Stres pada Ibu Hamil Berbahaya Buat Anaknya

Dalam sebuah penelitian terbaru di Kanada, menyebutkan, wanita hamil yang stres cenderung akan melahirkan anak obesitas

oleh Fitri Syarifah diperbarui 09 Des 2013, 20:00 WIB
Diterbitkan 09 Des 2013, 20:00 WIB
hamil-2-131122b.jpg
Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Rumah Sakit St Michael, Toronto, Kanada disebutkan bahwa wanita hamil yang mengalami stres cenderung akan melahirkan anak obesitas.

Yang mengejutkan, data ini menyebutkan, wanita hamil bisa membuat anaknya tujuh persen lebih gemuk dibanding wanita hamil yang tingkat stresnya lebih rendah.

Tak hanya itu, anak-anak yang memiliki ibu dengan tingkat stres yang tinggi, rata-rata memiliki Body Mass Index (BMI) sekitar dua persen lebih tinggi daripada anak yang orangtuanya memiliki tingkat stres lebih rendah.

Salah satu peneliti, Dr Ketan Shankardass mengingatkan bahwa wanita hamil yang mengalami stres ia akan membawa masalah kesehatan anak-anak di kemudian hari.

"Kondisi anak akan terbentuk karena ibu dan bayi saling terkoneksi. Tinggal bagaimana cara Anda menghadapi stres yang dipengaruhi juga oleh makanan dan seberapa aktif kita," kata Ketan, seperti dikutip laman Dailymail, Senin (9/12/2013).

Ketan mengatakan, meskipun hubungan antara stres dan obesitas belum jelas, namun wanita hamil mungkin dapat  mengubah perilakunya ketika sedang stres. Misalnya tidak makan junk food dan mulai menyiapkan makanan sehat.

(Fit/Abd)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya