11 Ciri Bayi Tumbuh Sehat dan Bahagia yang Wajib Diperhatikan Para Orang Tua

Mengenali ciri-ciri bayi yang sehat sangatlah krusial bagi para orangtua.

oleh Miranti diperbarui 29 Agu 2024, 12:31 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 12:31 WIB
bayi dan ibu
Ilustrasi bayi dan ibu/copyright freepik.com/Jcomp

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua adalah salah satu tanggung jawab terbesar yang bisa dialami seseorang. Memastikan bahwa bayi Anda tumbuh dengan sehat dan bahagia adalah prioritas utama. Namun, bagaimana cara mengetahui apakah bayi Anda dalam kondisi sehat?

Melihat buah hati bertumbuh dan berkembang dengan baik adalah salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup. Kesadaran akan hal ini dapat menambah kebahagiaan dalam hidup Anda. Menyaksikan anak-anak bertumbuh dan berkembang secara maksimal bisa dianggap sebagai salah satu pencapaian terbaik bagi setiap orangtua.

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan si kecil setiap hari. Simak baik-baik dan semoga mudah untuk dikenali sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (29/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pertumbuhan Fisik yang Normal

Ilustrasi bayi laki-laki
Ilustrasi bayi laki-laki. (Image by user18526052 on Freepik)

Pertumbuhan fisik adalah indikator utama kesehatan bayi. Bayi yang sehat akan mengalami peningkatan berat dan tinggi badan sesuai dengan grafik pertumbuhan yang dianjurkan oleh dokter. Pemeriksaan rutin oleh dokter anak akan membantumu memantau pertumbuhan ini.


2. Pola Makan yang Baik

bayi makan
Ilustrasi bayi makan/copyright unpslash.com/hui sang

Bayi yang sehat biasanya memiliki nafsu makan yang baik. Mereka akan menyusu atau makan dengan teratur dan menunjukkan tanda-tanda kenyang setelah makan, seperti melepaskan puting atau botol sendiri.


3. Tidur yang Cukup

bayi tidur
Musik bisa membantu menidurkan bayi/copyright: unsplash/brytny

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah tanda lain dari bayi yang sehat. Bayi yang baru lahir biasanya tidur sekitar 16-17 jam per hari, sementara bayi yang lebih besar akan tidur sekitar 12-15 jam. Tidur yang cukup penting untuk perkembangan otak dan fisik bayi.


4. Perkembangan Motorik yang Sesuai dengan Usia Bayi

bayi bermain
Ilustrasi anak tersenyum bahagia/copyright unsplash.com/Jose Ibarra

Bayi yang sehat akan mencapai berbagai tonggak perkembangan motorik sesuai dengan usianya. Ini termasuk mengangkat kepala, berguling, duduk, merangkak, dan akhirnya berjalan. Setiap bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda, tetapi ada rentang usia umum untuk setiap tonggak perkembangan.


5. Responsif dan Aktif

anak bermain makan balita
ilustrasi anak bayi/Photo by Vanessa Loring

Bayi yang sehat akan menunjukkan respons yang baik terhadap rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Mereka akan menoleh saat mendengar suara, tersenyum saat diajak bicara, dan menunjukkan minat pada mainan atau objek di sekitarnya.


6. Memiliki Kulit yang Sehat

Ilustrasi bayi perempuan
Ilustrasi bayi perempuan. (Photo by António Ribeiro from Pexels)

Kulit bayi yang sehat biasanya halus dan lembut tanpa ruam atau iritasi yang berlebihan. Ruam kecil mungkin terjadi, tetapi jika kulit bayimu tampak sangat kering, merah, atau iritasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.


7. Frekuensi Buang Air Kecil dan Besar yang Normal

Ilustrasi bayi laki-laki
Ilustrasi bayi laki-laki. (Photo by Freepik)

Frekuensi buang air besar dan kecil yang normal juga menjadi indikator kesehatan bayi. Bayi yang sehat biasanya buang air kecil beberapa kali sehari dan buang air besar setidaknya sekali sehari, meskipun ini bisa bervariasi.


8. Tanda-Tanda Kenyamanan

Doa Ibu untuk Bayi Baru Lahir
Ilustrasi Bayi Baru Lahir Credit: pexels.com/Kristina

Bayi yang sehat umumnya akan tampak nyaman dan bahagia. Mereka akan tersenyum, tertawa, dan jarang rewel tanpa alasan yang jelas. Tangisan adalah cara bayi berkomunikasi, tetapi bayi yang sehat biasanya dapat ditenangkan dengan mudah.


9. Mata yang Jernih dan Cerah

Ilustrasi bayi laki-laki
Ilustrasi bayi laki-laki. (Photo by ramon rangel from Pexels)

Mata yang jernih dan cerah adalah tanda lain dari bayi yang sehat. Mata bayi harus bebas dari kotoran, merah, atau tanda-tanda infeksi.


10. Nafas yang Teratur

Ilustrasi bayi laki-laki
Ilustrasi bayi laki-laki. (Photo by HELEN JOVANOVICH from Pexels)

Pola pernapasan yang teratur dan tidak terengah-engah adalah tanda penting lainnya. Bayi yang sehat akan bernapas dengan lancar dan tanpa kesulitan. Ini juga menunjukkan kondisi kesehatan bayi sedang dalam fase maksimal. 


11. Berkembang Keterampilan Sosi

Umur bayi
Mainan edukasi penting untuk perkembangan sensorik bayi. (pexels.com/@karolina-grabowska)

Bayi yang bahagia sering menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial seperti merespons ketika dipanggil nama, berinteraksi dengan orang lain. Dia bahkan menunjukkan kemampuan untuk bermain dengan bayi atau anak lain.

Memantau tanda-tanda kesehatan bayi adalah langkah penting dalam memastikan tumbuh kembang mereka secara optimal. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kesehatan si kecil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Dengan perhatian dan perawatan yang tepat, Mom serta anggota keluarga lainnya dapat membantu buah hati tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya