5 Cara Ampuh Mengatasi Mata Kering, Jangan Pakai Obat Tetes Sembarangan

Mata kering tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga bisa merusak penglihatan Anda, begini cara mengatasinya.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 12 Jun 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Sakit Mata (sumber: unsplash)
Ilustrasi mata kering dan cara mengatasinya (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Mata kering bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga bisa mengganggu penglihatan Anda. Perawatan dan beberapa tindakan sederhana diperlukan untuk meredakan mata kering.

Terkadang, mata kering menyebabkan terlalu banyak air mata yang dikeluarkan. Tubuh menanggapi hal itu dengan mengeluarkan air mata untuk mencoba mengatasi kekeringan tersebut.

Penyebab mata kering terkadang karena ada kekurangan keseimbangan dalam sistem aliran air mata. Bisa juga karena AC, pemanas, atau benda lain di sekitar Anda dapat mengeringkan lapisan air mata Anda. Penyebab lainnya antara lain:

  • Proses penuaan alami, khususnya menopause
  • Efek samping obat-obatan tertentu seperti antihistamin
  • Penyakit yang memengaruhi kemampuan Anda mengeluarkan air mata, seperti sindrom Sjogren, artritis reumatoid, dan penyakit pembuluh darah kolagen
  • Masalah yang tidak memungkinkan kelopak mata Anda menutup sebagaimana mestinya

Dalam mengobati mata kering, ada beberapa langkah berikut ini yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari WebMD pada Selasa, 11 Juni 2024.

1. Gunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata yang disebut air mata buatan meniru air mata asli Anda. Biasanya itulah yang pertama kali disarankan oleh dokter. Anda dapat memilih dari banyak merek yang dijual bebas di toko obat.

Obat tetes memiliki bahan tanpa pengawet dan yang mengandung pengawet. Jika Anda menggunakan air mata buatan empat kali atau lebih dalam sehari, pilihlah yang tanpa pengawet, karena ini dapat mengiritasi mata Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kompres Air Hangat

Terkadang, mata kering itu karena kelenjar minyak di tepi kelopak mata meradang dan tersumbat oleh minyak yang mengeras. Dengan bantuan suhu hangat, bisa membantu sehingga dapat mengalir dengan bebas kembali.

Coba kompres mata Anda menggunakan waslap atau kain basah yang hangat ke area tersebut selama 30 detik sampai 4 menit. Lakukan ini dua kali sehari ketika Anda mengalami gejala mata kering dan sekali sehari untuk mencegah masalahnya datang kembali.

3. Pijat Mata Lembut

Melakukan pijat mata dapat membantu mendorong kelenjar minyak yang meradang menjadi lebih baik sehingga mata kering bisa mereda. Berikut cara melakukannya:

Dengan mata tertutup, pijat lembut kelopak mata Anda dengan memutar jari telunjuk dalam gerakan memutar.Ambil kapas dan gulung ke bawah kelopak mata atas ke arah bulu mata dan tepi kelopak mata.Untuk memijat kelopak mata bawah, gerakkan jari atau usap ke arah garis bulu mata.Ulangi ini 5-10 kali. 


4. Kurangi Melihat Layar Gadget

 

Menggunakan komputer, ponsel, atau tablet dapat membuat mata menjadi kering. Hal ini karena ketika saat mata tertuju untuk melihat layar gadget terlalu lama, mata Anda akan lebih sedikit berkedip.

Mengurangi melihat layar gadget ini bisa dilakukan dengan menerapkan aturan 20/20/20, yaitu dengan beristirahatlah selama 20 detik dari perangkat digital setiap 20 menit ,dan lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki.

Gunakan obat tetes mata jika diperlukan saat Anda merasakan gejala mata kering saat menggunakan perangkat gadget Anda.

5. Jangan Terlalu Sering Pakai Softlens

Menggunakan softlens atau lensa kontak terlalu sering dan lama, terkadang bisa membuat mata menjadi kering. Jika lensa kontak Anda membuat mata Anda terasa kering terus menerus, cobalah untuk beralih ke jenis lain.

Jika berkonsultasi ke dokter, mereka mungkin menyarankan untuk memakainya dalam waktu yang lebih singkat. Anda mungkin perlu memakai kacamata jika kekeringan matanya menjadi parah.


6. Obat Resep Dokter

Terkadang, menggunakan obat tetes mata saja tidak cukup dan mata kering bisa berlangsung lama (kronis). Jika ini terjadi, coba konsultasikan ke dokter Anda.

Dokter mungkin akan menyarankan obat yang telah diresepkan. Obat ini akan membantu memperbanyak produksi air mata dengan menenangkan peradangan pada kelenjar air mata.

Salah satu obat tetes mata yang baru adalah lifitegrast (Xiidra). Obat ini juga bisa mengurangi peradangan dan memperbaiki tanda serta gejala mata kering. Anda akan menggunakan obat tetes ini dua kali sehari sesuai dengan resep dokter.

Jika mata kering Anda sangat serius, dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata steroid untuk meredakan peradangan dengan cepat. Namun, obat tetes ini hanya digunakan untuk waktu yang singkat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya