3 Keajaiban Sedekah, Membuka Pintu Rezeki dan Mendapatkan Berkah

Allah SWT telah memberikan perintah kepada hamba-Nya untuk memberikan sebagian harta mereka kepada orang lain melalui sedekah, dengan tujuan agar keberkahan semakin melimpah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 24 Jul 2024, 13:22 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 13:22 WIB
Sedekah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang mengharapkan mendapatkan rezeki berkah. Menurut Imam Al-Ghazali, berkah berarti bertambahnya kebaikan. Selain dengan menjalankan ibadah tepat waktu, ada cara lain untuk membuat rezeki menjadi berkah. Salah satunya adalah dengan bersedekah. Sedekah dapat membuat rezeki menjadi berkah.

Dengan bersedekah dapat membuka pintu rezeki. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan dalam Al-Qur'an oleh Allah SWT. "Allah akan menggantikan apa pun yang kamu infakkan dan Dia adalah pemberi rezeki yang terbaik." (Q.S. Saba' 39) Dalam tafsir Al-Qur'an al-Azhim, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah akan menggantikan sedekah yang diwajibkan seperti zakat maupun sedekah sunnah di dunia dan di akhirat.

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk memberikan sebagian harta kepada orang lain melalui sedekah agar mendapatkan berkah. Ada banyak keutamaan dalam bersedekah. Mengapa sedekah sangat dianjurkan dan apa saja keutamaannya? Berikut adalah beberapa alasan mengapa sedekah merupakan amalan yang sangat berharga yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sedekah Menghapus Dosa

Ilustrasi sedekah.
Gambaran tentang kebaikan hati dalam berbagi. Foto ini dilindungi hak cipta oleh Freepik.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa sedekah tidak akan membuat menjadi miskin. Ini berarti bahwa pemberian sedekah tidak akan mengurangi jumlah harta yang miliki. Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. Dalam hadis lain yang disampaikan oleh Imam Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa sedekah memiliki kekuatan untuk menghapus dosa-dosa , sama seperti air yang dapat memadamkan api.

Hadis ini menunjukkan betapa pentingnya sedekah dalam membersihkan kesalahan yang lakukan. Dengan kata lain, sedekah bukan hanya memberikan manfaat material bagi orang yang menerima, tetapi juga memberikan manfaat spiritual  sebagai pemberi.

Dengan memberikan sedekah, tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa . Hadis-hadis ini mengajarkan  pentingnya berbagi dengan sesama dan memberikan sedekah tanpa takut kekurangan.

Jadi harus percaya bahwa Allah SWT akan melipatgandakan rezeki ketika berbagi dengan orang lain. Jadi, mari terus beramal dan memberikan sedekah dengan penuh keyakinan dan kebaikan hati.


2. Amalan yang Tidak Pernah Putus

Ilustrasi sedekah
Gambaran indah tentang berbagi. (Gambar oleh freepik)

Sedekah juga termasuk dalam amalan yang tak akan pernah terputus meskipun orang yang memberikan sedekah telah meninggal dunia.

Inilah yang dikenal sebagai sedekah jariyah. Dalam NU Online, terdapat hadis yang diriwayatkan oleh beberapa Imam terkemuka seperti Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi, Imam Abu Dawud, Imam an-Nasa'i, dan Imam Ibnu Hibban, yang bersumber dari Sayyidina Abu Hurairah ra.

Hadis tersebut menyatakan bahwa "Ketika seseorang meninggal dunia, semua amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan." Inilah keutamaan-keutamaan sedekah. Masih ragu untuk menyisihkan sebagian harta di jalan Allah? Wallahu a'lam.


3. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Ilustrasi sedekah
Ilustrasi sedekah. (Photo copyrigt by Freepik)

Sedekah memiliki nilai pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah tidak akan mengurangi harta. Dan Allah tidak akan menambah seorang hamba yang memberi maaf kecuali semakin dekat. Dan tidak akan menambah seorang hamba yang bersikap rendah hati kecuali Allah akan meninggikannya.”Riwayat Muslim (2588)

Pahala dari sedekah tidak hanya diterima di dunia, tetapi juga akan menjadi amal jariyah yang terus mengalir pahalanya di akhirat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya