Kenali Penyebab Kram Kaki saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab kram kaki saat tidur ini terjadi karena kegiatan sehari-hari atau kondisi medis tertentu.

oleh Husnul Abdi diperbarui 22 Mei 2023, 05:30 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 05:30 WIB
Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Kaki kram saat tidur mungkin sering terjadi pada sebagian orang. Bahkan kaki kram ini dapat membuat orang terbangun karena kesakitan. Kram kaki ini juga disebut-sebut merupakan salah satu penyebab utama gangguan tidur, yaitu insomnia. 

Kaki kram yang terjadi pada malam disebut dengan nocturnal leg cramps. Umumnya, kaki kram pada malam hari terjadi di otot betis, terjadi secara tiba-tiba, dan berlangsung selama beberapa menit. Hal ini cenderung terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun daripada anak muda.  

Penyebab kram kaki saat tidur ini terjadi karena kegiatan sehari-hari atau kondisi medis tertentu. Kram kaki akibat nocturnal leg cramps ini terjadi akibat otot kaki yang tiba-tiba menegang sehingga menimbulkan nyeri luar biasa. Ketegangan otot ini biasanya terjadi pada saat kaki beristirahat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019) tentang penyebab kram kaki saat tidur dan cara mengatasinya


Penyebab Kaki Kram Saat Tidur

Penyebab Kaki Kram
Penyebab Kaki Kram

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kaki kram saat tidur disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kegiatan sehari-hari, hingga kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, kamu harus menghindari berbagai penyebab kaki kram saat tidur di bawah ini agar tidur tetap nyenyak dan nyaman:

- Kamu olahraga, tetapi tidak melakukan pemanasan dan peregangan yang tepat sebelumnya. Cedera dan penggunaan otot yang berlebihan juga dapat menyebabkan kaki kram pada malam hari.

- Kaki kram juga bisa menyerang ibu hamil karena kondisi mereka yang mengalami penurunan jumlah mineral, kalsium, dan magnesium pada akhir usia kehamilan.

- Berdiri di permukaan keras dalam waktu yang lama, duduk terlalu lama, atau posisi kaki yang tidak nyaman saat tidur.

- Dehidrasi atau gangguan elektrolit dan mineral dalam tubuh, seperti kekurangan kalium, magnesium, kalsium, dan kekurangan vitamin B12.

- Terpapar udara dingin.

- Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil kontrasepsi, antipsikotik, obat darah tinggi, obat asam, atau steroid.

- Bisa juga dipicu oleh diabetes mellitus.

- Sering Minum Alkohol

- Penyakit Parkinson


Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Saat kamu mengalamu kram kaki saat tidur, kamu tidak perlu panik. Kamu bisa mengtasinya dengan beberapa cara sederhana. Berikut beberapa cara menangani kaki kram saat tidur dengan baik:

- Bangkit dari tempat tidur dan berjalan atau berjingkat sebentar

- Minum Air Putih

- Mandi air hangat atau rendam betis yang kram dengan air.

- Lepaskan selimut/bed cover yang menutupi kaki kamu

- Memijat otot yang kaku dengan tangan atau mengompres dingin dengan es.


Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Sebelum itu, kamu tentunya bisa saja mencegah terjadinya kaki kram ini. Tentunya dengan mengubah pola hidup yang tidak sehat. Berikut beberapa cara mencegah terjadinya kaki kram saat tidur:

- Pakai sepatu yang pas dan nyaman saat beraktivitas.

- Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, setidaknya 8 gelas per hari.

- Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti ikan, pisang, dan sayuran hijau

- Lakukan peregangan ringan untuk melemaskan otot kaki selama beberapa menit sebelum pergi tidur.

- Olahraga secara rutin, tapi jangan memaksakan tubuh berolahraga terlalu berat dalam jangka waktu lama. Selalu lakukan pemanasan saat memulai olahraga dan pendinginan setelahnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya