PPP Ajak Partai Islam Koalisi, PBB: Itu Taktik Usung SDA Capres

PBB yang merupakan partai berasaskan Islam, menilai koalisi itu sebagai taktik PPP mengusung Ketua Umumnya Suryadharma Ali (SDA).

oleh Silvanus Alvin diperbarui 12 Nov 2013, 15:07 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2013, 15:07 WIB
pbb-pppi-131112b.jpg
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mewacanakan pembentukan koalisi antar partai Islam. Partai Bulan Bintang (PBB) yang merupakan partai berasaskan Islam, menilai koalisi itu sebagai taktik PPP mengusung Ketua Umumnya Suryadharma Ali (SDA).

"Koalisi, aliansi dan sejenisnya mesti dibahas secara mendalam, bukan dilempar ke publik sebelum dibahas. Kita belum tahu yang dimaksud, tetapi sepertinya PPP mematok ajukan SDA sebagai capres. Tentu itu menyulitkan parpol lain," kata Sekjen PBB BM Wibowo saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Padahal, lanjutnya, koalisi besar parpol Islam bisa digagas bila mengesampingkan lebih dulu ego masing-masing. Sebab, dulu PBB pernah mengajak koalisi serupa dengan format Aliansi Hijau.

"Sedangkan PPP memilih opsi agar parpol lain bergabung ke rumah besar yang dikonsepkannya sendiri," imbuh Wibowo.

PPP mendorong adanya poros tengah atau wacana koalisi parpol Islam pada 2014. Kabar tersebut pertama kali keluar dari mulut Ketua DPP PPP Arwani Thomafi.

Wakil Ketua Umum PPP Dimyati Natakusumah mengatakan, partai Islam yang ada sekarang ini merupakan pecahan dari PPP. Sehingga, koalisi bak kembali ke rumah besar umat Islam saja. Bila koalisi ini sukses dan berhasil memenuhi presidential threshold, maka capres yang akan diusung pun berdasarkan hasil musyawarah. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya