Diagonal adalah Garis Miring, Ketahui Jenis Garis Lain Beserta Manfaatnya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diagonal adalah berhubungannya dua titik sudut yang tidak bersebelahan dalam suatu segi empat.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 26 Des 2022, 17:45 WIB
Diterbitkan 26 Des 2022, 17:45 WIB
zebra cross
Diagonal Crosswalk

Liputan6.com, Jakarta Secara sederhana diagonal adalah garis miring. Garis menjadi salah satu medium dalam seni rupa, termasuk Garis diagonal. Selain garis diagonal adda juga garis horizontal, dan vertikal.

Garis merupakan sekumpulan titik-titik yang sejajar dan sama besar dan berjajar sedemikian rupa sehingga suatu dimensi memanjang yang menonjol memiliki arah. Dimensi tersebut menghasilkan bentuk yang beragam, mulai dari panjang, pendek, halus, tebal, melengkung, lurus dan masih banyak lagi. Garis diagonal adalah garis miring.

Dalam seni garis diagonal memberi kesan dinamis yang dapat menjadi keunikan dari sebuah karya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang garis diagonal dan jenis garis lain yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (26/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Garis Diagonal adalah Garis Miring

Trotoar
Garis kuning pemandu tuna netra banyak dipasang sembarangan (Liputan6.com/Muslim)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diagonal adalah berhubungannya dua titik sudut yang tidak bersebelahan dalam suatu segi empat. Sedangkan, garis adalah coretan panjang yang berbentuk lurus, bengkok, atau lengkung. 

Dengan begitu garis diagonal merupakan garis lurus yang miring ke kanan atau ke kiri. Dalam seni, garis diagonal ini memberi kesan sesuatu yang tidak stabil, bergerak atau dinamis. Garis ini dapat dianalogikan seperti orang berlari dan kuda melompat, serta pohon miring dan sebagainya.

Dalam pengertian lain, garis diagonal adalah suatu garis yang pergerakannya berawal dari sudut menyudut. Dari sudut kiri atas kemudian mengarah ke sudut kanan bagian bawah.

Jenis Garis Lain

Selain garis diagonal adalah garis miring, aja juga jenis garis lain kerap digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.

Garis Horizontal

Garis horizontal adalah garis dengan tampilan lurus mendatar. Garis mendatar kerap diasosiasikan dengan cakrawala laut yang mendatar, juga pohon tumbang, orang tidur atau orang mati serta berbagai gambar benda datar lainnya juga. Garis ini memiliki karakter yang tenang dan mantap.

Garis Vertikal

Garis vertikal berarti garis lurus dari bawah ke atas atau sebaliknya. Garis vertikal yang dianalogikan dengan benda yang berdiri tegak dan lurus seperti batang pohon, tugu, orang berdiri dan lain sebagainya. Garis itu memberi kesan tidak bergerak dan mengarah ke langit.

Garis Zig-Zag

Garis zig-zag juga merupakan salah satu jenis garis yang ada dalam seni rupa. Model garisnya mirip dengan garis lurus yang dibuat berlawanan arah kemudian disambung kembali. Garis zig-zag dapat memberikan kesan kegembiraan, keceriaan dan sesuatu yang intens dan bisa juga berarti semangat dan gairah yang membara.

Garis Lengkung

Garis lengkung adalah garis yang arahnya membelok. Garis lengkung ada tiga macam, yaitu busur besar, kurva kubah, dan kurva mengambang. Garis lengkung memberikan kesan elegan, luwes dan halus, namun garis ini  juga dapat melambangkan ketidakpastian.

Garis Patah-Patah

Dari tampilannya, garis ini terbentuk dari kumpulan beberapa garis yang dipisahkan oleh jarak antara satu dengan lainnya. Garis putus-putus juga sering dipakai dalam materi geometri, nih. Misalnya, untuk menunjukkan luas yang memotong sebuah bidang.

Garis Sejajar

Garis sejajar adalah hubungan dua garis yang identik dan sejajar. Ciri garis sejajar adalah sepanjang apapun garis itu dibuat, tidak akan pernah ada perpotongan antara kedua garis tersebut. Biasanya garis sejajar dilambangkan dengan simbol “//”. Jadi, jika dinulis garis sejajar pada gambar, dapat ditulis dengan AB // BC.

Garis Gabungan

Garis gabungan adalah kombinasi dari dua atau lebih jenis garis dalam seni. Model garis biasanya membentuk sebuah struktur garis yang lebih kompleks.

Garis Bergelombang

Garis selanjutnya adalah garis bergelombang yang termasuk dalam kategori garis majemuk yang berbentuk kurva dan saling bersambung. Garis ini kadang disebut juga garis S-curved yang sering menggambarkan ritme dan gerakan.


Manfaat Garis Dalam Kehidupan

Potret Masyarakat Jakarta di Tengah Pandemi Covid-19
Calon penumpang mengantre di garis yang telah diberi stiker panduan jarak di stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Masyarakat kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona Corona-19 dengan seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain berguna sebagai unsur seni rupa, garis juga memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat garis.

Sebagai Petunjuk

Garis dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan sebagai pedoman. Misalnya, garis pandu yang menunjukkan arah, garis yang menghubungkan informasi, dan juga garis yang digunakan pada peta untuk menunjukkan kota, sungai, tempat di mana mereka berada, dan sebagainya.

Sebagai Penanda

Garis juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penanda. Misalnya, garis pada lapangan sepak bola dan lapangan olahraga lainnya, pada papan karambol, marka jalan, dan juga garis marka parkir kendaraan.

Membentuk Huruf dan Angka

Garis berguna untuk membentuk huruf dan juga angka dalam banyak bahasa. Ada huruf yang hanya tersusun dari garis lurus, seperti huruf I, A, H, K, L, dan ada juga huruf yang tersusun dari garis lengkung, seperti C, U, O, dan juga S.

Menandai Hal Penting Dalam Suatu Tulisan

Garis juga dapat digunakan untuk menandai kalimat atau kata yang dianggap penting dalam sebuah tulisan. Garis horizontal dapat ditempatkan tepat di bawah kata atau kalimat yang ditandai. Garis yang digunakan untuk mencoret kata atau kalimat menunjukkan bahwa kata atau kalimat tersebut salah.

Menyusun Bentuk Geometris

Garis juga berguna untuk membangun berbagai bentuk geometris. Misalnya, persegi, persegi panjang, balok, kubus, trapesium, layang-layang, semuanya menggunakan garis sebagai elemen dasarnya.

Sebagai Elemen Seni

Garis menjadi elemen desain dan bagian penting dari banyak bentuk seni. Artinya, garis diperlukan untuk menciptakan berbagai bentuk seni, seperti seni lukis, seni kriya, bahkan tari, terkadang menggunakan garis pada pola lantai.

Sebagai Elemen Arsitektur

Garis merupakan aspek yang paling ekspresif dan merupakan bahasa universal untuk menggambarkan suatu struktur yang akan dibangun. Garis digunakan untuk menggambar desain bangunan serta objek oleh seorang arsitek. Contoh gambar arsitektur yang menggunakan garis adalah desain rumah, gedung, penginapan, jembatan, jalan raya, taman kota, jalan tol, rel kereta api, sekolah, sarana olahraga, kolam renang, dan berbagai infrastruktur daerah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya