9 Cara Mempercepat Datangnya Haid, Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cara mempercepat datangnya haid bisa mulai dilakukan dengan cara sederhana.

oleh Laudia Tysara diperbarui 19 Mar 2024, 13:54 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023, 07:40 WIB
Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Haid merupakan proses peluruhan sel telur yang tidak dibuahi sel sperma. Haid pada umumnya akan terjadi satu bulan sekali selama 7 hingga 15 hari. Namun sayangnya sebagian wanita mungkin akan mengalami terlambat haid hingga beberapa bulan lamanya. Hal ini membuat cara mempercepat datangnya haid dijadikan solusinya.

Alasan dari menerapkan cara mempercepat datangnya haid sebenarnya bukan hanya karena terlambat. Beberapa ada yang ingin segera melaksanakan ibadah dan menyucikan diri, karena waktu ibadah terbatas. Cara ini sah-sah saja dilakukan asalkan volume darah yang keluar bisa tetap normal dan tidak berlebihan.

Nah, cara mempercepat datangnya haid ini ternyata bisa membuat volume darah tetap normal dan lebih rutin dikeluarkan. Volume darah menstruasi yang normal, yakni sekitar 30 ml hingga 50 ml. Cara ini terbilang cukup aman dilakukan karena hanya mengandalkan bahan alami dan penerapan gaya hidup sehat.

Berikut Liputan6.com ulas cara mempercepat datangnya haid dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).


Olahraga dan Istirahat

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Olahraga dan istirahat termasuk cara mempercepat datangnya haid yang cukup sederhana. Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari juga mudah dilakukan. Tujuan dari penerapan keduanya adalah mencegah terjadinya stres yang bisa membuat haid berlangsung lebih lama.

Cukup lakukan gerakan olahraga sederhana, untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Hal ini akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

Selain itu cukupi juga istirahat agar hormon kortisol berproduksi dengan baik. Hormon ini akan mencegah terjadinya stres dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus. Hypotalamus merupakan hormon pengatur periode haid.


Kunyit dan Wortel

Kunyit
Ilustrasi Kunyit (iStockphoto)​

Kunyit

Kunyit disebut dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron di tubuh. Terdapat pula senyawa yang berkhasiat sebagai obat seperti kurkumin. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Sehingga dengan mengonsumsi jamu kunyit bisa mempercepat datangnya haid. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk hasil maksimal.

Wortel

Wortel sudah sangat terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya. Termasuk vitamin C, kalsium, dan iron yang membantu hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula bisa dijadikan andalannya. Terutama sebagai cara mempercepat datangnya haid.


Nanas dan Vitamin C

Buah Nanas (iStock)
Ilustrasi buah nanas (iStockphoto)

Nanas

Nanas dikenal sebagai buah yang kaya kandungan bromelain. Kandungan ini disebut juga sebagai enzim yang dapat memengaruhi estrogen dan hormon lain. Bisa meredakan inflamasi atau peradangan. Tidak heran jika mengonsumsinya termasuk cara mempercepat datangnya haid.

Vitamin C

Vitamin C ini termasuk salah satu jenis vitamin yang rasanya lezat. Selain lezat, vitamin C ternyata bisa membantu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Kondisi ini biasanya akan membuat uterus atau rahim berkontraksi.

Tidak heran jika vitamin C kerap dijadikan cara mempercepat datangnya haid karena dinding rahim akan luruh karenanya. Namun, konsumsinya tetap harus diperhatikan. Tidak boleh lebih dari porsi harian vitamin C yang seharusnya dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan.


Kontrasepsi dan Obat

Ilustrasi obat | pexels.com
Ilustrasi obat | pexels.com

Kontrasepsi

Alat kontrasepsi bisa digunakan sebagai cara mempercepat datangnya haid. Menggunakan alat kontrasepsi baik suntik, spiral, atau yang diminum merupakan cara efektif untuk mempercepat masa haid Anda. Sedangkan, jenis alat kontrasepsi hormonal yang bisa digunakan cincin vagina dan pil.

Pil kontrasepsi merupakan gabungan dari progestin dan estrogen. Konsumsinya bisa dikombinasikan dengan pil plasebo. Pil kontrasepsi dikonsumsi selama 21 hari dan 7 hari selanjutnya diganti pil plasebo. Pada masa 7 hari inilah kemudian akan terjadi haid. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Obat

Ada beberapa jenis obat yang bisa minum cara mempercepat datangnya haid. Salah satunya adalah obat table asam traneksamat yang menginduksi pembekuan darah di rahim sehingga mengurangi pendarahan dan mempercepat haid. Bisa juga Anda mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen. Obat-obatan tersebut merupakan obat penghilang rasa sakit yang bisa Anda konsumsi untuk mempercepat haid Anda


Daun Pepaya

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Daun pepaya memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium. Jadi, tidak heran jika mengonsumsinya bisa dijadikan cara mempercepat datangnya haid.

Cukup konsumsi air rebusannya. Caranya, rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral. Rebus hingga air tinggal satu gelas. Lalu minum ramuan tersebut. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid.


Cukupi Gizi

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Mencukupi tubuh dengan gizi yang seimbang secara tidak langsung dapat menjadikan produksi hormon tidak bermasalah. Membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi dapat menjaga produksi hormon agar tidak terganggu. Sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik, haid pun bisa lancar dan lebih cepat.

Selain itu penuhi juga konsumsi air mineralnya. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Hilangkan juga gaya hidup tidak sehat yang bisa mengganggu jadwal menstruasi. Misalnya saja seperti mengurangi dan menghilangkan kebiasaan tidak sehat. Merokok, konsumsi minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya