Daur Ulang Cerdas, Ini 4 Cara Kreatif Menggunakan Kembali Wadah Kosong Skincare

Mengolah kembali wadah bekas skincare bisa mendukung kelestarian lingkungan. Ayo coba tips ini!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 02 Okt 2024, 11:07 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 11:07 WIB
Mendaur ulang sampah skincare
Menggunakan kembali wadah kosong bekas produk skincare. (Foto: Freepik/EyeEm)

Liputan6.com, Jakarta Tren konsumsi skincare yang berlebihan dapat menyebabkan penggunaan yang tidak efisien, yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah sampah. Kemasan yang tidak ramah lingkungan tentu dapat memperburuk dampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk mengurangi dampak sampah wadah skincare terhadap lingkungan, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti memisahkan jenis wadah atau kemasan, memilih produk isi ulang, memilih kemasan yang ramah lingkungan, dan mengurangi penggunaan plastik.

Langkah sederhana pertama menuju kecantikan yang bertanggung jawab adalah dengan rajin mendaur ulang wadah kosong produk skincare anda. Mengutip dari beberapa sumber, berikut adalah 4 tips sederhana untuk memanfaatkan wadah skincare yang sudah kosong, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2024).


1. Manfaatkan Ruang yang Tersedia untuk Perjalanan

Gunakan tempat kosong untuk bepergian
Manfaatkan ruang kosong untuk berwisata. (Foto: Freepik)

Pikirkan untuk membuang wadah skincare kosong yang berukuran kecil. Setelah Sahabat selesai menggunakan produk tersebut, cukup bersihkan wadahnya sehingga kamu dapat mengisinya kembali dengan produk lain saat akan bepergian, seperti sabun cair, sampo, dan produk lainnya. Ini dapat menghemat biaya yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan perjalanan baru.


2. Ubah menjadi Wadah Bunga

Sulap menjadi vas bunga
Menggunakan wadah bekas skincare sebagai vas bunga. (Foto: Google Photos/theklog)

Botol kaca bekas skincare yang sudah habis bisa kamu manfaatkan sebagai vas bunga tunggal yang menawan. Cukup cuci dengan air hangat dan sabun untuk memastikan tidak ada sisa produk skincare, lalu lepaskan label atau stiker yang mungkin masih menempel. Isi botol kaca dengan air pada suhu ruangan. Kemudian, masukkan bunga pilihanmu ke dalam botol dan potong batangnya sesuai dengan tinggi yang diinginkan.


3. Manfaatkan Kembali sebagai Ruang Penyimpanan

Gunakan kembali sebagai tempat penyimpanan
Manfaatkan kembali sebagai wadah penyimpanan jarum jahit. (Foto: Freepik/user3999157)

Tempat skincare dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai barang kecil seperti ikat rambut, peniti, gelang, jarum jahit, atau kancing. Jika Sahabat  memiliki wadah kaca yang cukup besar, kamu bahkan bisa memasukkan beberapa batang kayu untuk mengubahnya menjadi diffuser.


4. Tukarkan Produk Skincare Lama untuk Diskon

Tukarkan bekas skincare dengan diskon
Tukar kemasan skincare lama dengan potongan harga. (Foto: Freepik/mamewmy)

Menukar wadah skincare yang sudah habis dengan potongan harga adalah salah satu strategi pemasaran yang diterapkan oleh penjual kosmetik. Langkah ini juga merupakan ide brilian untuk mengurangi limbah yang sulit terurai di lingkungan. Untuk mendapatkan diskon dari wadah skincare bekas, kamu bisa mengirim atau mendropkan sampah skincare ke toko kosmetik yang menawarkan program diskon tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya