Contoh Kata Pengantar Tugas Akhir, Perhatikan Struktur Utamanya

Contoh ini bisa membantu memberi gambaran menulis kata pengantar

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 02 Jun 2023, 03:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023, 03:00 WIB
Ilustrasi menulis
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta Contoh kata pengantar tugas akhir bisa membantumu menyusun sebuah kata pengantar. Tugas akhir merupakan salah satu bentuk karya tulis yang disusun untuk memenui kriteria kelulusan dalam sebuah jenjang pendidikan. Penulisan tugas akhir sama dengan menulis karya tulis ilmiah pada umumnya. 

Dalam menulis sebuah karya tulis, kata pengantar adalah elemen yang tak bisa lepas dari susunan penulisannya. Kata pengantar pada tugas akhir berisi pengantar terkait gambaran tulisan yang dibuat.

Contoh kata pengantar tugas akhir mungkin bisa membantu memberi gambaran terkait penulisan kata pengantar. Contoh kata pengantar tugas akhir yang baik biasanya singkat, padat, dan mudah dipahami pembaca.

Contoh kata pengantar tugas akhir yang baik harus memenuhi elemen kata pengantar secara umum. Contoh kata pengantar tugas akhir akan memperlihatkan bagaimana sebuah struktur kata pengantar yang benar.

Contoh kata pengantar tugas akhir akan membantumu membuat karya tulis yang terstruktur dan sistematis. Berikut contoh kata pengantar tugas akhir dan cara menyusunnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(1/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Susun paragraf pembuka dengan singkat

Ilustrasi Menulis Puisi
Ilustrasi menulis. (dok. Foto Álvaro Serrano/Unsplash)

Secara umum cara menulis kata pengantar untuk tugas akhir sama seperti menulis kata pengantar pada umumnya. Contoh kata pengantar tugas akhir yang baik adalah adanya paragraf pembuka yang singkat dan jelas. Pembuka biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Pada paragraf pembuka ini berisi ucapan syukur penulis atas selesainya karya tulis.

Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu dalam proses penulisa karya tulis. Urutan dari penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.


Paparkan gambaran singkat isi tugas akhir

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Bagian isi dalam kata pengantar tugas akhir biasanya ada pada paragraf ketiga. Isi kata pengantar merupakan penjelasan singkat mengenai isi tugas akhir yang kamu tulis. Biasanya dimulai dengan menyebutkan judul, lalu alasan penulisan, setelah itu berisi penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari tugas akhir tersebut.

Tuliskan secara singkat, padat, dan jelas mengenai deskripsi tugas akhirmu. Gunakan bahasa yang mudah dipahami pembaca. Kamu tidak perlu memaparkan isi karya tulismu secara rinci dan detail. Cukup paparkan secara singkat mengenai garis besar dari karya tulismu. Dengan penjelasan singkat tersebut pembaca akan mendapatkan pandangan mengenai karya tulis yang kamu buat.


Beri penutup singkat

menulis 1
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/thought catalog

Elemen penting dalam kata pengantar yang terakhir adalah penutup. Bagian penutup berisi harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang dibuat. Harapan ini bisa berisi tentang pandanganmu kedepan mengenai manfaat dari karya tulis yang kamu buat.

Selain itu bagian penutup juga berisi permohonan maaf kepada pembaca jika pada nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis. Kesalahan-kesalahan tersebut mungkin dapat berupa kesalaha dalam penulisan gelar, istilah, maupun nama.

Pentingnya menuliskan permohonan maaf pada kata pengantar dikarenakan penulis tidak dapat bertemu langsung dengan pembacanya. Sehingga penulis cukup menuliskan permohonan maafnya melalui kata pengantar.


Contoh kata pengantar tugas akhir

Ilustrasi Tulisan Tangan Dokter dan Dokter (iStockphoto)
Contoh kata pengantar tugas akhir (Ilustrasi/iStockphoto)

Setelah mengetahui struktur utama dari penulisan kata pengantar. Kamu pasti sudah memiliki gambaran bagaimana menulis kata pengantar untuk tugas akhir. Agar lebih membuka pandangamu berikut merupakan contoh kata pengantar tugas akhir yang baik. Contoh kata pengantar tugas akhir ini bisa kamu kembangkan sendiri sesuai dengan tema tugas akhirmu. Berikut contohnya:

                                                                            KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga penulis diberi untuk menyelesaikan tugas akhir tentang “Ekonomi Bisnis Perbankan”. Tugas akhir ini ditulis untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar Sarjana Terapan Ekonomi Bisnis.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu penulisi selama proses penyelesaian tugas akhir ini hingga selesainya makalah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada :

1. Ibu Dyah Fadhillah S.E., M.M. selaku dosen pembimbing tugas akhir atas bimbingan dan tugas yang diberikan.

2. Bapak Eko Purnomo selaku narasumber dari penulisan tugas akhir penulis.

3. Kedua orang tua penulis atas segala dukungan yang diberikan

4. Teman dan sahabat atas semangat yang telah diberikan

Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai perbankan dalam pertumbuhan ekonomi bisnis. Industri perbankan memiliki peran yang signifikan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan menciptakan pemerataan. Tugas akhir berisi paparan peran secara keseluruhan industri perbankan bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna serta kesalahan yang penulis yakini diluar batas kemampuan penulis. Maka dari itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 1 Juni 2020

 

Penulis

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya