKE PLAN B & C," kata Gibran melalui cuitan semalam pada Rabu, 29 Maret 2023.

Tak hanya itu, ada pula warganet yang sempat menyebut bahwa ucapan Gibran keliru karena membicarakan Solo untuk Piala Dunia U-20 2023. Nampaknya, warganet satu ini belum tahu jika Stadion Manahan Solo rencananya akan digunakan untuk itu.

"Aneh kalo Gibran berbicara atas nama Solo, ini posisinya antar negara, sbg anak presiden kok buat statement sendiri maksudnya mo bilang Solo menerima kedatangan Israel," ujar seorang warganet.

"Kok tiba2 saya malah diblock sama orangnya. Padahal solo itu tuan rumah u20 dan dipilih sebagai venue untuk final. Ya wajar jika saya speak up," jawab Gibran merespons cuitan warganet tersebut.


Batalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Momen Saat Erick Thohir - Piala Dunia U-20 2023 - Stadion Manahan
Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC) Erick Thohir secara maraton meninjau stadion-stadion calon penyelenggara pertandingan turnamen FIFA dua tahunan tersebut. Sosok yang juga ketua umum PSSI itu mengunjungi Stadion Manahan, Solo, Minggu (12/3/2023). (foto: Istimewa)

Layaknya nasi yang telah menjadi bubur, FIFA secara resmi telah mengumumkan batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dunia sepak bola Tanah Air beserta para pencintanya tentu mengalami kekecewaan mendalam.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menemui FIFA akhirnya harus pulang tanpa kabar baik. Erick Thohir mengaku sudah berjuang semaksimal mungkin saat bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar pada Rabu, 29 Maret 2023.

 "Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir melalui keterangan yang diterima Liputan6.com.

Sebelumnya, Erick Thohir pun telah menjelaskan bahwa sebagai anggota FIFA, Indonesia harus mengikuti aturan apapun yang ditetapkan meski telah menjelaskan semua pesan-pesan yang dititipkan padanya.

"Saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," kata Erick Thohir.  


Warganet Minta Tolong hingga Beri Semangat pada Erick Thohir

Foto: Wajah Lesu Pemain Timnas Indonesia U-20 Sebelum Ketua PSSI Bertemu Presiden FIFA Bahas Piala Dunia
Ketua PSSI, Erick Thohir, bersama pemain Timnas Indonesia U-20 menonton laga Timnas Indonesia melawan Burundi pada pertandingan kedua FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023). Dengan adanya pembatalan tersebut, Timnas Indonesia U-20 dipastikan gagal berlaga di Piala Dunia U-20 tahun ini. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Usai pengumuman mengecewakan itu diketahui masyarakat, salah seorang warganet ternyata ada yang menyampaikan permintaan tolong pada Erick Thohir untuk memulihkan mental para pemain Timnas U-20.

"Pak, bantu pulihkan mental adik-adik kita para pemain Timnas U-20. Kita semua kecewa tapi saya yakin tidak ada yang lebih kecewa dari mereka," ujar pemilik akun @jamaluddin8248 dalam kolom komentar Instagram Erick Thohir.

Selain itu, di tengah banyaknya komentar berisi amarah di Instagram terverifikasi milik Erick Thohir, ada pula warganet yang memberikan semangat dan mengucapkan terima kasih padanya.

"Semangat ya pak @erickthohir. Saya tahu dari raut muka Anda sepertinya telah lelah dengan semua persoalan bangsa ini. Tetapi Anda tetap tegar dan tersenyum seolah-olah semua baik-baik saja," tulis akun @y***2.

Infografis Jalan Panjang dan Persiapan Indonesia Gelar Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jalan Panjang dan Persiapan Indonesia Gelar Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya