Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim Arab, Latin, dan Artinya

Allahumma innaka afuwwun karim adalah doa menyambut malam Lailatul Qadar.

oleh Husnul Abdi diperbarui 11 Sep 2023, 16:15 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2023, 16:15 WIB
Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim
Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta Allahumma innaka afuwwun karim merupakan doa yang kerap kamu dengarkan di bulan Ramadhan. Doa ini biasanya dilafalkan pada malam hari saat salat tarawih, dan berisi pujian pada Allah SWT dan memohon berkah dan ampunan.

Allahumma innaka afuwwun karim adalah doa menyambut malam Lailatul Qadar. Doa ini sangat dianjurkan dibaca setiap muslim di bulan Ramadhan, karena begitu besarnya keutamaan malam Lailatul Qadar. Doa Lailatul Qadar menjadi pelengkap ibadah.

Allahumma innaka afuwwun karim bisa dibaca kapan saja, terutama saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Lailatul Qadar merupakan malam yang paling mulia di bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya. Doa Lailatul Qadar termasuk doa yang disunahkan Rasulullah SAW.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/9/2023) tentang allahumma innaka afuwwun karim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim

Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim
Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim Credit: freepik.com

Allahumma innaka afuwwun karim merupakan doa menyambut malam Lailatul Qadar. Oleh karena itu, kamu perlu melafalkan bacaan allahumma innaka afuwwun karim ini setiap malamnya di bulan Ramadhan. Allahumma innaka afuwwun karim sebagai doa Lailatul Qadar dijelaskan dalam sebuah hadis. Diriwayatkan, Aisyah ra pernah bertanya pada Rasulullah SAW:

“Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatul Qadar, doa apa yang bagus dibaca?” beliau menjawab: “Ucapkanlah; allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni."

Arti dari doa Lailatul Qadar ini adalah:

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Biasanya bacaan doa allahumma innaka afuwwun karim ini diulang sebanyak tiga kali. Berikut bacaan doa allahumma innaka afuwwun karim lengkap yang biasa dibaca di antara sholat tarawih:

Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim Arab:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ يَاكَرِيْم

Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim Latin:

Allohumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.

Arti bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim:

“Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah aku.”


Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim Bersama-sama

Sementara itu, bila kamu ingin melafalkan bacaan allahumma innaka afuwwun karim ini bersama-sama, bisa menggantinya dengan bacaan berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْم

Allohumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annaa yaa kariim.

Artinya:

"Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah kami, wahai Tuhan yang Maha Mulia."


Doa Malam Lailatul Qadar Lainnya

Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim
Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain bacaan allahumma innaka afuwwun karim, ada pula bacaan doa yang bisa kamu panjatkan untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Melansir Dream, berikut bacaan doanya:

Allahumma inni as aluka minal khoiri kullihi 'ajilihi ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Wa a'udzubika minasy syarrih kullihi 'ajilihi wa ajilihi ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Allahumma inni as aluka min khoiri ma saalaka minhu 'abduka wanabiyyuka. Wa a'udzubika min syarri ma 'adza bihi 'abduka wa nabiyyuka. Allahumma inni as alukal jannata wa ma qorraba ilaiha min qoulin au 'amalin wa a'udzubika minan nari wa ma qorraba ilaiha min qoulin au 'amalin wa as aluka an taj'ala kulla qadlain qadlaitahu li khoiran.

Artinya:

"Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan seluruhnya yang disegerakan di alam dunia maupun yang ditangguhkan kelak di akhirat, terkait apa yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui sama sekali. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang disegerakan di alam dunia, maupun yang ditangguhkan kelak di akhirat, segala apa kuketahui atau tidak kuketahui. Ya Allah, aku meminta kepada kebaikan yang diminta oleh hamba & Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang hamba dan Nabi-Mu berlindung kepada-Mu darinya. Ya Allah, Ya Tuhanku, aku meminta kepada Mu, masukkan aku ke surga dan segala hal yang mendekatkanku ke surga-Mu baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada Mu, jauhkan aku dari neraka, dan pelbagai hal yang mendekatkan kepadanya; baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu agar menjadikan setiap ketetapan (takdir) yang Engkau tetapkan untukku sebagai (takdir) kebaikan."


Mengenal Malam Lailatul Qadar

masjid
Ilustrasi masjid di malam yang cerah/copyright unsplash.com/Katerina Kerdi

Lailatul Qadar adalah malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan. Dalam Al-Qur’an, malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di malam ini, siapa yang meminta akan dikabulkan permintaannya.

Sebagian ulama juga percaya Al-Qur’an pertama kali diturunkan di malam Lailatul Qadar. Para ahli agama dan beberapa periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Abu Malik, Abdullah Bin Umar, Mujahid, Imam Muslim dan sebagainya menyebutkan bahwa di malam Lailatul Qadar, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci.

Lailatul Qadar selalu menjadi misteri tersendiri karena tanggal kedatangannya yang tak bisa dipastikan. Sebagian besar ulama menjelaskan jika malam Lailatul Qadar umumnya datang di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa malam penuh kemuliaan ini akan datang di malam-malam genap.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya