3 Cara Membuat Lampion dari Kertas yang Mudah dan Cepat, Ide Dekorasi Murah-Meriah

Cara membuat lampion dari kertas banyak dipilih karena dinilai lebih murah dan mudah.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 23 Feb 2023, 17:45 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2023, 17:45 WIB
Berhias Menyambut Tahun Baru Imlek di Kampung Haji Bona Depok
Warga memasang lampion di Kampung Haji Bona, (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Lampion merupakan salah satu dekorasi yang dapat dibuat dari kertas atau bahan lain yang menjadi sebuah wadah untuk lilin atau lampu. Namun, cara membuat lampion dari kertas banyak dipilih karena dinilai lebih murah dan mudah. Lampion sering digunakan sebagai dekorasi pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, festival, atau bahkan hanya sebagai dekorasi kamar.  

Lampion memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Beberapa lampion memiliki pola yang rumit dan indah, sementara yang lain lebih sederhana dengan pola dasar segi empat atau bulat. Cara membuat lampion dari kertas umumnya diberi tali atau pita yang digunakan untuk menggantungnya, sehingga dapat dipajang dengan mudah di tempat-tempat yang diinginkan. 

Selain itu, sebagian besar lampion modern menggunakan lampu LED sebagai sumber cahaya, yang lebih aman dan awet dibandingkan dengan lilin. Lampion memberikan nuansa yang romantis dan hangat dalam acara-acara tertentu atau dalam ruangan. Berikut cara membuat lampion dari kertas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Lampion dari Kertas

Lampion Teng Tengan
Warga memajang lampion dari bambu atau biasa disebut 'teng-tengan' di Kampung Perbalan, Kelurahan Purwosari, Semarang, Minggu (12/5/2019). Lampion berbentuk persegi delapan yang terbuat dari bilah bambu dan kertas minyak putih itu diproduksi selama bulan Ramadan saja. (Liputan6.com/Gholib)

1. Cara Membuat Lampion dari Kertas Sederhana

Cara membuat lampion dari kertas ini sangat mudah karena hanya menggunakan kertas tebal. Lampion ini relatif lebih cepat rusak karena tidak menggunakan rangka kayu atau plastik. Namun untuk dekorasi ruangan sementara, lampion ini cukup mempercantik tampilan ruangan. Gunakan kertas warna-warni sesuai tema yang ingin diusung. 

Alat dan Bahan:

- Kertas tebal aneka warna

- Gunting

- Lem

- Lilin atau lampu LED

Cara Membuat:

a. Lipat kertas menjadi dua bagian

b. Potong bagian yang terlipat menggunakan gunting, tetapi jangan sampai guntingan terputus. Beri jarak sekitar 2,5 cm setiap potongan garisnya.

c. Setelah seluruh bagian terpotong, buatlah lengkungan dengan cara menyatukan bagian ujung yang satu dengan lainnya. Rekatkan memakai lem.

d. Gunting kertas sepanjang 15 cm dengan lebar 2,5 cm sebagai handle nya.

e. Pasang handle ke bagian dalam lampion menggunakan lem atau stapler, lengkungkan di kedua sisinya.

f. Pasang lilin dengan gelas pelindung yang cukup tinggi agar tidak membakar lampion atau unakan lampu agar lebih aman.


Cara Membuat Lampion dari Kertas

Sambut Imlek, Para Pelajar SMA Buat Kerajinan Lampion
Ilustrasi Lampion Lukis (Liputan6.com/Herman Zakharia)

2. Cara Membuat Lampion dari Kertas Lukis

Berbeda dengan cara membuat lampion dari kertas sebelumnya, lampion kertas lukis memiliki bahan dan cara pembuatan yang lebih kompleks. Namun lampion lukis akan memberikan suasana yang berbeda pada ruangan. 

Alat dan Bahan

- Kertas HVS

- Kertas karton

- Lem

- Selotip bening

- Gunting

- Spidol warna-warni

- Tali atau benang untuk menggantung lampion

- Lilin elektronik yang berukuran kecil

Cara Membuat:

a. Buat gambar-gambar pada kertas HVS yang telah disiapkan. Gambar sesuai dengan keinginan menggunakan spidol warna-warni agar lebih menarik. Usahakan gunakan kertas putih polos agar cahaya lilin dapat menyala dengan terang.

b. Setelah itu, lipat kertas yang telah digambar dengan pola seperti kipas. Lipat secara vertikal dengan posisi awal berada diatas kemudian lipatan selanjutnya berada dibawahnya.

c. Satukan ujung-ujung kertas sehingga membentuk tabung. Lalu tempelkan kertas karton yang telah digunting berbentuk lingkaran. Tempel kertas karton pada sisi dasar kertas polos yang membentuk tabung tadi. Pastikan jika lemnya kuat. Gunakan lem kertas dengan ditambah selotip bolak-balik.

d. Setelah itu, buat lubang kecil pada bagian badan lampion untuk mengaitkan tali sebagai penggantungnya. Lakukan dengan teliti agar 2 lubang yang berada di badan lampion sejajar. Sehingga saat digantung, lampion tidak miring.

e. Ikatkan tali pada lubang yang telah kamu buat tadi. Tali ini berfungsi sebagai gantungan lampion.

f. Tutup lampion dengan kertas karton yang sudah digunting berbentuk lingkaran sesuai dengan diameter lampion. Pada tutup lampion, beri lubang pada tengahnya agar tali bisa menembusnya sehingga bisa digantung. Beri lem pada tutup lampion agar tak mudah lepas namun jangan terlalu rapat agar lilin dapat dengan mudah dinyalakan.

g. Kemudian masukkan lilin elektronik ke dalam lampion.


Cara Membuat Lampion dari Kertas

Indahnya Ribuan Lampion Saat Menghiasi Malam Chiang Mai
. (AFP Photo/Roberto Schmidt)

3. Cara Membuat Lampion dari Kertas Minyak

Kertas minyak yang biasanya digunakan untuk membuat layang-layang juga dapat digunakan pada cara membuat lampion dari kertas. Pada cara membuat lampion dari kertas satu ini tidak perlu membuat penutup untuk bagian atas lampion. Hal ini karena sumber cahayanya berasal dari api. Lampion ini biasanya digunakan untuk lampion terbang. Jadi kamu bisa terbangkan lampion ini saat cuaca sedang cerah.

Alat dan Bahan:

- Kertas minyak

- Kapas

- Kawat

- Lem

- Gunting

- Etanol atau minyak tanah

- Tang

- Cutter

- Bambu

Cara Membuat:

1. Potong bambu dengan lebar sekitar 1 cm dengan menggunakan cutter. Kemudian satukan sisinya sehingga membentuk lingkaran. Buat 2 buah

2. Ikat kawat pada bagian bambu yang berbentuk lingkaran tadi sehingga membentuk tabung

3. Bentuk kertas minyak menjadi persegi panjang menggunakan gunting dengan ukuran yang panjangnya sesuai dengan kerangka bambu dan kawat tadi

4. Buat tutup sebagai alas tutup lampion

5. Tempel kertas dengan menggunakan lem sebagai badan lampion

6. Tuang etanol pada kapas

7. Kapas yang ada etanol tersebut letakkan pada bagian dalam lampion kertas

8.  Selesai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya