Virus COVID-19 Paling Bermutasi Ditemukan di Indonesia, Apa Perlu Dikhawatirkan?

Epidemiolog mengatakan potensi serius amat kecil dari virus COVID-19 varian Delta paling bermutasi.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 15 Jan 2024, 16:13 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2023, 13:45 WIB
Ilustrasi varian COVID-19, omicron
Ilustrasi ilmuwan temukan varian COVID-19 Delta yang paling bermutasi pada pasien di Jakarta, Indonesia. (PHoto by brgfx on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Peneliti temukan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 paling bermutasi di Indonesia. Varian Delta dengan mutasi terbanyak ini ditemukan berdasarkan hasil pengumpulan swab pasien COVID-19 di Jakarta.

Ditemukan 113 mutasi dari varian Delta yang ditemukan itu. Sebagai perbandingan, Omicron 'hanya' mengalami 50 mutasi. Sehingga peneliti menyebut strain yang belum diberi nama itu adalah strain virus COVID-19 yang paling ekstrem yang pernah diketahui seperti ditulis di Daily Mail.

Namun, hingga kini belum diketahui infektivitas strain tersebut yakni dalam menginfeksi ke orang-orang lain

Epidemiolog yang juga peneliti Global Health Security Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan agar masyarakat tidak khawatir. 

"Meski ada mutasi lebih dari 100 tapi tidak usah khawatir meski tidak bisa dianggap enteng," kata Dicky.

Dicky menilai hingga saat ini potensi serius dari temuan virus Delta dengan paling bermutasi itu amat kecil. Dicky tidak melihat strain tersebut tidak akan berdampak parah seperti saat varian Delta di 2021.

"Kalau bicara dampak ini serius, saya melihatnya tidak," kata Dicky.

Berbeda halnya, bila strain tersebut muncul pada 2021 atau awal 2022, mungkin saja bisa berbahaya. Namun, dalam kondisi saat ini, Dicky memprediksi tidak terlalu membahayakan.

Secara teoritis dan empiris, hanya kecil kemungkinan mengembalikan kondisi seperti di awal pandemi COVID-19.

"Tidak mudah bagi virus yang bukan baru untuk menimbulkan dampak lebih serius," terang Dicky. 

Sampai saat ini, Dicky melihat imunitas dari masyarakat Indonesia baik karena terkena COVID-19 secara alami maupun vaksinasi masih memadai.

"Dua hal yang dikhawatirkan yakni kematian dan keparahan masih bisa kita hindari dengan modal imunitas yang ada saat ini," kata Dicky lewat pesan suara pada Senin (31/7/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perlu Jadi Warning

Ahli epidemiologi Dicky Budiman
Ahli epidemiologi Dicky Budiman. Foto: Dokumentasi pribadi.

Meski tidak melihat potensi serius, Dicky mengingatkan bahwa temuan varian Delta yang paling bermutasi ini jadi warning atau peringatan.

"Berarti dunia termasuk Indonesia memang masih memerlukan upaya mitigasi dengan cara memakai masker, melakukan perbaikan kualitas udara dalam dan luar ruangan dan vaksinasi primer serta booster untuk kelompok rawan," tuturnya.

 


Tanggapan Kemenkes

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Mohammad Syahril saat ditemui di Gedung Kemenkes RI Jakarta. (Dok Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Mohammad Syahril menanggapi, yang namanya COVID, apa pun variannya, baik varian Delta dan turunannya maupun Omicron beserta "anakannya" masih ada.

Selanjutnya, masyarakat juga tak perlu cemas dengan varian virus Corona yang muncul, terlebih lagi vaksinasi COVID sudah berjalan. Diharapkan masyarakat juga dapat melengkapi status vaksinasi demi perlindungan.

"Sepanjang vaksin berjalan dengan baik, saya rasa tidak perlu dicemaskan varian COVID apa pun yang muncul. Kecuali perbedaan dengan varian juga vaksin sudah besar, misalnya lebih dari 50 persen (perbedaan efektivitasnya)," terang Syahril.


Kemenkes Belum Miliki Data soal 113 Mutasi pada Delta

Menyoal laporan ilmuwan yang mengatakan, turunan versi varian Delta memiliki 113 mutasi unik dibandingkan Omicron, bagaimana data di Indonesia sendiri?

Mohammad Syahril menjawab, sampai sejauh ini data Kemenkes belum merinci lebih lanjut soal seberapa banyak jumlah turunan varian Delta. Ia juga belum bisa menjawab, apakah turunan Delta lebih banyak ketimbang Omicron.

"Belum ada data seperti itu," lanjutnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya