Pengertian Visi adalah Pandangan atau Wawasan ke Depan, Ini Penjelasan Para Ahli

Visi adalah segala hal yang berhubungan dengan tujuan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 02 Agu 2022, 09:45 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2022, 09:45 WIB
Pengertian dan Sejarah Ideologi
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Namera

Liputan6.com, Jakarta - Apa pengertian visi itu? Memahami pengertian visi adalah hal-hal yang berhubungan dengan tujuan dan segala yang ingin di capai di masa depan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian visi adalah pandangan atau wawasan ke depan.

Visi adalah sesuatu yang bersifat umum atau tidak spesifik. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, isi sesuai pengertian visi adalah tujuannya tak lain untuk menciptakan motivasi, menginspirasi, sekaligus mengupayakan kontribusi untuk suatu hal.

Cara membuat visi adalah sama dengan membuat tujuan hidup atau tujuan tertentu. Sebuah visi sesuai dengan pengertian visi adalah hanya terdiri dari satu kalimat, tidak lebih dari satu paragraf, serta ringkas dan jelas.

Apa perbedaan visi dan misi itu? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang visi, pengertian visi menurut para ahli, serta perbedaan visi dan misi, Selasa (2/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Visi adalah Pandangan atau Wawasan ke Depan

Magic of Thinking Big (David Schwartz)
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Andrea

Memahami pengertian visi adalah berhubungan dengan pandangan atau wawasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan. Pengertian visi adalah pandangan atau wawasan ke depan.

Pandangan lain menyebut pengertian visi adalah berhubungan dengan alarm untuk individu mampu lebih eksis, antisipatif, dan inovatif. Sebuah visi sesuai dengan pengertian visi adalah pasti akan berubah seiring dengan perkembangan zaman karena perkembangan ilmu pengetahuan.

Pengertian visi adalah berisikan impian, cita-cita, dan nilai yang dianut untuk masa depan dengan jangka waktu tertentu. Visi adalah Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, tidak hanya penting dimiliki sebuah organisasi atau instansi berdiri, melainkan visi penting pula dimiliki oleh setiap individu untuk menjalani kehidupannya.

Isi sesuai pengertian visi adalah tujuannya tak lain untuk menciptakan motivasi, menginspirasi, sekaligus mengupayakan kontribusi untuk suatu hal. Sebuah visi sesuai dengan pengertian visi adalah hanya terdiri dari satu kalimat, tidak lebih dari satu paragraf, serta ringkas dan jelas.


Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Membaca Buku Bisnis
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Christian

Apabila sudah memahami secara umum, pengertian visi adalah pandangan atau wawasan ke depan, selanjutnya pahami pengertian visi menurut para ahli. Ini pengertian visi menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Visi Menurut Djamaludin Ancok

Pengertian visi adalah statement yang berisi arahan yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan oleh suatu organisasi di masa depan.

2. Pengertian Visi Menurut Burt Nanus

Pengertian visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.

3. Pengertian Visi Menurut Arry Akhmad Arman

Pengertian visi adalah pernyataan yang mendefinisikan sesuatu yang ingin dicapai individu atau sebuah organisasi di masa depan.

4. Pengertian Visi Menurut Wibisono

Pengertian visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan.

5. Pengertian Visi Menurut A. Aditya

Pengertian visi adalah pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa mendatang.

6. Pengertian Visi Menurut Indrakaralesa

Pengertian visi adalah refleksi berbagai keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang berbagai hal, termasuk tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.

7. Pengertian Visi Menurut Mita B. H

Pengertian visi adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa yang akan datang.

8. Pengertian Visi Menurut LAN, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Pengertian visi adalah berkaitan dengan pandangan masa depan, menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat bekerja secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif.

9. Pengertian Visi Menurut Dictionary of Language and Culture

Pengertian visi adalah kemampuan memandang; kemampuan memahami apa yang akan diwujudkan di masa yang akan datang, ide yang ada dalam angan-angan tentang sesuatu.

10. Pengertian Visi Menurut H. Dawan Rahardjo

Pengertian visi adalah bayangan tentang masa depan organisasi, baik itu perusahaan atau lembaga.

11. Pengertian Visi Menurut Kotler

Pengertian visi adalah enjelasan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan jasa yang disodorkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, tim masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta harapan dan cita-cita masa depan.

12. Pengertian Visi Menurut Gaffar

Pengertian visi adalah daya pandang yang jauh, mendalarn dan meluas, merupakan daya fikir abstrak yang memiliki kekuatan amat dahsyat dan dapat rnenerobos segaia batas-batas fisik, waktu dan tempat.

13. Pengertian Visi Menurut Aditya

Pengertian visi adalah Sebuah perspektif mandalam untuk masa mendatang mengenai perusahaan, tujuan perusahaan dan hal ini yang mesti di laksanakan agar tujuan itu tercapai.

14. Pengertian Visi Menurut Arman

Pengertian visi adalah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang.

15. Pengertian Visi Menurut J.B. Whittaker

Pengertian visi adalah gambaran masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan.

16. Pengertian Visi Menurut Sinamo

Pengertian visi adalah apa yang didambakan organisasi untuk “dimiliki” atau diperoleh di masa mendatang.


Penjelasan Perbedaan Visi dan Misi

Membantu Atasi Stres
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Alexandra

Apabila sudah memahami pengertian visi, kemudian pahami perbedaan visi dan misi yang saling melengkapi ini. Pengertian visi adalah pandangan atau wawasan ke depan. Sementara pengertian misi adalah lebih spesifik daripada visi.

Pengertian misi adalah berisi arah sekaligus batasan untuk mencapai visi atau tujuan sebenarnya. Isi sesuai pengertian misi adalah berisikan pernyataan tentang hal-hal yang harus dikerjakan, ini sama dengan langkah kecil untuk mencapai tujuan.

Ada sepuluh perbedaan visi dan misi yang perlu diketahui. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber ini perbedaan visi dan misi:

1. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Sementara misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.

2. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan. Sementara misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.

3. Perbedaan visi dan misi, yakni visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Sementara misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. Biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.

4. Perbedaan visi dan misi, yakni visi lebih bersifat jangka panjang. Sementara misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.

5. Perbedaan visi dan misi, yakni visi dibuat untuk masa depan dan bersifat secara umum. Sementara misi dibuat untuk masa kini atau saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.

6. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah ide dalam angan-angan, sementara misi adalah tindakan strategis untuk meraih sebuah visi.

7. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah menumbuhkan komitmen dan semangat kerja. Sementara misi adalah menjadi titik utama bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah.

8. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah pembentukan dan pembangunan budaya dalam perusahaan (Corporate culture). Sementara misi adalah menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum.

9. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah menjembatani keadaan perusahaan masa sekarang dan masa depan. Sementara misi adalah landasan perencanan bisnis yang akan dikembangkan.

10. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah upaya menumbuhkan standar prima dalam sebuah pekerjaan. Sementara misi adalah membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang sesuai keputusan yang sesuai tujuan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya