6 Tips Atasi Makeup Patchy, Mujarab Buat Selalu Tampil Flawless dan Catchy

Terdapat beberapa tips menarik yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi make up yang patchy aar selalu tampil flawless dan catchy.

oleh Miranti diperbarui 23 Jul 2024, 17:18 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 17:18 WIB
Menggunakan primer
Bertransformasi Menjadi Ratu Kecantikan dengan Sentuhan Makeup Primer! (Gambar: Freepik/lookstudio)

Liputan6.com, Jakarta Ketika musim panas semakin dekat dan suhu semakin meningkat, selain berkeringat dan dehidrasi, ada satu masalah umum yang akan muncul, yaitu tampilan makeup yang tidak sempurna. Istilah yang digunakan untuk ini adalah "patchy", yang berarti ketika bedak, foundation, atau concealer tidak menempel dengan baik di kulit.

Akibatnya, makeup terlihat tidak merata, tidak alami, dan terkadang terlalu tebal seperti dempul. Bagi pecinta riasan, tampilan makeup yang patchy bisa menjadi mimpi buruk, terutama setelah menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan makeup lainnya. Ada beberapa penyebab mengapa makeup bisa terlihat patchy atau tidak merata, mulai dari pemilihan dan penggunaan produk yang tidak tepat, hingga kondisi kulit itu sendiri.

Jika kamu kesulitan membangun rutinitas penggunaan alas bedak yang tepat, jangan khawatir. Ternyata, ada cara untuk menghindari tampilan makeup yang patchy, dan yang kamu butuhkan hanyalah hidrasi dan kombinasi produk yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi tampilan makeup yang patchy agar selalu tampil sempurna dan menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pastikan Kulit dalam Keadaan Bersih dan Lembab

Perempuan Menyemprotkan Face Mist
Ilustrasi perempuan tengah menyemprotkan face mist supaya wajah semakin lembab dan segar. /pexels.com Karolina Grabowska

Sebelum mengaplikasikan makeup, pastikan kulit wajahmu bersih dan lembap. Gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu dan biarkan meresap sempurna sebelum memulai proses makeup. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu makeup menempel dengan lebih baik dan lebih merata.


2. Gunakan Primer

Makeup
Dandan Cantik. (Gambar: Freepik/stockking)

Primer adalah dasar makeup yang penting. Dengan menggunakan primer yang baik sebelum mengaplikasikan foundation, kulit akan terasa halus dan makeup akan terlihat lebih lancar.

Selain itu, primer juga dapat mengecilkan pori-pori dan menghaluskan tekstur kulit, sehingga Sahabat Fimela dapat menghindari tampilan makeup yang tidak merata. Selain itu, primer juga dapat mencegah makeup agar tidak berkerut atau creasing. 


3. Gunakan setting spray

Salah satu alasan utama makeup patchy adalah tidak mengaturnya dengan benar. Anda perlu mengatur makeup untuk memastikannya tidak bergeser. Rapikan makeup dengan setting spray atau setting powder untuk menghindari makeup patchy. Kamu juga dapat menggunakan keduanya saat melakukan re-touch makeup.


4. Gunakan Beauty Blender yang Lembab

Kebanyakan penata rias ternama selalu menyarankan beauty blender lembab saat merias wajah. Pasalnya, kelembaban beauty blender memungkinkannya menyerap produk berlebih. Ini memastikan makeup terlihat dewy dan alami. 


5. Pilih Produk Makeup yang Tepat

Penting banget buat pilih produk makeup yang cocok dengan jenis kulitmu. Kalau kulitmu berminyak dan kamu pakai foundation yang dewy, hasilnya bisa jadi nggak merata, lho.

Buat kamu yang punya kulit berminyak, lebih baik pilih foundation dan concealer yang hasil akhirnya matte, dan jangan lupa pakai bedak buat bikin kontur wajahmu.  Kalau kulitmu kering, pakai foundation, concealer, contour, dan blush on yang hasil akhirnya dewy.

 


6 Jangan Lupa untuk Eksfoliasi

Jangan lupa juga untuk eksfoliasi. Bayangin aja kulitmu kayak kanvas dan makeup itu catnya. Kanvas yang kotor pastinya nggak bakal bisa bikin lukisan yang indah, kan? Nah, eksfoliasi kulitmu 2 kali seminggu buat ngangkat sel kulit mati.

Dengan begitu, permukaan makeupmu bakal halus dan pastinya nggak bakal ada patchy-nya. Jadi, jangan lupa pilih produk makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu dan jangan lupa eksfoliasi. Biar hasil makeupmu makin maksimal dan bikin kamu makin cantik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya