Jadi Caleg, Pembalap Moreno Kunjungi Makam Leluhur

Maju sebagai caleg dari Partai Gerindra, pembalap Moreno menyambangi makam leluhurnya di Malang, Jawa Timur.

oleh Zainul Arifin diperbarui 11 Mar 2014, 06:26 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2014, 06:26 WIB
Moreno-caleg
Moreno Soeprapto berziarah ke makam Ki Ageng Gribig. (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Liputan6.com, Malang - Moreno Soeprapto duduk bersimpuh di depan makam Ki Ageng Gribig. Mulutnya komat-kamit membaca doa dengan didampingi juru kunci di komplek pemakaman Ki Ageng Gribig di Madyopuro, Malang, Jawa Timur.
 
Moreno kemudian melanjutkan berdoa ke makam RAA Notodiningrat I dan II. kedua makam itu adalah Bupati Malang ke I dan ke II. Makam Bupati Malang ke III, Raden Tumenggung Ario Notodiningrat juga tak luput diziarahi Moreno.
 
"Tak ada kaitannya dengan pencalonan saya sebagai anggota legislatif untuk DPR. Murni ziarah ke leluhur karena Bupati Malang ke III juga adalah leluhur saya," urai Moreno di Malang, Senin (10/3/2014).
 
Moreno Soeprapto, pembalap nasional ini maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) nomor urut I dari Partai Gerindra di daerah pemilihan Jawa Timur V di Malang. Namun ia menampik ziarah itu sebagai upaya meminta restu ke leluhurnya.
 
"Sebelum menjadi caleg, saya sudah sering ziarah di makam leluhur. Sejak kecil sudah diajarkan oleh keluarga, khususnya ayah saya mengajarkan untuk menghargai leluhur," kata putra dari Tinton Soeprapto ini.
 
Ia menyebut ziarah adalah salah satu tradisi di Indonesia. Apalagi di kompleks makam Ki Ageng Gribig bersemayam tokoh pembabat alas atau pembuka Malang. Sehingga generasi muda khususnya di Malang Jawa Timur harus mengetahui cikal bakal daerahnya.
 
Moreno adalah keturunan dari Raden Tumenggung Ario (RTA) Notodiningrat, Bupati Malang ke III pada tahun 1884-1894. Dari garis ayahnya, Tinton Soeprapto, Moreno adalah generasi kelima dari RTA Notodiningrat.

Moreno sendiri pada pemilihan legislatif 9 April 2014 mendatang menargetkan mendapat lebih dari 100 ribu suara agar bisa mengantarkannya duduk di kursi Senayan.
 
"Untuk program, saya lebih banyak turun langsung ke masyarakat agar mengetahui apa yang jadi masalah mereka," pungkas Moreno. (Rinaldo)

Baca juga:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Makam Aulia Raja Jupanggola, Tempat Keramat Favorit Caleg

Sesajen Calon Wakil Rakyat di Atas Makam Raja Sriwijaya

Kasus Suap Makam, Eks Kepala Bappebti Dijebloskan ke Penjara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya