5 Buku Hadits Rekomendasi untuk Pemula, Referensi Belajar Agama Islam

Buku Hadits tentunya perlu dimiliki dan dipahami oleh setiap muslim.

oleh Husnul Abdi diperbarui 16 Agu 2023, 12:55 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2023, 12:55 WIB
Hadis, sunnah, Islam
Hadis, sunnah, Islam. Image by Amirul Islam from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Buku Hadits tentunya perlu dimiliki dan dipahami oleh setiap muslim. Sekarang ini, umat Islam tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk belajar agama karena sudah banyak rekomendasi buku hadits maupun buku-buku Islami di pasaran.

Apalagi, menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi muslim, apalagi ilmu agama Islam itu sendiri. Buku hadits membuat kamu bisa langsung mempelajari ilmu-ilmu yang diturunkan langsung oleh Rasulullah SAW melalui berbagai macam hadits.

Ada beberapa rekomendasi buku Hadits yang bisa kamu miliki. Buku-buku hadits berbahasa Indonesia ini mengandung begitu banyak pembelajaran bagi muslim tentang kehidupan. Hal ini tentunya akan sangat membantu karena Al-Qur’an dan Hadits merupakan pedoman umat Islam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KapanLagi, Rabu (16/8/2023) tentang buku hadits.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Al-Wafi Syarah Hadits Arbain

Ilustrasi Buku Hadits (sumber: toko-muslim.com)
Ilustrasi Buku Hadits (sumber: toko-muslim.com)

Rekomendasi buku Hadits yang pertama yaitu Al - Wafi Syarah Hadits Arbain. Al Arba'in An Nawawiyyah dikenal sebagai himpunan hadits yang populer. Hadits-hadits yang dipilih Imam An Nawawi memiliki keunggulan berupa tema yang sederhana, tapi memiliki kandungan makna yang mendalam.

Buku Hadits ini tidak hanya mudah dipahami, tapi juga mampu menjawab banyak persoalan dalam kehidupan pribadi maupun sosial. Hadist-hadits yang bisa dibilang merakyat ini jelas memerlukan kajian untuk mengupas seluk-beluknya. Melalui buku hadits ini, kamu pun bisa mengurai makna dan berbagai hal penting yang menjadi hikmah atau intisari hadits yang telah dirangkum oleh penulis.


2. Mukhtashar Shahih Al-Bukhari

Buku Hadits berikutnya yang direkomendasikan adalah Mukhtashar Shahih Al-Bukhari. Buku Hadits ini cocok kamu jadikan referensi, karena shahih al-Bukhari merupakan kitab paling shahih setelah al-Qur'an, kemudian disusul Shahih Muslim. Oleh karena itu, Shahih Bukhari perlu diprioritaskan setelah Al-Qur’an jika kamu ingin mengkaji Islam secara fundamental dan baik, bahkan secara akademis. Namun, Shahih al-Bukhari yang asli terkesan sulit dinikmati oleh banyak kalangan karena memuat riwayat-riwayat hadits lengkap dengan sanad dan pengulangan.

Buku Hadits ini muncul menjadi jawaban karena hadir dengan lebih sederhana dengan menghapus sanad-sanadnya, menghapus pengulangan-pengulangan, dan mempertahankan judul-judul "kitab" serta susunan hadits sebagaimana yang diletakkan oleh Imam al-Bukhari.


3. Ilmu Hadits - Munzier Suparta

Ilustrasi Buku Hadits (sumber: sophee)
Ilustrasi Buku Hadits (sumber: sophee)

Buku Hadits yang berjudul Ilmu Hadis karya Munzier Suparta ini cocok dijadikan referensi, terutama bagi pemula atau pelajar. Buku ini membahas beberapa dasar ilmu hadits, seperti pengertian, bentuk-bentuk, hingga pengertian ilmu hadits menurut ulama.

Dalam rekomendasi buku hadits yang satu ini, ilmu hadits dapat dipahami sebagai ilmu pengetahuan yang membicarakan tentang cara-cara persambungan hadits sampai kepada Rasulullah SAW dari segi ihwal bersambung tidaknya sanad dan sebagainya. Jadi bagi kamu yang baru mulai mempelajari tentang hadits, buku ini layak dibaca sebagai pengantar.


4. 99 Hadits Pedoman Hidup Muslim – Fatiha

99 Hadits Pedoman Hidup Muslim oleh Fatiha merupakan salah satu rekomendasi buku hadits yang bisa kamu baca. Buku setebal 354 halaman memuat berbagai ilmu secara ringkas dan praktis. Kamu akan menemukan beragam disiplin ilmu yang bermanfaat, seperti ilmu tauhid, ushul, akidah, ilmu suluk (adab) menuju Allah, akhlak, adab dalam agama dan dunia, fikih, dan lain sebagainya.

Materi tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan seputar dasarnya, sumber pengambilan, dan kaidah-kaidahnya. Kamu juga akan menemukan sejumlah hadits yang menghimpun beragam pembahasan umum atau berbagai bab ilmu yang disertai tentang maksud dan kandungannya.


5. Kompilasi Hadis Sahih Populer - Ismail H.M

Ilustrasi Buku Hadits (sumber: sophee via KapanLagi)
Ilustrasi Buku Hadits (sumber: sophee)

Buku Hadits selanjutnya yaitu Kompilasi Hadis Sahih Populer karya Ismail H.M. Seperti judulnya, rekomendasi buku hadits yang satu ini memang berisi hadis-hadis sahih dari beberapa kitab hadis penting, seperti Shahih Bukhari dan Muslim, Musnad Ahmad, Riyadhush Shalihin, Bulughul Maram, dan sebagainya.

Oleh karena itu, selain judul-judul yang sudah disebutkan di atas, buku ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin lebih mengakrabkan diri dengan hadis-hadis sahih Rasulullah SAW. Dengan begitu, kamu bisa menjadikannya tuntunan atau pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Selain buku hadits tersebut, kamu juga bisa membaca buku islami lainnya seperti Cahaya dari Madinah yang ditulis oleh Syekh Ali Jaber. Materi dalam buku ini berasal dari ceramah-ceramah Syekh Ali Jaber yang diharapkan bisa menjadi cahaya bagi hati melalui hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya.

Ada pula buku yang ditulis oleh Husein Jafar Al-Hadar yang berjudul Tuhan Ada di Hatimu. Husein Jafar Al-Hadar cukup dekat dengan anak muda sekarang ini, sehingga gaya bahasa buku ini pun cukup mudah dipahami karena seperti pembicaraan sehari-hari. Buku ini membawa kamu untuk selalu diingatkan untuk terus membawa Islam dalam kehidupan. Oleh karena itu, buku ini begitu relevan dibaca oleh siapa saja dengan bahasa yang digunakannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya