Al-Bahjah Cirebon Pusat, Lembaga Pendidikan Dakwah Asuhan Buya Yahya

Al-Bahjah Cirebon cukup terkenal di Indonesia sebagai Lembaga Pendidikan Dakwah (LPD).

oleh Husnul Abdi diperbarui 23 Mei 2023, 18:40 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 18:40 WIB
Al-Bahjah Cirebon Pusat
Al-Bahjah Cirebon Pusat (sumber: https://www.smaiqualbahjahpusat.sch.id/)

Liputan6.com, Jakarta Al-Bahjah Cirebon cukup terkenal di Indonesia sebagai Lembaga Pendidikan Dakwah (LPD). Popularitas ini tentunya tidak terlepas dari kualitas sekaolah sendiri serta nama besar pengasuh LPD ini, yaitu Buya Yahya.

Lembaga Pendidikan Dakwah ini bertujuan untuk menghadirkan generasi mudah bangsa yang berakhlak Al-Qur’an. Sekolah ini menghadirkan program pendidikan formal yang mengedepankan hafalan Al-Qur’an di usia 7-15 tahun dengan program SD dan SMP Tahfidzul Qur’an. Hafalan Al-Qur’an dijadikan sebagai pelajaran terpenting di usia tersebut tanpa harus tertinggal dengan ilmu-ilmu umum.

SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon dipersiapkan untuk anak usia 16-18 tahun. Program lanjutan ini mengarahkan siswa/santri pada materi yang menghantarkan mereka untuk menjadi profesional yang dekat dengan Al-Qur’an.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon, Selasa (23/5/2023) tentang Al-Bahjah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Lembaga Pendidikan Dakwah Al-Bahjah Cirebon

Buya Yahya (Tangkap Layar Al-Bahjah TV)
Buya Yahya (Tangkap Layar Al-Bahjah TV)

Lembaga Pendidikan Dakwah (LPD) Al-Bahjah adalah sebuah lembaga yang aktif dan penuh komitmen terhadap dunia dakwah Islam Rasulullah SAW. Dalam perjalanannya, LPD Al-Bahjah berkembang menjadi sebuah pondok pesantren yang di dalamnya terdapat lembaga pendidikan formal dan non formal. Lembaga pendidikan formal yang ada di LPD Al-Bahjah adalah SDIQu, SMPIQu dan SMAIQu Al-Bahjah.

SDIQu Al-Bahjah merupakan sebuah sekolah dasar yang menjadikan Al-Qur’an sebagai prioritas utama dalam pembelajarannya. SDIQu Al-Bahjah memiliki program unggulan tahfidz Al-Qur’an dengan target minimal 10 juz selama 6 tahun pembelajran, dengan menyesuaikan kemampuan para peserta didik.

Tidak jauh berbeda dengan SDIQu, SMPIQu Al-Bahjah lahir sebagai jawaban atas kebutuhan para orang tua yang menginginkan anaknya belajar di sekolah formal namun tidak meninggalkan pelajaran agama utamanya, yakni Al-Qur’an. Oleh karena itu, SMPIQu juga menjadikan Al-Qur’an sebagai prioritas utama dalam proses pembelajarannya.

Sebagai upaya untuk terus menyambung estafet pembelajaran, SMAIQu lahir pada tahun 1437/2016 dengan membawa misi yang sama dengan jenjang sebelumnya, yakni menjadikan Al-Qur’an sebagai bahan utama dalam belajar. SMAIQu Al-Bahjah merupakan sekolah dengan sistem Boarding School yang mendukung sistem pembelajran intensif tentang Fiqih, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Sehingga diharapkan para santri ketika lulus nanti, akan mampu bersaing dan berkompetisi di manapun dia melanjutkan estafet keilmuwannya.

Di samping itu, akhlak menjadi prioritas pada semua lembaga pendidikan yang berada di lingkungan pondok pesantren Al-Bahjah, sehingga dalam kesehariannya, para santri dan guru terbiasa berakhlak yang baik sebagai upaya mengikuti dan meneladani akhlak Rasulullah SAW.


SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon

Al-Bahjah Cirebon Pusat (sumber: https://www.smaiqualbahjahpusat.sch.id/)
Al-Bahjah Cirebon Pusat (sumber: https://www.smaiqualbahjahpusat.sch.id/)

SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon Pusat beralamat di Jalan Pengeran Cakrabuana No. 179, Gang Pesantren, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 45611. Sekolah ini sudah memiliki akreditasi A. Sampai saat ini, terdapat 188 siswa/santri putra, 164 siswi/santri putri, serta 55 guru dan staf TU.

Visi dan Misi

Visi SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon adalah mengembangkan insan berilmu dan berakhlak berlandaskan Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah. Sementara itu, misi SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan memadukan kurikulum umum, diniyah dan tahfidz Al-Qur’an.

2. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang berakhlak Qur’ani.

3. Menciptakan pengelolaan penddikan dengan sistem dan teknologi yang unggul.

4. Membangun tim dengan loyalitas dan komitmen yang kuat dalam perjuangan dakwah Islam.

5. Meningkatkan sarana dan prasana yang representatif.

6. Membangun tim dengan loyalitas dan komitmen yang kuat dalam perjuangan dakwah Islam.

7. Meningkatkan sarana dan prasarana yang representatif.


Fasilitas SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon Pusat

Ruang Kelas, yang didesain dengan menarik, bervariasi, dan bernuansa alami. Dengan ruangan yang terpisah antara siswa/santri putra dan siswi/santri putri.

  1. Masjid
  2. Asrama
  3. Laboratorium Fisika
  4. Laboratorium Kimia
  5. Laboratorium Biologi
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Bahasa
  8. Perpustakaan, sarana untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan, serta sarana rohah (refreshing) bagi siswa/santri.
  9. Majelis Ta'lim, majelis Al-Bahjah bersama Buya Yahya yang rutin setiap pekannya dihadiri langsung oleh para siswa/santri.
  10. Sarana Olahraga
  11. Kantin

Selain itu, SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon juga memiliki berbagai macam fasilitas online yang memadai dalam membantu proses belajar mengajar siswa atau santri. Berikut beberapa fasilitas online yang dimiliki oleh SMA Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon:

- Media sosial

Melalui media sosial, seluruh anggota dapat berinteraksi secara online.

- Chat

Pengunjung website dapat berkomunikasi lewat chat dengan admin.

- Forum

Survei atau masukan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan sekolah.

- Jaringan Internet

Layanan jaringan online yang dapat dinikmati di seluruh wilayah sekolah.

- Perpustakaan

Proses pinjam meminjam buku pelajaran dan ilmu pengetahuan secara online.

- PSB

Dukungan pendaftaran penerimaan siswa/santri baru secara online.

- Laboratorium Komputer

Fasilitas pembelajaran serta sarana UNBK yang tersedia dalam laboratorium.

- e-Learning

Belajar secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu.

- Sistem Informasi Sekolah

Informasi kegiatan pembelajaran, absensi, jadwal belajar serta perkembangan siswa/santri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya