Bukan Jakarta, Kota Paling Berpolusi di Indonesia Kini di Mempawah Kalbar

Kualitas udara di Jakarta masih menjadi sorotan banyak orang, umumnya kita hanya tahu Jakarta kota paling berpolusi di Indonesia. Namun faktanya ternyata Jakarta berada di urutan ke dua setelah Mempawah menjadi kota pertama paling berpolusi di Indonesia.

oleh Ruli Ananda Putri diperbarui 19 Agu 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2023, 08:00 WIB
Polusi Udara Jakarta
Tujuan WFH dan hybrid working juga diharapkan dapat mengurangi polusi udara. Hal ini berkaitan dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi para pekerja ke kantor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara di Jakarta terus menjadi sorotan banyak orang, karena dianggap paling berpolusi di Indonesia. Namun faktanya kini ibukota Indonesia tersebut berada di urutan ke dua setelah Mempawah menjadi kota pertama paling berpolusi di Indonesia menurut Real Time Indonesia Most polluted city ranking.

Kota Mempawah adalah kota kecil yang jika dilihat melalui peta Indonesia berada di pinggir pesisir pantai provinsi Kalimantan Barat. Meskipun kota ini masih dikelilingi aneka ragam hayati, banyak faktor yang menyebabkan Mempawah memiliki kualitas udara yang buruk.

Menanggapi polusi ini, dokter spesialis anak Darmawan B. Setyanto mengatakan, polusi ini sebenarnya masalah lama.

"Tidak hanya dari manusia, alam juga bisa memberikan polusi. Seperti ledakan gunung berapi dan kebakaran hutan misalnya. Tidak hanya itu, perternakan juga bisa menghasilkan polusi. Namun faktor tertinggi polusi tetap berasal dari ulah manusia, asap kendaraan, asap pabrik, dan pembakaran sampah menjadi penyumbang polusi paling nyata," katanya dalam diskusi media, ditulis Sabtu (19/8/2023).

Namun, kata dia, anak-anak lebih berisiko besar menghirup udara (kotor) akibat polusi, berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu anak-anak lebih rentan terkena penyakit karena menghidup lebih banyak zat-zat polutan yang berasal dari udara.

"Semakin muda usianya, maka semakin besar atau kerusakan pada tubuhnya," ungkap Darmawan.

 


Ratusan Anak Meninggal Akibat Polusi

Berdasarkan risetnya, Darmawan menyebut 800.000 anak per tahunnya meninggal akibat polusi udara. Artinya, masalah polusi udara sangat krusial untuk kesehatan anak-anak, karena membunuh secara perlahan.

Parahnya, polusi udara juga bisa berdampak pada stunting dan terganggunya sistem imun anak.

Polusi udara luar dan dalam ruangan juga menyebabkan penyakit pernapasan dan penyakit lainnya seperti asma, jantung, pari-paru.

Word Health Organization (WHO) menunjukan bahwa hampir seluruh dunia 99% menghirup udara yang melebihi batas pedoman WHO yang mengandung polutan yang tinggi.

 


10 Kota Dengan Polusi Terburuk di Indonesia

Level Kualitas udara
Level kualitas udara menurut WHO (IDAI/Ruli Ananda Putri)

Pada acara tersebut IDAI menyorot kota-kota besar di Indonesia yang masuk kedalam kategori udara teburuk di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempawah, Kalimantan Barat dengan AQI 167 (merah)
  2. Jakarta dengan AQI 152 (merah)
  3. Tangerang Selatan, Banten AQI 152 (merah)
  4. Tangerang, Banten AQI 134 (orange)
  5. Serang, Banten AQI 127 (orange)
  6. Terentang, Kalimantan Barat AQI 120 (orange)
  7. Pontianak, Kalimantan Barat AQI 119 (orange)
  8. Bandung, Jawa Barat AQI 105 (orange)
  9. Pekanbaru, Riau AQI 96 (kuning)
  10. Jambi AQI 86 (kuning)

Itu adalah deretan kota di Indonesia dengan polusi terburuk, beruntung tidak pada angka yang melebihi 200 - 300 AQI level. Perlu diketahui, AQI tidak sehat dengan level 200 - 300 yang berwarna ungu dan cokelat. 

Untuk mengantisipasinya, perlu langkah langkah yang pasti untuk mengurangi udara yang memburuk. Seperti mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, tidak membakar sampah, berhemat menggunakan barang-barang yang cara pembuatannya menyebabkan polutan. Langkah kecil tersebut jika dilakukan secara serentak akan berdampak positif secara signifikan.


Upaya Menghindari Polusi Udara

Polusi udara adalah kontaminasi lingkungan dalam atau luar ruanganoleh bahan kimia, fisik, atau biologis. Apapun itu yang mengubah karakteristik alami dari atmosfer. Alat pembakaran rumah tangga, kendaraan bermotor, fasilitas industri dan kebakaran hutan adalah sumber umum polusi udara.

Artinya kemanapun manusia berada, maka akan menghirup udara yang terdapat polutan di dalamnya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, perlu lakukan upaya berikut ini:

  1. Tinggalkan kendaraan dirumah
  2. Gunakan transportasi umum
  3. Beralih ke kendaraan listrik
  4. Berjalan kaki atau bersepedah
  5. Pilih rute yang bersih dari asap
  6. Pakai masker kemana pun pergi
  7. Kurangi pembakaran
  8. Cukup buka celah ventilasi rumah
  9. Jangan merokok
Infografis Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Sedunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Sedunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya