14 Manfaat Skipping untuk Kesehatan, Bisa Bakar Kalori

Skipping termasuk olahraga sederhana.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 17 Mei 2023, 03:00 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 03:00 WIB
Skipping atau lompat tali
Skipping atau lompat tali (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat skipping termasuk olahraga sederhana yang menyehatkan. Skipping atau lompat tali adalah bentuk latihan kardio yang sangat berguna untuk membangun tubuh sehat. Manfaat skipping membantu memelihara otot, tulang, dan paru-paru.

Manfaat skipping adalah latihan seluruh tubuh. Manfaat skipping bisa dilakukan di rumah dan memberikan latihan kardiovaskular yang cepat dan intens. Skipping bahkan dilakukan oleh banyak atlet profesional sebagai bentuk latihan fisik. 

Seseorang bisa mendapat manfaat skipping jika dilakukan secara intens. Dengan manfaat skipping, kamu bisa melakukan latihan yang intens dan berkeringat tanpa harus meninggalkan rumah. Berikut manfaat skipping, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(19/08/2021).


Manfaat skipping

Manfaat Lompat Tali
Manfaat Lompat Tali (sumber: freepik)

Olahraga kardio yang efisien

Jika kamu mencari opsi kardio yang efektif, skipping adalah salah satu latihan terbaik yang dapat dilakukan. Manfaat skipping melibatkan begitu banyak kelompok otot berbeda bekerja sama sekaligus. Skipping bisa menjadi olahraga intensitas tinggi. Satu menit olahraga intensitas tinggi ampir sama dengan dua menit aktivitas intensitas sedang seperti berjalan atau bermain tenis.

Penguatan seluruh tubuh

Manfaat skipping yang tak kalah penting adalah penguatan seluruh tubuh. Dari skipping seluruh tubuh bergerak. Gerakan ini terutama menargetkan kaki, betis, paha, serta otot-otot di kaki dan pergelangan kaki. Skipping juga melatih inti, bisep, dan bahu.


Manfaat skipping

ilustrasi lompat tali/unsplash
ilustrasi lompat tali/unsplash

Mengencangkan betis

Skipping adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot betis. Lompat tali meningkatkan tonus otot, terutama di lengan dan kaki. Lompat tali akan melatih otot betis, paha depan, paha belakang, glutes, perut, otot miring, lengan bawah, bisep, trisep, bahu, otot punggung, dan otot dada.

Kualitas meditatif

Meskipun lompat tali dianggap sebagai latihan yang kuat, ia memiliki kualitas meditatif tertentu. Beberapa pelompat bahkan mengatakan bahwa aktivitas skipping terasa seperti terapi. Manfaat skipping bisa menjadi bentuk meditasi aktif yang memungkinkan otak untuk memusatkan seluruh perhatian hanya untuk menjaga ritme lompatan yang stabil.


Manfaat skipping

Cara Mengecilkan Paha
Ilustrasi lompat tali (Sumber: pixabay)

Tingkatkan kapasitas paru-paru

Skipping termasuk aktivitas aerobik yang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Saat skipping, paru-paru mendapatkan lebih banyak udara. Manfaat skipping dapat membantu untuk beberapa masalah pernapasan. Pada saat yang sama, ia meningkatkan daya tahan fisik. Alhasil, ini berarti tubuh bisa berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah. The American Lung Association merekomendasikan lompat tali sebagai salah satu pilihan untuk membantu paru-paru berfungsi dengan baik.

Tingkatkan kesehatan jantung

Skipping adalah bentuk pelatihan kardiovaskular karena gerakan konstan meningkatkan detak jantung. Lompat tali membuat jantung terpompa, ini bagus untuk sistem kardiovaskular dan kesehatan jantung. Aktivitas fisik seperti skipping juga membantu menurunkan tekanan darah.


Manfaat skipping

cara mengecilkan lengan
Lompat tali (sumber: pixabay)

Membangun stamina

Lompat tali adalah cara yang efektif untuk membangun daya tahan. Ini terutama berguna bagi para pelari. :ompat tali yang konsisten akan meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan koordinasi dari waktu ke waktu.

Bakar kalori

Lompat tali adalah alat yang memungkinkan pembakaran kalori dan mengaktifkan mekanisme pembakaran lemak. Manfaat skipping dapat membakar 200 hingga 300 kalori dalam 15 menit. Lompat tali adalah latihan seluruh tubuh, sehingga membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Lompat tali yang dibarengi dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik lainnya, akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.


Manfaat skipping

6 Aktivitas Menyenangkan untuk Isi Liburan Sekolah Anak di Rumah
Ilustrasi gambar anak bermain lompat tali (dok Monstera/pexels.com)

Tingkatkan koordinasi tubuh

Lompat tali membutuhkan koordinasi terbaik, terutama saat maju ke gerakan yang lebih terampil, seperti mengayunkan tali dengan cepat dua kali dalam setiap lompatan. Lompat tali meningkatkan koordinasi dengan mengharuskan beberapa bagian tubuh berkomunikasi untuk menyelesaikan satu gerakan.

Tangan, kaki, dan kadang-kadang bahkan mata semua perlu bekerja sama untuk memastikan tubuh mengayunkan tali dengan benar, melompati tali pada waktu yang tepat, dan kemudian ulangi pola dengan irama yang stabil.

Tingkatkan kelincahan

Bentuk lompat tali yang tepat melibatkan gerakan dari bola kaki, dan itu membantu mengembangkan gerak kaki dan kelincahan yang baik. Manfaat skipping ini sangat cocok untuk olahraga di mana kamu harus mengubah arah dengan sangat cepat seperti tinju, bola basket, dan bola voli.


Manfaat skipping

Ilustrasi Lompat Tali
Ilustrasi Lompat Tali. (Bola.com/Pixabay)

Tingkatkan keseimbangan

Manfaat skipping bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keseimbangan. Ketika melakukan skipping, tubuh harus membangun kembali keseimbangan di antara setiap lompatan, dan juga membutuhkan keseimbangan yang baik agar dapat melompat lagi secara efektif.

Tingkatkan kesadaran spasial

Lompat tali secara teratur dapat meningkatkan kesadaran spasial. Ini karena tubuh terus-menerus harus menyadari apa yang ada di depan, di belakang, dan di samping ketika sedang skipping.


Manfaat skipping

Meningkatkan Kekuatan Tulang
Ilustrasi Kesehatan Tulang Credit: pexels.com/Dominika

Turunkan risiko cedera

Dengan koordinasi yang lebih baik dari lompat tali, kamu akan cenderung tidak terluka saat berolahraga atau dalam aktivitas sehari-hari, kata Michaels. Lompat tali memaksa untuk mengoordinasikan gerakan tubuh bagian atas dan bawah sehingga tubuh lebih gesit dan kesadaran tubuh meningkat pesat.

Kuatkan kepadatan tulang

Manfaat skipping dapat membuat tulang lebih kuat. Lompat tali membangun kepadatan tulang melalui latihan benturan. Ketika berlatih dengan benturan, tubuh menekankan tulang lebih agresif daripada kebanyakan bentuk pelatihan. Tubuh merespons tekanan ini dengan merombak tulang menjadi lebih kuat dan lebih padat.

Memang, sebuah penelitian kecil tahun 2015 terhadap wanita premenopause menunjukkan bahwa lompat tali dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul. Ini penting karena kepadatan tulang cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya