12 Wisata Kalimantan Selatan Terbaik, Menarik dan Memacu Adrenalin

Rekomendasi tempat wisata Kalimantan Selatan yang wajib dikunjungi.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 28 Okt 2022, 16:20 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 16:20 WIB
6 Destinasi Wisata Berpemandangan Menakjubkan yang Jadi Bukti Indonesia is Wonderland
Bukit Langara yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan (dok. meratusgeopark.org)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kalimantan Selatan terkenal dengan destinasi wisata sungai yang tidak hanya indah, namun juga menantang. Selain destinasi wisata berupa sungai, nyatanya wisata Kalimantan Selatan juga menyimpan banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah indah dan menawan, yang sayang untuk dilewatkan.

Selain sungai, area Kalimantan Selatan juga didominasi dengan perbukitan dan hutan yang tidak kalah memukau. Wisata Kalimantan Selatan juga memiliki destinasi wisata religi, sejarah, edukasi dan kuliner yang wajib anda kunjungi. Masih belum banyak diketahui banyak wisatawan, wisata Kalimantan Selatan menghadirkan tempat wisata yang asri dan alami.

Menyimpan banyak destinasi wisata yang indah, wisata Kalimantan Selatan cocok bagi anda yang ingin mencari suasana dan petualangan baru, yang tidak hanya menantang namun juga tidak terlupakan. Menghabiskan waktu di Kalimantan Selatan akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan bisa ditemukan ditempat lain.

Untuk referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022). Rekomendasi tempat wisata Kalimantan Selatan yang wajib dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wisata Kalimantan Selatan Terbaik

[Bintang] Banjarmasin
Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin, Indonesia. (indonesia-tourism.com)

1. Pasar Apung Muara Kuin

Wisata Kalimantan Selatan pertama yang wajib anda kunjungi adalah pasar terapung di muara Sungai Barito. Pasar terapung ini menjadi salah satu keunggulan pariwisata di kota Banjarmasin. Proses jual beli berlangsung di atas kapal, kegiatan ini sudah ada selama 400 tahun dan masih terus digarap.

Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan mulai dari hasil pertanian, makanan hingga pakaian. Untuk melihat aktivitas di pasar ini anda harus datang di pagi hari karena pasar ini hanya buka dari jam 5 pagi sampai jam 7 pagi. 

 

2. Pulau Kembang

Wisata Kalimantan Selatan yang kedua adalah sebuah pulau di tengah Sungai Barito. Pulau Kembang adalah sebuah pulau di tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini merupakan habitat kera dan berbagai jenis burung. Menurut penduduk, ada monyet besar di pulau ini yang merupakan raja monyet.

Hati-hati dengan barang bawaan anda selama berkunjung ke pulau kembang. Monyet sering penasaran dan ingin melihat apa yang anda bawa. Menariknya, ada pura dan altar dengan patung kera putih atau Hanoman di pulau ini. Altar ini, yang digunakan oleh masyarakat China, digunakan untuk kurban pada waktu-waktu tertentu.

 

3. Taman Siring Sungai Martapura 

Wisata Kalimantan Selatan yang selanjutnya adalah tempat berkumpulnya anak muda yang selalu ramai di sore hari. Taman Siring Sungai Martapura sendiri menjadi salah satu tempat berkumpulnya anak-anak kecil setelah seharian beraktivitas.

Di sini juga menjadi salah satu spot mancing yang sangat disukai. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan, tersedia juga bangku untuk duduk atau bersantai sambil menikmati berbagai hidangan kuliner.


Wisata Kalimantan Selatan Terbaik

Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan
Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan. (dok.Instagram @infokotabaru/https://www.instagram.com/p/CWLVo8rhEpp/Henry)

4. Taman Maskot

Taman maskot menjadi salah satu tempat wisata Kalimantan Selatan yang layak untuk dikunjungi. ada dua maskot Banjarmasin, bekantan dan pohon kasturi. Di pintu masuk anda akan disambut oleh patung musk dengan monyet gantung.

Di sebelah kanan gerbang masuk rumah tanaman dengan banyak kaktus, lidah buaya dan berbagai jenis tanaman lainnya di dalam pot. Untuk fasilitas, Taman Maskot dilengkapi dengan tempat parkir, mushola, toilet, bangku taman, warung dan taman bermain anak. 

 

5. Museum Wasaka

Museum Wasaka merupakan salah satu tempat wisata Kalimantan Selatan yang menawarkan nilai sejarah. Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja ke Kaputing. Waja ke Kaputing adalah semboyan perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Arsitektur bangunannya adalah rumah adat Banjarmasin berupa mimbar dengan atap yang tinggi.

Di sini anda akan menemukan koleksi foto, mesin tik, seragam tempur dan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah seperti keris Belanda dan senjata api sitaan. Selain itu, ada sepeda tua yang digunakan untuk mengirim surat secara sembunyi-sembunyi. Disini juga ada teks proklamasi dibuat pada 17 Mei 1949. 

 

6. Arung Jeram di Sungai Amandit

Arung jeram di Sungai Amandit menjadi lokasi yang wajib dikunjungi bagi anda yang mencari adrenalin. Rifting disini berbeda dengan rifting pada umumnya karena menggunakan bambu. Perjalanan arung jeram berakhir di desa Tanuhi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sepanjang perjalanan kami menemui beberapa tantangan, mulai dari arus deras hingga bebatuan besar. Tes adrenalin yang sesungguhnya. Tapi jangan khawatir, meski terbuat dari konstruksi bambu, kapal rakit ini dijamin aman.


Wisata Kalimantan Selatan Terbaik

Potret salah satu Air Terjun Bajuin yang berada di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.
Potret salah satu Air Terjun Bajuin yang berada di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. (dok. dispar.tanahlautkab.go.id)

7. Pantai Jodoh

Wisata Kalimantan Selatan yang selanjutnya adalah Pantai Jodoh. Pantai Jodoh merupakan salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini merupakan salah satu tempat menarik di Taman Siring.

Tempat ini cocok untuk menikmati sore hari dengan semilir angin yang sepoi-sepoi karena namanya yang unik menarik banyak pengunjung, pantai ini juga dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Fasilitas yang disediakan pun lengkap untuk menjaga kenyamanan pengunjung.

 

8. Air Terjun Bajuin

Air terjun Bajuin terletak di Jl Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari, sekitar 10 km dari ibu kota Kabupaten Tanah Laut dan sekitar 75 km dari Banjarmasin. Air terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang eksotis dan indah serta udaranya yang masih sangat sejuk karena banyaknya pepohonan. 

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Di sini juga terdapat sejumlah jenis burung dan anggrek hutan. Kawasan sekitar juga telah dikembangkan menjadi ekowisata alam seperti tracking, climbing, hiking. Ada juga danau batu alam di yang terletak tidak jauh dari tempat parkir.

 

9. Bukit Langgara 

Wisata Kalimantan Selatan yang berikutnya adalah Bukit Langgara. Anda dapat mulai mendaki dari pos keamanan pertama dan menempuh perjalanan dengan melewati jalan batu. Dibutuhkan sekitar 30 menit perjalanan untuk mencapai puncak.

Ada baiknya bagi wisatawan yang tertarik untuk berlibur ke sini, mendaki dengan menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman. Saat sampai di puncak bukit, anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah seperti aliran sungai dan dinding batu yang indah.


Wisata Kalimantan Selatan Terbaik

Banjarmasin
Masjid bersejarah Sultan Suriansyah yang bisa dilihat saat wisata susur sungai ke Pasar Kembang. Foto diambil menggunakan Oppo F5 (Liputan6.com/Novi Nadya)

10. Pulau Gelap

Wisata Kalimantan Selatan yang selanjutnya adalah pulau gelap yang ada di kabupaten sebuku, kabupaten kotabaru, kalimantan selatan.  Untuk mencapai pulau cantik ini, wisatawan harus menyewa speedboat dari pelabuhan Samudera, Kabupaten Batulicin. Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan. 

Pulau ini juga menjadi tempat favorit untuk diving dan snorkeling, ditambah lagi pantai berpasir lembut dan ombak yang relatif tenang menjadi alasan kami berlibur ke pulau yang keindahan bawah lautnya indah. Selain itu, pulau ini juga memiliki tempat untuk konservasi penyu. 

 

11. Bukit Rimpi Pelaihari

Wisata Kalimantan Selatan selanjutnya adalah Bukit Rimpi Pelaihari yang juga dikenal dengan Bukit Teletubies. Bukit ini tidak hanya indah, tapi juga menyejukkan mata setiap orang yang datang, pasalnya bukit ini ditumbuhi sabana hijau berhiaskan sepetak rerumputan dengan pemandangan yang sangat indah.

Disebut Bukit Teletubies karena sangat mirip dengan bukit di film Teletubies. Siapapun yang datang akan dibuat takjub dengan keindahan panorama di sekitarnya yang berasa seperti Selandia Baru. Bukit Rimpi juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya panorama matahari terbit di pagi hari.

 

12. Masjid Sultan Suriansyah 

Masjid Sultan Suriansyah merupakan tempat wisata Kalimantan Selatan dengan konsep wisata religi. Bagi anda yang beragama Islam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu situs sejarah yang kental dengan nilai-nilai Islam ini. Masjid yang juga dikenal dengan Masjid Kuin ini dibangun pada tahun 1526-1550. Masjid Suriansyah merupakan masjid tertua di Banjarmasin. 

Masjid ini merupakan bangunan berbentuk panggung, sama seperti bangunan pada umumnya di Banjarmasin, terlebih lagi masjid ini juga memiliki ukiran khas Kalimantan Selatan dan atap yang tumpang tindih. Beberapa bagian masjid menyerupai Masjid Agung Demak, terutama pada bagian atap teras dan mengerucut ke atas. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya